Carissa Naya Putri Ferdian

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bijak dalam menggunakan teknologi

Bijak dalam menggunakan teknologi

Di zaman sekarang ini teknologi mungkin sudah sering kita dengar. Hampir semua manusia membutuhkan handphone setiap harinya bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, dan saat ini kita sedang hidup di era digital. Di era digital ini semua menjadi serba cepat, mudah, dan instan. Internet sudah menjadi kebutuhan primer. Contohnya seperti kita yaitu pengguna handphone.

Di era saat ini sekolah apa saja sudah memakai digital bahkan tugas-tugas pun juga membutuhkan handphone untuk menyelesaikannya. Seperti pengalaman saya, saya sering kali diberikan tugas seperti membuat ppt atupun video dan itu pun membutuhkan handphone untuk mengerjakannya. Dan juga kadang guru- guru menyuruh muridnya membawa handphone ke sekolah untuk mengerjakan tugas contohnya seperti B.indonesia, Tik dan lain-lain. Tetapi memang lebih mudah jika menggunakan handphone karena zaman sekarang semuanya sudah serba canggih dan serba bisa. Dengan menggunakan handphone semuanya bisa diselesaikan dengan cepat.

Disisi lain saya pun menggunakan handphone untuk menonton film, bermain game, scroll tiktok ataupun belanja online. Tetapi kita harus bijak menggunakan aplikasi/media sosial seperti itu, seperti saat ini sedang maraknya menggunakan media sosial untuk mem-bully seseorang, menipu orang banyak, atau menyebarkan berita hoax. Padahal itu dapat merugikan diri sendiri loh karena sudah terdapat UU ITE. Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan teknologi informasi yang ada sebaik-baiknya, seperti untuk mencari informasi terkini, mencari kebenaran berita agar tidak termakan oleh berita hoax atau untuk memperluas ilmu pengetahuan. Tetapi sekarang orang orang tidak peduli seperti itu dan mengganggap itu hal sepele dan akan dilakukan terus menerus, kita sebagai generasi muda harus bisa memberhentikan seperti itu agar tidak merugikan orang lain ataupun diri kita sendiri.

Tetapi teknologi digital membawa banyak dampak positif maupun negatif. Salah satu dampak positifnya seperti pengalaman saya bisa mendapatkan informasi dengan cepat, mengerjakan tugas bisa mudah, memperluas ilmu. Dan untuk dampak negatifnya teknologi digital sangat berpengaruh terhadap saya, bisa membuat kecanduan dan setiap saat harus memegang/main handphone bahkan saya tidak bisa jauh terhadap handphone karena memang seberpengaruh itu hingga saya tidak ingat waktu saat bermain handphone.

Tetapi tidak lupa saya juga harus menyeimbangi dengan belajar karena tidak semua harus menggunakan handphone seperti belajar. Karena kewajiban kita sebagai pelajar adalah belajar menuntut ilmu. Maka dari itu kita sebagai pelajar jangan sampai kecanduan bermain handphone, kita harus fokus belajar demi masa depan kita dan kita harus membuat generasi muda yang maju kedepannya untuk bangsa dan negara. Bermain handphone memang boleh tetapi harus mengerti batasan dan jangan bermain yang berlebihan karena memiliki efek perubahan yang sangat besar bahkan bisa merugikan diri kita sendiri.

Hai, perkenalkan nama saya Carissa Naya Putri Ferdian salah satu siswi kelas 8D di MTSN 7 Kediri. Tempat tanggal lahir saya di Kediri, 14-juni-2008 dan saat ini saya berumur 14 tahun. Saya anak pertama dari 2 bersaudara. Saat ini saya tinggal di Karangdinoyo-kepung Kab.Kediri Provinsi Jawa Timur. Sedangkan ayah saya bernama Dony Ferdianto yang bekerja sebagai wirausaha dan Ibu saya bernama Nurul Hikmah Zuhriati yang bekerja sebagai wirausaha.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post