Ester Juliana Silalahi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Aku Butuh Pendidikan untuk Masa Depanku

Manusia adalah makhluk yang memiliki banyak kebutuhan. Misal kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Manusia juga membutuhkan kebutuhan lainnya misalnya kebutuhan sepanjang waktu. Kebutuhan sepanjang waktu tersebut misalnya adalah kebutuhan akan pendidikan. Mengapa pendidikan termasuk salah satu kebutuhan sepanjang waktu?

Pendidikan merupakan usaha untuk memberi pengetahuan untuk seorang anak dari orang yang berpendidikan sebelumnya. Pendidikan tersebut sangat penting untuk kehidupan manusia dan akan dibutuhkan sepanjang hidupnya. Mengapa? Karena selama manusia hidup, dia akan selalu belajar hal baru. Pendidikan manusia berawal dari bayi. Dari bayi manusia akan belajar merangkak, berjalan dan berbicara dari orang tuanya.

Manusia juga akan belajar dari lingkungan sekitarnya. Semisalnya orang di lingkungan sekitarnya membiasakan membuang sampah di tempat yang seharusnya, manusia tersebut juga akan mengikuti dan meniru kebiasaan orang tersebut. Kebiasaan dari lingkungan sekitar juga dapat memengaruhi pribadi manusia. Dengan kebiasaan baik, maka orang tersebut dapat dikatakan memiliki pribadi yang baik. Begitu juga sebaliknya.

Selain lingkungan sekitar, manusia juga dapat belajar dari lembaga pendidikan negara. Misalnya sekolah, pendidikan sekolah di Indonesia biasanya bertingkat dari TK, SD, SMP, SMA/SMK, Universitas/Institut. Ada juga orang yang menempuh pendidikan dengan bersekolah di luar negeri. Manusia tidak akan hidup jika tidak menempuh pendidikan. Mengapa?

Karena pendidikan akan membantu kita di masa yang akan datang. Ilmu pengetahuan sejak kecil dan dengan mengembangkan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki, maka peluang untuk sukses akan lebih besar. Akan tetapi, tidak sedikit sarjana muda yang kesusahan untuk mencari pekerjaan. Dikarenakan dengan sedikitnya lowongan pekerjaan dan sengitnya persaingan di dunia pekerjaan untuk para sarjana. Bahkan, orang dengan pendidikan tinggipun kesulitan mendapatkan pekerjaan, Apalagi dengan orang yang memiliki pendidikan yang rendah. Itulah mengapa kita perlu mengembangkan kemampuan atau bakat kita. Dengan bakat yang kita miliki, peluang untuk sukses akan bertambah, namun itu juga bergantung pada diri sendiri.

Perguruan tinggi memang tidak bisa menjamin masa depan cerah. Namun, peluang untuk memperolehnya sedikit lebih besar daripada yang tidak berpendidikan. Disaat kita sedang berjuang keras untuk mengejar mimpi, akan selalu ada orang yang tidak suka dengan diri kita. Mau sebaik apapun kita, akan ada orang lain yang akan mencoba merendahkan kita. Tidak semua suka dengan keberhasilan kita, dan tidak mungkin tidak ada yang tidak membenci kita. Setiap orang pasti pernah dibenci dan diolok-olok oleh orang lain. Setiap orang sukses akan mengabaikan hal itu dan terus fokus mengejar mimpinya dan membalas mereka dengan keberhasilan mereka. Masa depan cerah tidak berasal dari seberapa tinggi pendidikanmu, tetapi seberapa tinggi niat dan tekadmu untuk meraih masa depanmu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post