Diana Putri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Perbanyak Karya Melalui Membaca

Perbanyak Karya Melalui Membaca

Oleh ; Diana Putri

Membaca merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh pesan atau informasi yang terdapat dalam tulisan. Bagi setiap orang, membaca sudah pasti tidak asing lagi. Karena, hampir setiap kegiatan yang kita lakukan, pasti tidak lepas dengan membaca. "Membaca adalah jendela dunia" merupakan kata-kata yang sering kita dengar. Benar adanya bahwa membaca merupakan jendela dunia, karena dengan membaca kita dapat memperoleh berbagai manfaat. Oleh karena itu, membaca sangat penting untuk menunjang dan memperlancar kegiatan kita sehari-hari.

Namun, banyak sekali generasi Z yang cenderung tidak suka membaca, hal ini dikarenakan segala akses informasi mudah sekali didapatkan melalui jaringan internet yang luas. Akibat kurangnya literasi digital, membuat generasi Z terlena dan lupa akan pentingnya membaca untuk melatih daya pikir manusia. Tetapi, kebiasaan buruk ini dapat dicegah dengan berbagai hal, yaitu :

1. Membaca buku sesuai minat atau kesukaan.

Hal ini dapat meningkatkan minat baca, terutama pada generasi milenial. Karena dengan membaca buku yang menarik bagi kita, kita dapat terdorong untuk terus membaca.

2. Membaca di tempat yang nyaman.

Hal ini juga dapat meningkatkan minat baca. Karena, saat kita merasa nyaman, kita akan lebih fokus dan terdorong untuk membaca dalam waktu yang lebih lama.

3. Membagikan informasi atau isi yang menarik mengenai buku yang telah dibaca.

Istilah ini dinamakan book talks, atau menyampaikan informasi yang diperoleh setelah membaca buku kepada seseorang. Dengan membagikan informasi atau isi buku yang telah kita baca, dapat mendorong orang lain untuk membaca buku juga, karena tertarik akan isi di dalam buku tersebut.

4. Memanfaatkan waktu kosong untuk membaca.

Kegiatan ini dapat meningkatkan minat baca, karena pada saat kita memiliki waktu kosong, manusia cenderung merasa bosan dan bingung untuk melakukan suatu kegiatan. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, terutama membaca buku.

5. Membuat jadwal membaca.

Dengan memilih jadwal untuk membaca, kita akan lebih termotivasi dan terdorong untuk melakukannya secara rutin. Mencari atau menentukan waktu yang tepat adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kebiasaan membaca. Salah satu waktu yang tepat untuk membaca, misalnya saat sedang istirahat baik di sekolah, kampus, maupun di rumah. Selain itu, membaca saat sebelum tidur juga dapat kita lakukan untuk meningkatkan kebiasaan membaca, hal ini dapat bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres.

Minat baca masyarakat Indonesia saat ini memang masih terbilang rendah. Lalu, apa penyebab adanya minat baca yang rendah pada masyarakat Indonesia? Minat baca yang rendah pada masyarakat Indonesia dapat disebabkan oleh masuknya era digital. Penyalah gunakan alat digital membuat manusia lupa dan terlena akan betapa pentingnya literasi. Selain akibat masuknya era digital, adanya minat baca yang rendah juga di sebabkan oleh rendahnya dorongan dari diri sendiri serta rendahnya perhatian terhadap buku dan manfaat membaca.

Minat baca seseorang sangat berpengaruh besar terhadap kebiasaan membaca. Karena, apabila seseorang membaca tanpa memiliki kemauan atau minat, maka orang tersebut akan cepat merasa bosan. Apabila seseorang sudah terbiasa dengan membaca dan menganggap membaca adalah hobi atau kegemaran, kebiasaan tersebut pasti akan dilakukan secara terus-menerus. Seseorang yang menjadikan membaca sebagai kegemaran pasti akan semangat dalam belajar, karena minat baca yang tinggi membuat minat dalam belajarnya pun juga akan tinggi.

Banyak sekali berita yang beredar tentang seseorang yang sukses dengan menerapkan jadwal membaca setiap hari. Jadi dapat kita simpulkan bahwa membaca merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam hidup, karena dengan membaca kita dapat memperoleh berbagai manfaat. Selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, membaca juga dapat bermanfaat untuk otak. Membaca dapat membantu menjaga otak kita agar selalu menjalankan fungsinya dengan baik dan sempurna. Berikut merupakan manfaat lain dari membaca, yakni :

1. Melatih dan menumbuhkan kemampuan menulis.

Seseorang yang rajin membaca pasti akan memperoleh berbagai manfaat. Salah satunya ialah dapat menumbuhkan kemampuan dalam hal menulis. Karena semakin banyak membaca buku, kita dapat menjadikan kata-kata atau tulisan yang terdapat dibuku sebagai inspirasi dalam menyusun kata-kata yang indah dan menarik saat menulis.

2. Mengurangi stres.

Saat kita sedang mengalami stres akibat banyak nya rutinitas, seperti beban pekerjaan atau tugas sekolah. Kita dapat meredakannya dengan membaca buku novel atau cerita fiksi. Hal ini dapat membuat kita melupakan sesuatu yang berakibat stres, karena dengan membaca kita dapat memancing otak kita dengan kata atau kalimat yang ditulis secara menarik sehingga stress kita pun dapat berkurang.

3. Meningkatkan kepercayaan diri.

Semakin banyak membaca, semakin banyak juga ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan. Dengan semakin banyaknya ilmu yang kita dapatkan, kepercayaan diri kita pun dapat meningkat. Karena saat kita menjadi seorang pembaca yang baik, orang-orang pasti akan tertarik untuk bertanya sesuatu kepada kita mengenai hal yang mereka kurang pahami. Sehingga kepercayaan terhadap diri sendiri pun meningkat.

4. Menciptakan karya yang baik.

Seseorang yang gemar membaca pasti dapat menciptakan karya yang baik. Imajinasi yang diperoleh seseorang untuk membuat karya pasti bermula dari membaca. Oleh karena itu dengan kita semakin rajin dalam membaca, membuat kita dapat menciptakan sebuah karya yang baik dan bagus. Baik berupa karya seni, karya tulis, karya ilmiah, dan lain-lain. Dengan membaca, kita dapat memperbanyak karya yang sangat bermanfaat untuk orang banyak. Karya tersebut juga dapat dimanfaatkan orang-orang sebagai motivasi dan inspirasi mereka untuk terus berkarya juga.

Kita semua merupakan penerus bangsa Indonesia. Untuk menjadikan Negara Indonesia yang lebih maju, kita dapat menanamkan semangat membaca sejak dini. Semangat membaca ini dapat kita tanamkan dari diri sendiri terlebih dahulu. Banyaknya masyarakat yang memiliki minat baca yang tinggi dapat membuat Negara Indonesia semakin maju dan menjadi Negara yang berdaulat. Saat ini Negara kita Indonesia memiliki tingkat literasi yang rendah, menurut UNESCO masyarakat Indonesia hanya 0,01% yang memiliki minat membaca. Hal ini terus menjadi masalah nasional yang sangat memprihatinkan. Minimnya minat baca merupakan masalah mendasar yang memiliki dampak sangat luas bagi kemajuan bangsa Indonesia. Miris sekali, bukan? Jadi, kita sebagai generasi penerus bangsa perlu menanamkan semangat membaca sejak dini. Mari bersama-sama wujudkan generasi penerus bangsa sebagai generasi yang memiliki minat baca yang tinggi.

Biodata penulis :

Halooo!!! Kenalin nama saya Diana Putri. Saat ini saya duduk di bangku kelas 7, MTsN 1 Jember. Saya lahir di Jember, 05 -Oktober-2010. Sedari SD saya memang sudah memiliki hobi membaca & menulis. Jika teman-teman berniat menghubungi saya dapat melalui nomor WA dan email aktif di bawah ini yaaa!!

No : +62 85336289964

Email : [email protected]

Jangan pernah bosan untuk membaca karya saya!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post