DHEA AMINDA SARI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Teknologi canggih , Remaja berprestasi

Teknologi canggih , Remaja berprestasi

TEKNOLOGI CANGGIH , REMAJA BERPRESTASI

Oleh Dhea Aminda S.

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin canggih dan beragam manfaat yang dapat dirasakan semua kalangan, bukan? Kalian pasti juga berpikir begitu. Oh ya , siapa yang gemar bermain alat elektronik, seperti handphone/ gawai , laptop dan sejenisnya? Bagi saya bermain gawai adalah kegiatan yang menyenangkan atau menghibur. Semua hal dapat dilakukan dengan perantara media gawai, seperti menonton chanel YouTube , bermain game, media sosial (WA, twitter, Instagram, Facebook) dan lain sebagainya. Akan tetapi, dalam penerapannya banyak orang tidak memahami isi informasi dengan tepat, sehingga muncul penyebaran berita hoax.

Gawai sebagai salah satu produk telepon pintar dari teknologi modern yang memiliki beragam fitur. Fitur-fitur yang tersedia dapat membantu semua orang menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti kegiatan belajar saya. Sebagai salah satu siswa di MTsN 2 Jember saya selalu melibatkan internet dan beragam fitur dalam gawai untuk menyelesaikan tugas-tugas saya dari sekolah. Bukan tidak mungkin, fitur-fitur dalam gawai dapat membantu saya meraih prestasi yaitu menjadi salah satu juara pidato bahasa Inggris yang diadakan saat Classmeeting. Saya selalu memanfaatkan semua aplikasi dalam gawai termasuk Youtube. Dalam aplikasi ini, saya mempelajari trik-trik menjadi seorang orator atau pembaca pidato dari orator profesional. Jika awalnya, saya merasa tidak mampu berpidato menggunakan bahasa Inggris, tetapi keraguan saya terpatahkan. Saya mengakses beberapa video berisi penampilan dari seorang perempuan yang terampil berpidato bahasa Inggris. Saya sangat kagum dengan penampilan beliau, dan mulai mempelajari semua trik berpidato dengan bahasa Inggris. Selain aplikasi dalam Youtube, saya juga mengakses aplikasi Tik-Tok dan bimbel online Ruang Guru. Aplikasi Tik-Tok membantu saya memahami materi seperti trik memecahkan soal matematika, kimia, fisika, dan sebagainya. Jika awalnya saya merasa, kesulitan memahami materi IPA, setelah mengakses Tik-Tok saya terbantu untuk memahami materi IPA dengan mudah. Aplikasi bimbel online Ruang Guru juga berperan besar dalam kegiatan belajar saya, karena membantu saya melatih pengetahuan melalui latihan soal-soal yang tersedia.

Jika dulu saya menganggap gawai hanya sebatas memberikan hiburan dari aplikasi seperti Instagram, Tik-Tok, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Maka kini, saya mulai merasakan dampak sangat positif dari aplikasi tersebut. Awalnya, saya bukanlah anak yang rajin belajar, karena saya merasa kesulitan dengan materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Namun, setelah saya melihat aplikasi-aplikasi dalam gawai, saya merasakan manfaat besar. Saya berharap semua teman sekolah juga dapat merasakah manfaat yang sama. Hampir setiap hari, saya mendengar cerita teman-teman yang bermain media sosial atau game online tanpa mengenal waktu dan tempat. Bahkan, saya pernah mendengar cerita teman yang tertipu berita berita hoax atau informasi yang belum tentu kebenarannya. Saya merasa miris mendengarkan hal itu, saya menyesalkan sikap abai waktu hingga menjauhkan diri atau tertutup dari dunia luar. Padahal, semua aplikasi termasuk game ini jika dimanfaatkan secara bijak, dapat menguntungkan kehidupan kita seperti yang saya rasakan.

Sebagai generasi muda, sudah seharusnya kita bersyukur dengan kecanggihan teknologi ini dapat membantu semua kegiatan sehari-hari kita. Coba saja kita bandingkan dengan kehidupan zaman dulu, ketika teknologi belum secanggih sekarang membatasi semua komunikasi dengan orang lain. Jika orang zaman dulu ingin bertukar kabar dengan teman, sahabat, keluarga yang jauh, mereka harus mengirim surat melalui kantor pos dan diantarkan tukang pos sesuai alamat yang dituju pengirim. Sekarang, kita tinggal duduk manis dan mengetik pesan lewat WhatsApp saja dalam hitungan sekian detik sudah diterima tanpa cela. Selain itu, aplikasi Zoom dalam gawai juga membantu saya bertemu dengan teman-teman dan guru dalam kelas online yang dibuat selama pandemi Covid-19. Benar-benar mudah, kan? Jadi, kenapa kita sering mengeluh dalam hal belajar, semua bisa kita lakukan dengan mudah di era digital seperti ini. Dengan adanya internet yang dapat terhubung dalam gawai maupun laptop, banyak sekali manfaat yang di dapatkan. Jika kalian ingin belajar tata cara memasak dan menari? Tidak perlu menyusahkan diri, dengan Youtube dapat melihat tutorial atau trik di kanal. Dengan aplikasi pencarian Chrome dapat membantu saya dan semua orang untuk mendaftar lomba olimpiade yang serba online.

Lihat, banyak peluang untuk berprestasi bukan di zaman canggih seperti ini. Tidak ada alasan lagi untuk tidak berprestasi. Gunakanlah internet dengan sebaik mungkin ya teman-teman. Saya berharap jangan digunakan gawai untuk mengunggah foto di Instagram, bermain game online hingga lupa waktu, atau hal sepele lainnya, karena remaja yang keren itu dapat menunjukkan prestasinya baik akademik maupun nonakademik. So, marilah kita bersyukur atas perkembangan teknologi ini dan berusaha memanfaatkannya sebaik mungkin ya. Ayo kita saling berpegangan untuk menjadi pelopor generasi yang hebat berprestasi. Saya yakin kalian mampu mengembangkan bakat masing-masing dengan berbagai les offline maupun online, seperti les tari , les matematika, les bahasa Inggris dan lain sebagainya. Malas keluar rumah untuk mengikuti les? Kalian juga bisa mengikuti les secara online melalui Google Meet , Zoom dan lain sebagainya.

Biodata

Dhea Aminda Sari sebagai salah satu siswa di kelas VII B MTsN 2 Jember, lahir di Jember, 2 Juli 2010

Sekolah: MTsN 2 JEMBER

Email: [email protected]

Nomor: +62 888 1594 462

Guru Pembimbing: Bu Henny Retna Anggraeny, S.S.

Email pembimbing: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post