Emmanuel Joseph Setiawan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Bab 1. Ciri-Ciri Kucing

Nama siswa : Emmanuel Joseph Setiawan

Kelas/Sekolah : V/SDK TIRTAMARTA-BPK PENABUR Pondok Indah

Judul buku : Mengenal Kucing

Jenis buku : Non Fiksi

Bab 1. Ciri-Ciri Kucing

Kucing adalah hewan yang menggemaskan. Tingkahnya yang lucu, perilakunya yang manja, serta bulunya yang lembuh menjadi daya tarik bagi manusia untuk memelihara kucing. Ada pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”. Mengenal kucing sebelum memeliharanya adalah sesuatu hal yang baik.

Kucing memiliki 2 pasang kaki, berekor, berbulu, dan berkumis. Sepasang telinga berada diatas kepalanya dan menghadap ke depan. Ekor panjang dan hampir sepanjang badannya. Ada yang berbulu panjang, ada yang berbulu pendek, dan bahkan tanpa bulu. Warna corak bulunyapun bervariasi. Ada yang memiliki 1 macam warna saja, 2 macam warna, dan lebih dari 2 warna. Jika berada di tempat gelap, mata kucing terlihat seperti memancarkan sinar. Ukuran panjang kucing dewasa bisa mencapat 50 cm dan tinggi 25 cm. Gambar kucing dan bagian-bagiannya diperlihatkan pada gambar 1.

Terdapat 2 tipe bentuk tubuh kucing, yaitu Cobby dan Svelte. Tipe pertama adalah Cobby. Tipe ini memiliki ciri khas bentuk tubuh yang bulat dan pendek, kaki pendek, bahu lebar, dan kepala berbentuk bundar. Kucing persia adalah contoh dari tipe ini. Tipe kedua adalah Svelte. Tipe ini dicirikan dengan bentuk tubuh yang panjang dan langsing, serta kepala berbentuk tirus, makin ke ujung makin sempit. Contoh tipe kedua ini adalah kucing siamese.

Kucing termasuk Kelas Mamalia. Hewan ini melahirkan anak dan menyusuinya. Dalam sekali melahirkan, kucing dapat memiliki 3-6 anak. Kucing juga dikelompokkan kedalam Ordo Carnivora, hewan pemakan daging. Gigi-gigi kucing tajam dan runcing untuk memotong dan merobek daging. Sistem pencernaannya sangat efisien untuk mencerna daging menjadi energi.

Gambar 1. Bagian-Bagian Tubuh Kucing

A. Kepala, B. Badan, C. Ekor, D. Kaki, E. Kumis

Gambar 2. Bentuk tubuh Cobby pada kucing

Gambar 3. Bentuk tubuh Svelte pada kucing

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post