Delita puji carlowati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Produktif Di Bulan Suci

Produktif Di Bulan Suci

Puasa? Kita sering mendengar kata ini dalam keseharian. Menurut Wikipedia Saum atau puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkannya, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Saum/puasa merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Mendekati bulan yang penuh berkah yaitu Ramadhan. Kaum muslim akan menjalani puasa selama satu bulan. Banyak cobaan yang harus dihadapi oleh kaum muslim. Mulai dari berkata kasar, menahan lapar dan menahan diri agar tidak malas.

Nah, salah satu cobaan adalah malas. Kalian pasti tahu seberapa malas kita kalau sudah menjalankan puasa rasanya kita ingin selalu tidur dan tidak melakukan aktivitas berat apapun. “Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni” (HR Baihaqi). Banyak orang yang menganggap hadits ini sebagai perintah untuk tidur saat puasa, padahal hadits ini menjelaskan tentang lebih baik tidur daripada melakukan dosa. Nah, gimana sih agar terjauh dari sifat malas sebagai pelajar? Kebetulan, aku punya beberapa tips agar kita bisa tetap berprestasi selama bulan puasa.

Yang pertama kita mulai dari sahur makanan sahur harus bernutrisi dan bergizi seimbang. Karena makanan bergizi dan bernutrisi bisa membuat kita lebih sehat dan kuat. Berbeda dengan makanan instan biasanya makanan instan akan membuat tubuh kita cepat lapar karena karbohidrat yang didapat bisa saja sangat sedikit. Jangan lupa juga minum yang banyak saat sahur agar kebutuhan air dalam tubuh tercukupi.

Yang kedua olahraga ringan seperti yoga. Olahraga ringan ini bisa mengurangi rasa malas yang ada pada diri kita, juga membuat diri kita jauh lebih sehat saat di bulan suci Ramadhan.

Ketiga istirahat yang cukup dan jangan sampai kelelahan. Karena kelelahan dapat menyebabkan kita malah semakin malas untuk melakukan sesuatu, istirahatlah secukupnya agar kita bisa menjalankan aktivitas dengan semangat. Hal ini bukan berarti kita bisa istirahat terus ya.

Nah, yang terakhir jangan lupa untuk menjalani kewajiban kita sebagai siswa yaitu belajar. Belajar memang agak susah tapi saat kita punya niat dan punya usaha kita bisa kok tetap menjalaninya. Biasanya aku saat puasa tidak terlalu belajar keras aku biasanya hanya membaca buku dan materi-materi penting. Pengalaman ku sendiri aku saat belajar bisa melupakan waktu puasa sehingga tidak terasa sama sekali saat kita berpuasa, asalkan belajarnya sesuai passion kita. Jadi tidak ada alasan jika puasa dijadikan sebagai sebab kita malas belajar. Justru menurutku saat puasa, belajar menjadi lebih terfokuskan.

Banyak manfaat belajar yang bisa kita rasakan. Mulai dari mengetahui hal-hal yang baru, hingga mengenal dunia. Saya harap dengan tulisan ini. Mampu menyadarkan para teman-teman sederajat saya untuk tidak malas saat berpuasa dan tetap melakukan keseharian seperti biasanya. Saya harap dengan tulisan ini teman-teman pisang menyadari seberapa pentingnya untuk tidak malahan tetap meraih prestasi dalam bulan ramadhan yang berkah ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post