Cut Ghaniya Nasyatha

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
DISKUSI KEDUA (PERGAULAN BEBAS & TATIB)

DISKUSI KEDUA (PERGAULAN BEBAS & TATIB)

Aku akan berbagi pengalaman kembali dalam pelajaran Bahasa Indonesia beberapa hari yang lalu. Semoga pengalaman belajarku ini dapat bermanfaat dan menginspirasi teman-teman semua ya. Ambil hal positif dari pengalamanku ini ya. Selamat membaca...

Hari ini, kembali dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Kami memulai pelajaran hari ini dengan doa. Lalu, kami diarahkan untuk melanjutkan pemaparan makalah kemarin. Kelompok yang maju hari ini adalah Kelompok 3 dan kelompok 4. Kelompok 3 akan membahas tentang materi Pergaulan Remaja dan kelompok 4 dengan materi Tata Tertib.

Pergaulan bebas merupakan penyimpangan hubungan antar individu. Bebas yang dimaksud disini adalah melewati batas norma yang ada. Remaja adalah seseorang yang masih labil, apalagi dalam pergaulan. Faktor utama penyebab pergaulan bebas adalah keluarga. Karena remaja masih labil, sangat dibutuhkan perhatian dan bimbingan orang tua agar tidak tergerumus ke dalam pergaulan bebas. Ada beberapa pertanyaan dan teman-teman, diantaranya :

•Marsya : Bagaimana dengan orang tua yang mengekang anaknya? Orang tua tidak boleh terlalu mengekang anaknya, karena anak tidak akan nyaman dan menjadi semakin liar.

•Fadlan : Apa yang harus kita lakukan jika terjebak dalam pergaulan bebas? Harus dihindari, dan menjauhi lingkungan tersebut. Menceritakan kepada orang tua, serta melakukan hal positif. 

•Nadya : Seberapa penting peran orang tua terhadap pergaulan bebas remaja? Sangat penting. Karena remaja masih sangat labil dan membutuhkan bimbingan serta arahan dari orang tua.

•Fauzia: Bagaimana dengan orang tua yang mengizinkan anak berpacaran? Bisa setuju, bisa tidak. Karena remaja masih labil, jadi harus bisa mengontrol diri dan menggunakan kepercayaan orang tua dengan baik dan benar. 

Setelah kelompok 3 menyimpulkan dan menutup, selanjutnya kelompok 4 yang memaparkan makalah dengan tema Tata Tertib.

Tata tertib adalah peraturan di suatu tempat yang harus kita patuhi dan kita jalankan. Tata tertib dibuat untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan tentram. Manfaat dari tata tertib adalah membuat kita bisa membentuk pribadi yang displin menciptakan suasana yang lebih teratur.

Jika seseorang melanggar peraturan terutama siswa yang melanggar aturan di sekolah maka harus dikenakan sanksi, teguran, serta point. Ada beberapa pertanyaan dari teman-teman, diantaranya :

•Elisya : Bagaimana dengan siswa yang melanggar tata tertib? Harus dikenakan hukuman karena siswa tersebut telah melanggar aturan. 

•Aisyah: Apakah sistem siswa yang dikenakan point efektif? Tergantung, bisa menjadi sangat efektif, bisa juga sebaliknya. Sesuai bagaimana siswa tersebut menyikapinya.

•Fauzia : Bagaimana dengan sekolah yang tidak tegas terhadap kasus bullying? Sekolahnya tidak bagus, karena tidak memiliki prinsip dan aturan yang tegas.

•Zahra : Dampak negatif dari tata tertib ? Tergantung dari siswa tersebut menyikapi tatib.

Pelajaran hari ini ditutup dengan kita menuliskan materi pelajaran dari kelompok yang presentasi seperti yang aku tulis sekarang. Materi yang diberikan sangat bermanfaat untuk kita yang memang remaja dan siswa di sekolah. Jadi, aku bisa memperluas ilmu tentang hal tersebut.

Pergaulan bebas harus kita hindari agar tidak berdampak buruk untuk masa depan kita kelak. Dan juga selalu mematuhi tata tertib yang berlaku disekolah, agar sekolah yang kita tempati menjadi aman, nyaman, dan tentram. Semoga kita semua selalu berada di jalan yang benar. Aamiin...

 

Keep Spirit ! See you...

Jakarta, 26 Januari 2023

Tulisan ke-4

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post