Devita Yuliana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

TINGKATKAN MEMBACA DENGAN E-BOOK UNTUK KARYA LEBIH BAIK

Sebagai seorang pelajar tentu membaca sangat penting bagi kita. Bahkan, bukan hanya pelajar, membaca sangat dibutuhkan bagi setiap orang karena dengan membaca kita dapat menambah wawasan, menambah ilmu pengetahuan, dan yang paling penting membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya dengan sempurna.

Namun, apakah setiap orang pasti suka membaca meski itu dianggap sebagai kebutuhan yang memiliki banyak manfaat? Jawabannya, tentu tidak. Ada banyak alasan yang membuat mereka tidak suka membaca, seperti malas, sibuk, dan sebagainya. Tapi, bagi kita sebagai pelajar tidak punya alasan untuk tidak membaca. Bahkan, bagi penulis sendiri membaca itu hukumnya wajib.

Menurut data UNESCO tentang minat membaca, UNESCO menyebutkan bahwa minat membaca masyarakat indonesia sangat rendah, hanya 0,001%. Berarti, jika ada 1000 orang Indonesia, hanya ada 1 orang yang rajin membaca. Keadaan ini tentu sangat memprihatinkan, padahal di zaman yang sudah serba canggih ini membaca menjadi semakin mudah, misalnya dengan menggunakan smartphone. Apalagi, Indonesia menduduki tingkat kelima terbanyak kepemilikan gawai maka seharusnya minat membaca kian meningkat.

Atas dasar itu, kita harus pintar memilih atau menyaring hal yang positif dan negatif dari dampak berkembangnya teknologi. Salah satu dampak positif dari berkembangnya teknologi adalah jika dulu kita harus ke perpustakaan, membeli atau meminjam buku hanya untuk membaca, sekarang membaca menjadi lebih mudah, kita bisa membaca di smartphone, salah satu contohnya adalah e-book.

E-book adalah versi elektronik dari sebuah buku. Jika pada umumnya buku adalah kumpulan dari kertas yang berisikan teks atau gambar maka e-book adalah informasi digital yang juga dapat berisikan teks dan gambar. Dengan adanya e-book ini ada beberapa kelebihan yang akan kita dapatkan dibandingkan membaca dengan buku fisik, di antaranya anti rusak, mudah dibawa, tidak perlu takut kehabisan stok, bisa atur kenyamanan membaca, hemat, dan praktis.

Selain kelebihan yang akan kita dapatkan, terdapat juga kekurangan dengan membaca melalui e-book, di antaranya membutuhkan perangkat elektronik, mengancam kesehatan mata, dan membutuhkan aplikasi atau perangkat lunak. Agar kesehatan mata kita tetap aman walaupun membaca melalui e-book, kita bisa melakukan beberapa hal ini untuk mencegah kesehatan mata kita terganggu, di antaranya menjaga jarak HP dengan mata kita, mengatur tingkat pencahayaan, dan memakai kacamata anti radiasi.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dengan membaca melalui e-book, apakah kalian tertarik untuk mencoba membaca dengan e-book? Atau kalian masih memilih membaca dengan buku fisik? Semua itu kembali ke kenyamanan bagaimana kalian membaca karena yang paling penting kita harus lebih meningkatkan aktivitas membaca di kehidupan sehari-hari kita. Sebab, peluang bagi kita untuk menciptakan karya yang lebih baik akan semakin besar dengan membaca lebih banyak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post