Diva Zakya Fridayanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Harapan Bangsa

Harapan Bangsa

Harapan Bangsa

Karya : Diva Zakya Fridayanti

Pada awalnya kita sebagai generasi muda penerus bangsa sangat perlu pendidikan untuk menunjang keahlian yang mumpuni sebagai bekal di masa bekerja nanti. Pendidikan bukan hanya didapat dari sekolah tetapi juga di luar sekolah seperti di lingkungan keluarga, di lingkungan masyarakat, dan lingkup pertemananpun kita bisa mendapatkan pendidikan. Manusia pada dasarnya memiliki kecerdasan yang berbeda-beda, misalnya ada yang ahli di bidang akademik dan ada yang ahli di bidang nonakademik. Untuk itu tingkat kecerdasan manusia tidak bisa disamakan. Pendidikan akan berpengaruh atau tidak berpengaruhpun tergantung dengan manusia itu sendri.

Di lingkungan keluarga, kita mendapatkan pendidikan paling dasar mengenai etika atau tata krama bermasyarakat. Pendidikan ini bertujuan mencetak sikap – sikap penerus bangsa yang sesuai dengan norma bermasyarakat. Biasanya orang tua dari si anak akan menasehati si anak jika si anak melakukan hal yang melanggar norma di suatu lingkup masyarakat. Selain anak yang dinasehati orang tuanya ada juga contoh lain, misalnya si anak yang meniru perlakuan orang tuanya. Maka dari itu banyak orang yang berbicara bahwa anak adalah cerminan orang tua.

Di lingkungan masyarakat kita mempelajari pendidikan yang mengacu pada sosialisasi antar individu. Dimana satu individu berinteraksi dengan individu lainnya. Ini terjadi dikarenakan manusia adalah makhluk sosial yang artinya manusia tidak akan bisa hidup tanpa manusia lainnya. Pada lingkup ini kita diajarkan bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungan tempat kita tinggal. Sebagaimana nanti pada saat di dunia kerja, dimana kita harus bersosialisasi dengan rekan kerja, bos, dan juga staf-stafnya.

Di lingkup peretemananpun kita mendapatkan banyak pendidikan, bukan yang bersifat materi tetapi pendidikan ini mengacu pada kemampuan bersosialisasi kita dan kemampuan berempati kita pada teman kita. Pendidikan ini bertujuan mengasah kecerdasan emosional agar nantinya kita akan mempunyai sifat empati dan simpati yang tinggi. Di sini setiap individu membagi setiap ceritanya pada kita dan kita dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi mereka. Misalnya ketika teman kita sedang menceritakan hal bahagia kita akan ikut bahagia mendengarnya dan itu berlaku untuk sebaliknya juga.

Pendidikan sebenarnya bisa didapat di mana saja dan kapan saja. Kita sudah mulai mendapat pendidikan dari kecil, entah itu dari keluarga di rumah, tetangga di lingkungan masyarakat, teman di sekolah dan guru di kelas. Dengan begitu, setiap manusia di dunia ini bisa menjadi guru untuk seseorang. Kita tidak selalu harus mendapatkan pendidikan dari orang yang lebih tua, tapi kita juga bisa mendapat pendidikan atau ilmu itu dari seseorang yang lebih muda dari kita. Tidak perlu malu untuk menerima ilmu dari seseorang yang lebih muda, karena zaman terus berubah, waktu cepat berlalu dan ilmu selalu berkembang.

Dengan begitu banyak waktu dan guru yang kita temui di dunia ini, kita seharusnya bisa memanfaatkan itu untuk mencari ide-ide, pengalaman, dan pengetahuan untuk masa yang akan datang agar pengetahuan kita semakin luas. Ada pepatah mengatakan bahwa jika kita mencari ilmu maka tirulah padi “semakin berisi semakin merunduk”. Artinya semakin banyak ilmu yang kita dapatkan maka kita harus rendah hati. Berbagi pengalaman dan cerita pada orang lain akan membuat ilmu yang kita dapatkan menjadi berguna untuk orang itu. Tapi bukan berarti selama kita punya ilmu kita tidak boleh menunjukannya. Tunjukanlah ilmu itu pada bidang yang positif. Bila semua orang memakai ilmunya dengan baik maka harapan bangsa kita akan semakin maju. Apabila para pemuda memanfaatkan ilmunya dengan baik maka besar harapan kita agar bangsa ini akan semakin maju.

~ selesai ~

Diva Zakya Fridayanti kerap dipanggil Diva atau Zak, lahir pada tanggal 20 Januari 2006. Sedang mengenyam pendidikan di salah satu SMA di kota Banjarsari, Jawa Barat yaitu SMAN 2 Banjar. Hobi menari, membaca novel dan komik, mendengar music, dan tertarik pada bidang fotografi dan videografi. Masih menyukai Lucas dari 5 tahun yang lalu walaupun sekarang sudah tidak bersama NCT lagi. Bisa dihubungi lewat email yaitu [email protected], whatsapp dengan nomor 087815176553, Instagram yaitu @my_diva20.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post