Cinta Az-zahra Fikriani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Hasil Diskusi Mengenai Game Online dan Medsos

Hai semuanya, jadi saya akan memaparkan hasil dari diskusi kelompok 1 dan 2 mengenai medsos dan game online.

1. Pengaruh Game Onlien Terhadap Prestasi Siswa

Game online sering ditemukan di handphone kalangan remaja atau anak-anak. Seiring berjalannya waktu game online semakin berkembang pesat. Sehingga banyak anak yang kecanduan game online, mulai dari anak SD, SMP, SMA, bahkan anak TK pun kecanduan. Pelajar saat ini benar-benar kecanduan game online sehingga lupa waktu untuk belajar dan akan merasa tidak peduli dengan tugas-tugas sekolah. Pikiran mereka telah dipenuhi oleh game online, bahkan mereka rela untuk bermain game online berjam-jam, kadang bisa sampai top up atau menghambur-hamburkan uang untuk game online.

Di bawah ini beberapa pengaruh dari game online.

Game online dapat berpengaruh negatif bagi anak anak, game online dapat melupakan kehidupan sosial, game online dapat merancang imajinasi, game online dapat menurunkan prestasi siswa, game online dapat mengganggu fokus belajar, game online dapat merubah tingkah laku para siswa.

Di bawah ini beberapa dampak positif dari game online

Mendapat banyak teman dari game online, pintar memenangkan game karena bisa mengatur strategi yang baik, membuat berpikir cepat, melatih kekompakkan keragaman tim.

Cara menghindari dampak negatif dari game online

Orangtua harus selalu mengawasi anak saat bermain game, sikap tegas orangtua, bersosialisasi dengan teman dan keluarga, membuat jadwal atau batas waktu dalam bermain game.

Sebenarnya dalam bermain game online anak-anak bisa mendapat prestasi, tapi non akademik. Bermain game online bisa mendapat prestasi, seperti memenangkan lomba Mobile Legend, PUBG, Fre Fire, dan lain-lain. Namun karena prestasi tersebut anak-anak akan terus fokus terhadap game online, mereka akan berlatih terus menerus, untuk membuat strategi agar memenangkan lomba dan melupakan pelajaran.

Nah, selain tentang prestasi ada juga yang katanya game online bisa menghasilkan uang, tapi ada juga game online yang bisa membuang-buang uang. Game online bisa menghasilkan uang ketika orang tersebut benar dalam menggunakan kesempatan, seperti remajanatau orang dewasa. Biasanya mereka bisa menggunakan kesempatan dengan baik dan dapat menghasilkan uang dari game online tersebut. Sedangkan game online yang bisa membuang-buang uang itu terjadi ketika kota tidak bisa menggunakan kesempatan dengan baik, hal ini sering terjadi pada anak-anak. Jadi hal seperti ini tergantung pada orang yang menggunakannya, sebaiknya kita membatasi waktu bermain game online agar tidak terlalu kecanduan lebih dalam.

2. Pengaruh Media Sosial Terhadap Remaja

Dijalankan remaja, media sosial digunakan sebagai alat komunikasi, sumber informasi, tempat curhat atau keluh kesah, dan lain-lain. Hal ini dapat membuat kecanduan terhadap media sosial. Akan banyak aktivitas yang terganggu seperti belajar, dan tidur. Dalam penggunaan media sosial terdapat dampak positif dan negatif, dampak positif dari media sosial antara lain: menambah teman virtual, menambah wawasan dalam belajar, sebagai alat komunikasi teman atau saudara yang jauh, mendapat informasi yang luas.

Dan dampak negatif dari penggunaan media sosial yaitu: membuat kecanduan terhadap media sosial, remaja akan melupakan dunia nyata karena terlalu jatuh pada medsos, banyak anak di bawah umur yang berpacaran di medsos, menurunnya interaksi tatap muka, mengalami gangguan tidur, bocornya informasi personal, menurut kemampuan sosial, terpapar berita hoax, terpapar konten-konten negatif, membuat seseorang menjadi individualis.

Nah di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi remaja yang kecanduan media sosial: mengatur waktu atau membatasi waktu dalam bermain medsos, menyibukkan diri dengan melakukan kegiatan lain, berusaha untuk fokus pada orang di sekeliling, perbanyak bersosialisali di kehidupan nyata, mencari hobi baru yang menyenangkan, gunakan medsos secara bijak.

Jadi, kita harus bijak dalam menggunakan medsos, karena di balik dampak positif pasti ada dampak negatifnya juga. Kita harus benar-benar memanfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya.

Tulisan Ke-3 (Jakarta 25 Januari 2023)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post