Aulia Ramadani

Aulia Ramadani. Asal sekolah MA Al - FURQON Bodong Jaya, Lampung Barat. Semoga beberapa karya tulis saya ada manfaatnya bagi kakak - kakak dan adik - adik yang ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Self recovery (pemulihan diri)
Sumber gambar: google.com

Self recovery (pemulihan diri)

Semakin bertambah umur semakin terlihat jelas tujuan hidup kita. Di tahun lalu yaitu tahun 2022 banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil. Yah bisa dari pengalaman pahit, dari yang susah ataupun mudah. Peralihan dari kanak – kanak ke remaja sendiri di rasakan khususnya di diri saya sendiri. Banyak sekali pelajaran yang dapat di ambil dari tahun – tahun sebelumnya.

Transisi ini sangat berpengaruh besar.  Karena hal ini, kita mendapatkan sebuah kesadaran bahwa proses mendewasakan diri itu adalah sesuatu yang menantang dan menjadi challencing bagi kita. Gak semua orang bisa melaluinya dengan mudah. Banyak faktor yang membuat kita untuk tergerak menjadi dewasa. Contohnya saja setiap tindakan itu menjadi tanggung jawab kita sendiri, menangis di kala lelah itu wajar, mengeluh karna melihat dunia orang dewasa yang sulit, pasti banyak di alami remaja di umur 18 tahun ke atas. Yaitu banyak pertanyaan yang timbul di diri kita. Setelah lulus sekolah mau kemana? Ingin kuliah namun terkendala ekonomi keluarga Atau mau kerja atau apalah. Mereka sibuk memikirkan masa depannya. Padahal menurut pribadi saya sendiri waktu yang pas untuk memikirkan nya di mulai sejak memasuki bangku kelas 1 SMA. Atau jauh - jauh hari sebelum memasuki bangku sekolah. Di sini lah kita pikirkan tujuan masa depan kita, mengolah dan mencari skill kita di banyak bidang. Mencoba itu penting dari pada diam dan menyaksikan pencapaian orang lain. Jadilah pemain bukan penonton. Gagal itu wajar, karna guru terbaik adalah pengalaman.

 

Sejak bersosial media kita sering membanding – bandingkan pencapaian orang lain dengan diri kita. Elemen ini dulunya gak ada. Tapi karna kita melihat teman kita yang bisa ini, yang sudah lebih dewasa, yang bisa melakukan hal di berbagai bidang, itu menjadi over full bagi kita agar dapat melebihi atau setara dengan mereka.  

Dan jujur aja ketika saya melihat orang – orang sukses di luar sana yang dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang nya dan bidang itu sangat ia sukai,  itu menjadi self recofery atau pemulihan atas diri sendiri. Seperti membuat Kita semangat buat mencari bidang yang kita sukai itu. Dan jujur ajah semua pencapain atau pengetahuan yang sudah saya  dapat not enough ( tidak cukup) untuk segala hal. Karna saya merasa impian saya lebih besar dari pencapaian saya. Karna tujuan sejak awal yaitu sebuah pencapaian di mana pencapaian itu bisa merubah saya di masa depan yang cerah.

Cara sederhana untuk memulihkan semangat adalah dengan berkumpul dengan orang yang membuat kita semakin termotifasi dengan impian kita. Bisa dengan melihat pencapaian orang lain,  kita bisa lihat bagaimana cara mereka melewati tantangan - tantangan sulitnya. Mungkin dengan kita banyak memuji orang - orang sukses di luar sana, membuat kita semakin termotifasi. Membuat pemulihan dalam diri kita untuk tetap optimis.

Banyak para remaja yang beranjak dewasa sudah mulai bingung akan hal bagaimana mereka kedepannya. Namun untuk mengatasi kecemasan itu, kita bisa mulai belajar banyak hal, mendengar podcast penyemangat, mencari tau bagaimana kehidupan dewasa.

Simpel nya dewasa itu akan tiba pada saatnya. Dan nikmatilah masa remaja dengan sebaik – baiknya. Pencapaian kita akan berpengaruh pada masa depan kita. Bukan  berarti kita harus ambis untuk mencapai masa depan yang cerah itu. Lakukan sebisa mungkin, tidak memaksakan diri. Yang paling terpenting adalah jangan lupa untuk selalu bersyukur dan selalu optimis.

Pajar bulan, 12 februari 2023 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wahh makasihh. Punya alda juga baguss.

12 Feb
Balas

Makasihh @Aldi Y. Sobrian.

12 Feb
Balas

Tulisanya keren ka aul.

12 Feb
Balas

Semangat terus ka.

12 Feb
Balas



search

New Post