Chevy Abrary Aryasatya Darwono

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kesehatanku Terjaga, Prestasiku Tertata

Memiliki kesehatan fisik dan mental merupakan karunia dari Allah yang wajib disyukuri. Hal itu berperan penting dalam meningkatkan prestasi baik akademik maupun nonakademik. Namun, tidak sedikit orang terutama pelajar di yang menyepelekan kesehatannya. Sehingga, orang tersebut memiliki imun tubuh yang lemah dan dapat mengganggu aktivitas dan produktivitasnya.

Saat ini, banyak orang terkena penyakit yang diakibatkan oleh musim pancaroba. Pergantian musim ini memiliki banyak dampak buruk seperti bencana alam dan datangnya berbagai gejala penyakit. Terlebih lagi, banyak pelajar yang sering mengonsumsi makanan kurang sehat. Terutama makanan yang kurang dijaga kebersihannya yang biasa mereka makan di kantin sekolah atau di tempat lain. Kebiasaan ini harus dicegah agar dapat menjaga kesehatan dan produktivitas remaja khususnya pelajar.

Aku adalah siswa yang dahulunya sering membeli makanan ringan di kantin. Hal ini kulakukan karena makanan tersebut sangatlah terjangkau dan sesuai dengan seleraku. Dahulu, kebiasaan ini hampir aku lakukan setiap hari, sehingga daya tahan tubuhku kian hari makin menurun. Apalagi aku jarang makan makanan yang bernutrisi dan kurang minum air. Pada saat itu pula, aku lebih suka minum minuman bubuk karena manis dan memiliki banyak varian rasa. Namun setelah meminumnya, aku selalu mengalami batuk dan pilek. Pada akhirnya aku pun jatuh sakit dan membuatku tidak masuk sekolah. Hal ini tentunya telah menurunkan prestasi belajarku. Selama dalam kondisi sakit, aku hanya bisa beristirahat serta berdoa dan berharap agar dapat sembuh lebih cepat. Setelah sembuh, aku pun tetap memiliki pertanggungjawaban terhadap pembelajaranku yang belum selesai dan tuntas dan prestasi yang belum sempat kukejar. Agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, aku mulai mencoba untuk membatasi pengonsumsian makanan yang kurang higienis dan bersih. Dalam melakukan hal itu, aku juga mulai berusaha untuk memakan makanan sehat dengan cara membawa bekal sendiri dari rumah. Setelah aku coba untuk beberapa hari, ternyata cara ini sangat efektif untuk menjaga kesehatanku dan juga dapat menghemat uang sanguku. Dalam beberapa bulan ini, aku sudah mulai menjaga dan peduli dengan kesehatanku agar prestasiku dapat bertambah.

Tidak hanya aku, ternyata teman-temanku juga pernah mengalami sakit hingga ketinggalan materi pelajaran dan tidak dapat meningkatkan pengalaman prestasi. Hal ini juga dapat diakibatkan oleh buruknya kondisi musim dan kebiasaan kurang baik yang dahulu pernah dilakukan olehku. Pada saat itu, tujuh dari delapan belas teman kelasku izin tidak masuk sekolah karena sakit. Hal ini tidak hanya terjadi satu kali saja, tetapi dapag berkali-kali. Ternyata memang benar adanya, bahwa kesehatan sangat berpengaruh terhadap meningkat dan menurunnya prestasi. Jadi, menjaga kesehatan termasuk salah satu peran penting dalam meningkatkan prestasi dan kinerja belajar di sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post