Danesh Bintang

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Warung Kikil Bu Toera

Warung Kikil Bu Toera

Salah satu kuliner yang berada di Jember adalah sup kikil.Sup kikil terbuat dari daging sapi yang berurat, sehingga ketika dimakan dagingnya terasa kenyal. Kuahnya merupakan kaldu dari daging tersebut, dicampur dengan kunir, sereh, bawang goreng dan bumbu lainnya.

Warung Kekel Bu Toera berada di Jl. PB Sudirman, Kp. Using, Jemberlor, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur.Tempat ini berada di lokasi yang strategis, dekat dengan alun alun dan juga stasiun kereta.Tempat ini buka pada hari senin sampai hari sabtu pukul 18.00 sampai pukul 23.00.

Rasa sup kikil di warung tergolong enak, kuahnya yang gurih dan dagingnya yang kenyal menambah rasa dalam sup itu.Harganya juga terjangkau oleh masyarakat.Tidak hanya kikil di sana juga terdapat nasi goreng dan mie kuah.

Jika anda berlibur ke Jember jangan lupa untuk mampir ke Warung Kekel Bu Toera. Pelayanan di sana baik dan sopan sehingga para pengunjung merasa nyaman.saya juga sering mengunjungi tempat itu.Warung ini terletak di gang yang dekat dengan smp2 Warung ini ada sejak 1980an.

Warung ini didirikan oleh orang tua kakekku.Warung itu diwariskan secara turun menurun hingga kini dikelola oleh budhe saya.Warung ini berupa produsen rumah tangga atau hanya mempekerjakan orang rumah atau keluarga

Pada saat musim hujan kikil menjadi minat banyak orang.Karna hangat kuah kikil bercampur dengan gurihnya kaldu yang dapat menghangatkan badan kita.Kita juga dapat menikmati kikil bersama dengan es jeruk peras hangat ataupun dingin.

Bahan:

–1 kg tulang iga sapi

–500 gram kikil, rebus, potong dadu

–2 liter air

Bumbu halus:

–10 buah bawang merah

–5 siung bawang putih

–5 butir kemiri

–1 sdt merica

–1/4 sdt jinten

–Garam secukupnya

Bahan pelengkap:

banyak orang.Karna hangat kuah kikil bercampur dengan gurihnya kaldu yang dapat menghangatkan badan kita.Kita juga dapat menikmati kikil bersama dengan es jeruk peras hangat ataupun dingin.

Bahan:

–Bawang goreng secukupnya

–Sambal rawit secukupnya

–Irisan jeruk nipis

Kikil tidak selalu memiliki tekstur yang sama, terkadang ada yang empuk namun juga ada bagian yang agak keras. Untuk mengolahnya dibutuhkan beberapa cara agar kikil yang diolah tidak hanya menghasilkan rasa yang lezat, tetapi juga tekstur yang empuk.

Sebelum memasak kikil. Sebaiknya, rendam dulu dalam air panas selama lebih kurang 1 jam untuk menghilangkan bau.

Kemudian, rebus bersama daun salam dan serai sampai empuk. Cara ini untuk mengempukkan kikil sekaligus menghilangkan sisa bau.

Cara membuat kikil pertama rebus tulang iga dalam panci sampai empuk. Masukkan semua bumbu dan potongan kikil. Masak sampai kuah mendidih kembali, angkat. Keluarkan tulang, sisihkan.

Tempatkan sup dalam mangkuk saji, taburi bawang goreng. Hidangkan selagi panas bersama sambal dan irisan jeruk nipis.

Di dalam kikil sapi banyak terkandung protein hewani dan kalsium. Keduanya ini dapat membantu untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh, menjaga agar tulang tetap kuat, sekaligus mencegah terjadinya osteoporosis (tulang keropos).

Ayo marilah kita bersama sama melestarikan makanan Nusantara.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post