Aulia Rahmawati

Assalamualaikum wr wb. Halo perkenalkan aku Aulia Rahmawati, hanya siswi biasa yang suka membaca. Kamu bisa memanggilku Aulia. Aku lahir di Jember, Jawa Timur p...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bergaul perlu, asal bukan pergaulan bebas!

Bergaul perlu, asal bukan pergaulan bebas!

Di zaman yang makin berkembang dan modern ini mungkin kita semua sudah tak asing mendengar berita pergaulan bebas, bahkan sudah tak jarang mata melihat orang-orang di sekitar kita terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Bergaul itu memang perlu, siapa sih yang bisa hidup tanpa bergaul? Asal jangan terjerumus dalam pergaulan bebas aja. Pergaulan tidak hanya membawa dampak positif bagi remaja, banyak juga pergaulan yang membawa dampak negatif bagi remaja yaitu pergaulan bebas. Pergaulan bebas adalah perilaku menyimpang yang melanggar norma agama maupun norma kesusilaan. Oleh karena itu remaja harus pintar-pintar memilih pergaulan agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Jika remaja terjerumus pada pergaulan bebas, akan muncul dampak negatif dari pergaulan bebas, mulai dari malas belajar, membantah perkataan orang tua, menurunnya prestasi, putus sekolah, bahkan hingga hamil diluar nikah. Pergaulan bebas ini terjadi mulai dari karena adanya permasalahan seksualitas remaja, kurangnya wawasan agama, penyalahgunaan internet, kondisi lingkungan, pengaruh kondisi keluarga dan pengaruh ekonomi. Maka dari itu kita sebagai remaja harus melakukan pencegahan agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas !

1. Berpendirian kokoh

Berpendirian kokoh adalah cara pertama untuk menghindari pergaulan bebas, remaja yang berpendirian kokoh tidak akan mudah terbawa arus pergaulan bebas, karena remaja harus berani untuk mengatakan tidak pada perbuatan perilaku menyimpang seperti menolak dengan tegas ajakan teman yang mengajak untuk melakukan hal-hal menyimpang.

2. Memilih Teman dan Lingkungan yang baik

Memilih teman merupakan cara kedua untuk menghindari nya, Karena lingkungan teman sangat berpengaruh dalam proses pembentukan karakter seseorang. Remaja harus lebih pandai memilih teman bergaul dan lingkungan yang baik, memilih teman bukan berarti pilih pilih dalam berteman, melainkan memilih teman yang baik. Remaja juga harus mampu mengontrol dirinya terhadap hal negatif di sekitarnya terutama yang bersumber dari teman sebaya, dan tidak mudah terpengaruh oleh bujukan teman sebaya hanya karena ingin diterima ataupun diakui oleh suatu kelompok.

3. Perbanyak kegiatan positif

Cara yang ketiga adalah memperbanyak kegiatan positif, terkadang remaja memiliki banyak sekali waktu luang. Di waktu luang inilah hal-hal negatif bisa memasuki pikiran kita. Untuk menghindari diri agar tidak melakukan hal hal negatif dan tidak terjerumus pada pergaulan bebas yang bisa kita lakukan adalah Memperbanyak kegiatan positif agar kita terbiasa untuk melakukan hal-hal positif, jika kita telah terbiasa untuk melakukan hal-hal positif pasti kita tidak akan terjerumus pada pergaulan bebas.

4. Mendekatkan diri dengan agama

Cara yang keempat adalah dengan mendekatkan diri dengan agama, lemahnya agama menjadi salah satu penyebab pergaulan bebas, semua agama pasti mengajarkan kebaikan dan keharmonisan, tidak ada agama yang mengajarkan keburukan. Maka dari itu cobalah untuk selalu mendekatkan diri dengan nilai-nilai baik dalam agama agar selalu terbiasa untuk melakukan hal-hal positif dan menghindari hal-hal negatif.

Assalamualaikum !

Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Aulia Rahmawati. Saya lahir di Jember, Jawa Timur pada tanggal 2 April 2010. Saya bersekolah di MTs. Negeri 1 Jember

E-mail : [email protected]

Nomor Whatsapp: 081217198763

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post