ely syamdhitatia

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

covid-19 dan para pelajar

Kayaknya cerita ini memiliki unsur kemiripan buat para pelajar yang ada di indonesia.

Ditengah kondisi pandemi covid-19 ini pemerintah mewajibkan kita untuk melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Semua tempat seperti mall, tempat makan sampai sekolahpun ditutup untuk memutus rantai penyebaran covid-19 ini.

Karna saya adalah seorang pelajar maka saya akan fokus pada masalah sekolah yang ditutup dan mengharuskan para siswa untuk belajar daring (dalam jaringan) yang “katanya” bisa menggantikan pembelajaran di kelas untuk sementara.

Tapi yang sebenarnya terjadi adalah pembelajaran daring ini sangat tidak efisien bagi para siswa yang tinggal di bagian pelosok-pelosok daerah yang akses jaringan internet maupun jaringan telpon susah mereka dapatkan. Karna hal ini para pelajar yang susah mengakses jaringan seperti ini bukannya belajar,mereka lebih banyak hanya tinggal dirumah dan tidak belajar karna kondisi yang memang tidak mendukung mereka untuk melakukan pembelajaran daring ini.

Adapun bagi pelajar yang mudah mengakses jaringan,kebanyakan dari mereka hanya menjadikan pembelajaran daring ini sebagai “formalitas” belaka. Karna tidak sedikit siswa yang hanya bangun pagi untuk mengisi absen pagi di grup whatsapp lalu meninggalkan grup pembelajaran tersebut. Ataupun banyak dari para pelajar yang jika melakukan pembelajaran via zoom meeting sebenarnya hanya sekedar “mengikut” dalam forum tersebut dan lagi-lagi hanya untuk menghadiri pembelajaran itu sebagai bentuk formalitas belaka, tetapi jika ditanya para siswa itu faham atau tidak dengan materi yang disampaikan oleh guru, jawabannya pasti kebanyakan dari mereka yang tidak paham dengan apa yang disampaikan oleh guru mapel tersebut

Jadi menurut saya sebenarnya pembelajaran daring apalagi yang dalam bentuk grup whatsapp itu tidak terlalu efisien bagi para pelajar. Bagaimana menurut kalian?? Apakah ada solusi lain untuk para pelajar di masa pandemi ini???atau apakah ada aplikasi pembelajaran lain yang bisa lebih mendisiplinkan para siswa untuk melakukan pembelajaran daring ini??

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post