Devika Eva Putri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

THE ROLE OF THE TEACHER IS VERY IMPORTANT

THE ROLE OF THE TEACHER IS VERY IMPORTANT

Pahlawan tanpa tanda jasa? Malaikat tak bersayap? Pahlawan hebat? Superhero? Spiderman? Seseorang yang memiliki peran penting dalam pencapaian kita untuk masa depan. Siapakah dia? Apa yang kamu pikirkan setelah membaca perumpamaan diatas? Lebih tepatnya dia adalah guru. Guru adalah seseorang yang sangat berarti dan seseorang yang membimbing kita belajar untuk menuju masa depan yang sukses.

Guru adalah peran penting kedua setelah orang tua kita. Guru bagaikan orang tua kedua kita di sekolah. Tanpa guru mungkin kita bukan siapa-siapa. Memang kita bisa seperti sekarang ini berkat kerja keras orang tua, tapi guru juga menuntut peran penting. Guru selalu membimbing kita dalam dunia pendidikan. Kita tidak luput dari bimbingan guru dan orang tua. Guru itu profesi yang memerlukan keahlian khusus dalam bidang pendidikan. Tidak semua orang bisa menjadi guru, untuk menjadi guru itu tidak mudah. Guru harus menyiapkan segalanya supaya bisa menjadi contoh yang baik bagi murid-muridnya. Guru dituntut untuk bisa banyak hal, mulai dari memahami karakter siswa, kebiasaan, kemampuan, masalah dan prestasi siswa.

Menjadi guru itu harus profesional, karena jika tidak imbasnya ke guru juga. Guru harus menyiapkan segala energi untuk menghadapi tingkah laku murid-muridnya. Memang guru zaman sekarang dibayar, tapi kalian pernah membayangkan tidak? Bagaimana kondisi guru pada zaman dahulu yang tidak mengaharapkan imbalan atas jasanya? Bagaimana pun guru tersebut itu tidak akan menutup kemungkinan kita untuk selalu menghormati dan menyayanginya. Guru itu sosok berharga yang akan menuntun kamu menuju pintu gerbang kesuksesan.

Tanpa jasa guru mungkin kita tidak bisa menulis, membaca, menghitung dan menggambar seperti sekarang. Generasi gen z itu kalau sudah pintar dan sukses pasti kebanyakan lupa dengan jasa-jasa gurunya. Ini harus dihindari, karena bagaimanapun guru adalah seseorang yang telah membuat kita menjadi seperti sekarang. Dalam dunia pendidikan sosok guru aangat penting. Tidak ada guru tidak ada pendidikan. Guru selalu sabar dalam membimbing kita selama ini. Walaupun kesal dengan tingkah laku kita guru akan tetap memaafkannya. Bukankah itu hebat?

Dikutip dari journal.fkipunlam.ac.id, memaknai filosofi pendidikan Indonesia yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu "Ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tutwuri handayani". Role model (ing ngarso sung tulodo) yaitu guru menjadi sebagai taladan kepada siswa karena fungsi guru menjadi pemimpin siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pengertian tersebut berkaitan bahwa seorang guru harus mempunyai bersikap penyabar dan memberikan contoh yang baik terhadap peserta didiknya.

Bagaimana caranya membalas kebaikan guru? Bahkan kebaikan yang kita balas pun tidak akan cukup untuk segala perjuangan beliau terhadap kita. Semuanya memang bisa dibeli dengan uang tapi ilmu tidak itu tidak bisa. Guru memang dibayar, tapi dia itu tetap peran yang penting dalam hidup kita. Yakinlah guru akan selalu mensuportmu dalam meraih masa depan.

Selagi gurumu masih ada sekarang cobalah untuk lebih terbuka dan sampaikan pesan yang ingin kamu sampaikan kepada gurumu. Sayangilah gurumu seperti beliau menyayangi kita selama ini. Jangan biarkan beliau menangis, karena tangisannya akan membuat dunia pendidikan sedih. Jagalah gurumu mulai dari sekarang, karena dia sosok penting kedua setelah orang tuamu!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post