Davizhar Rahman

Hai, nama saya Davizhar Rahman, biasa dipanggil Davizh dan kelahiran tahun 2007. Saat ini saya duduk di bangku kelas 9 di SMPN 24 Kota Padang. Menulis adalah su...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGASAH PRESTASI MELALUI TEKNOLOGI
Sumber gambar: google

MENGASAH PRESTASI MELALUI TEKNOLOGI

MENGASAH PRESTASI MELALUI TEKNOLOGI

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan telah banyak menghasilkan inovasi-inovasi baru guna menunjang proses pembelajaran, salah satunya yaitu informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Hampir semua hal memerlukan internet, demikian juga dengan perkembangan alat komunikasi yang begitu canggih dan cepat telah merubah sistem dalam proses pengajaran di dunia pendidikan. Proses pembelajaran sudah tidak lagi di dominasi dengan pertemuan secara lansung, tapi sudah bisa berkomunikasi bertatap muka dengan menggunakan sebuah media teknologi dengan pemanfaatan aplikasi virtual meeting. Komunikasi antara guru dan siswa sudah tidak lagi dikelas tapi didunia maya. Dunia maya adalah dunia yang aktivitasnya dengan menggunakan serba online dan serba internet.

Ibuku adalah perempuan yang cerdas. Pemikirannya yang selalu menuju kearah masa depan itulah yang membuat aku kagum terhadapnya. Walaupun sekarang dia hanya seorang ibu rumah tangga biasa, tapi ibu pernah bercerita waktu dia muda dulu dia pernah bekerja di salah satu perusahaan besar di kota. Jadi, sedikit banyak dia juga paham tentang teknologi. Dia selalu membimbingku dalam penggunaan internet ataupun media sosial. Apalagi saat pandemi covid-19 yang terjadi tiga tahun lalu, dimana kita dituntut harus bisa menggunakan teknologi baik internet atau HP dalam belajar. Keadaan yang tidak memungkinkan kita untuk bisa belajar secara tatap muka lansung. Di situlah aku di tuntut harus bijak dalam menggunakan teknologi. Dengan bimbingan penuh dari guru dan orang tua aku mulai bisa berhadapan dengan teknologi. Aku tidak mau keterbatasan menggunakan teknologi akan mempengaruhi prestasiku. Ibu selalu memberiku semangat dan arahan dalam belajar secara daring.

“Memang, sekarang belajarnya secara visual. Tentu ada tuntutan dan perkembangan yang berbeda, kita tidak boleh ketinggalan, kita harus punya kompetensi sesuai dengan era digital. Kepekaan menjadi perlu meski kita berhadapan dengan teknologi”. Jelas ibu sambil membereskan meja makan.

“Berarti di era digital kita harus cakap literasi digital ya bu?”Tanya ku.

“iya! Kalau kita bijak berteknologi kita juga bisa meraih berbagai macam prestasi, dengan prestasi dapat membentuk seseorang untuk terus melakukan sesuatu hal yang bermanfaat dan mempunyai nilai”. Lanjut ibu

“Banyak sekali manfaat yang bisa kita nikmati dengan menggunakan teknologi”ujarku sambil tersenyum.

“Penggunaan teknologi tergantung dari pribadi setiap orang, apakah kamu mampu menggunakan dengan bijak atau sebaliknya. Internet itu seperti mata pisau, jika digunakan untuk hal-hal kebaikan maka akan berujung manfaat, namun jika digunakan untuk hal negatif, maka akan berujung dengan masalah atau petaka. Kita harus kritis dengan teknologi dalam mengolah diri dan informasi, karena kita kritis di era digital, kita tidak mudah bingung dengan banyaknya informasi yang beredar”. Panjang lebar ibu menjelaskan.

Ternyata berbicara tentang teknologi dangan ibu sangat menyenangkan, aku bisa mengetahui banyak hal tentang manfaat, mudharat dari teknologi. Kita bisa berprestasi melalui teknologi asalkan mau berusaha dan termotivasi untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Jadi, semua kembali kepada pribadi kita masing-masing, ingin yang menghasilkan sesuatu dan menjadi motivasi untuk orang lain dan dikenang karena prestasi atau melalui cara instan dan dipandang buruk oleh orang lain.

Ayo,! Tunjukkan prestasi dan kualitas diri dengan berteknologi yang bijak dan baik!!!

PROFIL PENGARANG

Davizhar Rahman, Lahir di padang, 16 Desember 2007, seorang siswa SMP N 24 Padang. Mulai menulis sejak kelas VIII. Pernah mengikuti lomba : Juara 2 pidato adat minang dalam ragka Hut Bunda Kanduang, mendali perak dalam Kejurda Silat Sumbar, lomba menulis surat untuk kalpori dan masuk nominasi dalam pelombaan orasi seorang walikota cilik di kota padang. Menang lomba menulis di bulan desember 2022 dengan tema ‘Untuk Cinta dan Kasih Sayang Mu, Ibu dan akhirnya, matahari tersenyum kembali. Dia dapat dihubungi melalui E-mail, [email protected] dan whatsap 083182875981.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post