Cantika yunia

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tubuh kuat,jiwa sehat,karya didapat

Tubuh Kuat, Jiwa Sehat,Karya Didapat

Oleh: Cantika Yunia

SMPN 3 Bangsalsari

Tubuh yang kuat, jiwa yang sehat, dan karya yang didapat merupakan fondasi yang sangat penting dalam menjalani kehidupan yang bermakna dan memuaskan. Ketiganya saling berhubungan dan saling memengaruhi satu sama lain. Dalam dunia yang seringkali terfokus pada pencapaian dan kesuksesan material, kita sering lupa bahwa menjaga keseimbangan antara tubuh, jiwa, dan karya adalah kunci utama untuk mencapai kebahagiaan sejati.

Tubuh yang kuat adalah kendaraan yang membawa kita melalui perjalanan hidup ini. Dalam kehidupan yang penuh dengan tekanan dan tuntutan, merawat tubuh kita menjadi prioritas yang sering diabaikan. Namun, tubuh yang sehat adalah aset yang tak ternilai. Untuk menjaga tubuh kita tetap bugar, kita perlu menjalani pola makan sehat dan berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik tidak hanya membuat kita lebih bugar secara fisik, tetapi juga meningkatkan kesehatan mental kita. Melalui olahraga, kita dapat melepaskan stres dan merasakan dorongan energi yang membantu kita mengatasi berbagai tantangan dalam hidup.

Kesehatan mental yang baik adalah fondasi yang diperlukan untuk memiliki jiwa yang sehat. Terlalu sering, kita mengabaikan aspek-aspek kesehatan mental kita dalam kerumitan hidup sehari-hari. Jiwa yang sehat menciptakan ketenangan batin, kebahagiaan yang mendalam, dan kemampuan untuk mengatasi stres. Maka carilah aktivitas dan kesibukan yang menyehatkan, agar terhindar dari kejenuhan.

Aku saat ini bergiat di literasi. Semula aku tak mengenal kegiatan ini. Menciptakan sebuah tulisan dalam bentuk buku atau mengikuti lomba menulis di media guru. Ah, apalah kegiatan yang tidak menarik pikirku waktu itu. Setiap hari waktu kugunakan untuk bermain game, menonton you tube sambil tiduran. Menjadi bagian dari kaum “Rebahan”.

Tiba-tiba aku sakit, tanpa sebab kepalaku sering pusing. Vertigo menyerang sarafku hingga aku tak sanggup bangun dan berdiri. Serasa dunia berputar. Perut mual dan selalu ingin muntah. Dokter menyarankan aku untuk istirahat penuh dan menjauh dari aktvitas hp. Meratapi keadaan dan rasa sakit membuatku berpikir dengan apa yang telah kulakukan selama ini. Aku mulai introspeksi diri. Selang beberapa minggu kemudian, sakitku berangsur pergi. Tubuhku mulai sehat kembali. Meski sesekali kepala masih terasa pusing.

Hikmah dari sakit yang kuderita dan kualami kujadikan pelajaran hidup. Aku mengurangi kebiasaan rebahan dan bermain hp. Seminggu sekali aku gunakan waktu untuk berolahraga. Selebihnya jika ada waktu kugunakan untuk menulis. Menekuni kegiatan literasi di sekolah tidak sia-sia. Banyak karya yang aku hasilkan mulai dari syair, pantun, cerpen, esai/opini, dan masih banyak lagi. Teman-teman menyukai hasil tulisanku. Mereka mengatakan isi tulisanku menarik.

Hingga suatu hari ada lomba menulis cerpen di salah satu majalah remaja. Bersyukur pada Tuhan, cerpenku dimuat dan ceritaku dinyatakan menang. Bahagia sekali rasanya. Tanpa kusadari ada perubahan pada diriku saat ini. Aku menjadi pribadi yang lebih baik. Aku lebih banyak beraktivitas tapi juga semakin sehat. Terima kasih Tuhan atas nikmat sehat dan karya yang sudah kudapatkan.

Profil penulis

Aku Cantika yunia. Lahir 12 JUNI2010. Alamat rumahku Petung krajan Kec. Bangsalsari, Kab. Jember, Jawa Timur. Saat ini aku sekolah di SMPN 3 Bangsalsari. Kritik dan saran aku harapkan, silakn kirim di WA 086520145232

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post