Berliana Maulidya Saputri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGENAL TEKNOLOGI DENGAN BIJAK

MENGENAL TEKNOLOGI DENGAN BIJAK

Teknologi sudah berkembang pesat di dunia bahkan mampu mengembangkan prestasi para siswa siswi yang masih pelajar. Teknologi sampai saat ini masih terus di produksi dari tahun ke tahun mulai semakin meningkat. Bahkan saat ini manusia menjadi makhluk hidup yang bergantung pada teknologi, dan tidak bisa hidup tanpa teknologi. Teknologi memiliki dua peran, yang pertama digunakan sebagai hal hal yang positif bagi manusia, yang kedua digunakan sebagai hal hal yang memberi dampak yang tidak diinginkan. 

Bicara tentang teknologi tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Handphone/smartphone, Handphone mulai ditemukan pada tahun 1973 oleh Martin Cooper, pada saat itu hp masih digunakan hanya sebatas untuk menelepon hingga seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun Handphone menjadi semakin canggih dan memiliki banyak fitur yang bermanfaat. 

Handphone saat ini juga sangat penting bagi kalangan remaja, handphone digunakan untuk mengakses sumber daya pembelajaran, jadi handphone juga bisa berguna untuk pelajar yg ingin belajar dirumah, untuk lebih memahami materi, namun dampak yang diberikan sangatlah banyak, mereka semua mengganggap semua soal menjadi sepele karena adanya aplikasi yang bisa memberikannya jawaban, hal ini membuat remaja menjadi malas belajar dan berpikir untuk menyontek di handphone saja, bahkan handphone tidak digunakan untuk belajar sebaliknya malah untuk bermain game.

Bila handphone digunakan oleh orang yang tepat pasti akan sangat bermanfaat, dengan menggunakannya sebagai pembelajaran. Banyak lembaga lembaga yang mengadakan lomba secara online, dan mengajak para pelajar untuk mengikutinya. Hal ini mampu melatih soal untuk para remaja, bahkan bila juara bisa mendapatkan sertifikat, nah sertifikat itulah bisa dijadikan sebagai lintas pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dalam sehari hari kita tentu sangat membutuhkan teknologi, Namun hal tersebut juga harus memiliki batasnya, penggunaan teknologi yang bijak dapat mengembangkan prestasi para siswa. Oleh Karna itu, sangat penting bagi kita untuk tidak berlebihan dalam penggunaan teknolog. Dampaknya menyebabkan kecanduan, menjadi malas, susah bersosialisasi, berkurangnya privasi dan keamanan data. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti hal tersebut, maka kita harus mengetahui prinsip prinsip dalam berteknologi, dengan cara memanfaatkan dan menggunakan teknologi dengan efisien dan cermat. 

Pentingnya literasi digital bagi pelajar & mahasiswa di era modern saat ini. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi digital dengan bijak, artinya tidak peduli seberapa canggih teknologi itu yang terpenting adalah apakah itu bermanfaat bagi manusia atau tidak. Manusia sangat menginginkan kehidupan yang praktis dan efisien, cepat dan mudah. Untuk itu, literasi digital digunakan sebagai acuan atau arahan dalam penggunaan teknologi.

Prinsip yang perlu digunakan dalam berteknologi salah satunya adalah dengan mengenal batas batas waktu penggunaan. Dalam menggunakannya tentu kita harus membatasi waktu agar tidak menggangu kebiasaan dalam sehari-hari. Seperti menentukan kapan waktu untuk bermain dan kapan waktu untuk belajar. Hal ini dapat mencegah terjadinya kecanduan bila kita kecanduan tentu akan mempengaruhi kehidupan manusia baik itu secara fisik maupun mental seseorang. Teknologi yang sebenarnya diciptakan untuk meningkatkan kualitas manusia kini malah sebaliknya. Benar luar biasa teknologi.

Penulis : 

 Nama : Berliana Maulidya Saputri.

Sekolah di : MTsN 7 JEMBER

Tempat/tgl lahir : Malang, 03 Mei 2009

Alamat : Kab Jember, Jawa Timur, Semboro, Desa Sidomekar, Dusun besuki RT 2/RW 27.

No.hp : 082230939048.

Email : [email protected]

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post