Arifa nur Istiqomah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Yuk, Berburu Kuliner Khas Jember

Yuk, Berburu Kuliner Khas Jember

Yuk, Berburu Kuliner Khas Jember

Oleh: Arifa Nur Istiqomah

Jember merupakan kabupaten yang berada di Jawa Timur. Letaknya paling ujung setelah Banyuwangi. Jember merupakan kabupaten yang tidak begitu luas dan tidak begitu kecil. Sedang-sedang saja. Jember tidak hanya dikenal memiliki bentang alam yang cukup memukau. Akan tetapi, sejumlah warisan kuliner khas turut menjadi alasan mengapa Jember sering dikunjungi oleh wisatawan. Kuliner khas Jember ini memiliki cita rasa tersendiri. Jadi, sangat disayangkan jika Anda sudah berjalan-jalan ke Jember, tetapi tidak sempat mencicipi berbagai kuliner nikmat yang ada.

Prol tape, merupakan salah satu kuliner dari Jember yang harus Andi cicipi. Sesuai namanya, prol tape adalah kue yang berbahan dasar tape, atau lebih jelasnya terbuat dari tape singkong. Yang menjadi ciri khas dari prol tape yaitu aroma tape singkongnya yang menyengat. Tape singkong tersebut dipadukan dengan bahan-bahan lain seperti terigu, telur, dan sebagainya. Makanan ini memiliki rasa manis, kecut, gurih, lembut dan sangat pas di lidah saat dimakan. Dalam proses pembuatannya, tape singkong yang digunakan untuk membuat prol tape harus terjaga mutunya agar waktu dipanggang hasilnya tidak mengecewakan. Banyak pusat oleh-oleh di Jember yang menyediakan prol tape dengan berbagai varian rasa antara lain coklat, keju, kismis, serta rasa original.

Selain prol tape, ada juga suwar-suwir. Anda pernah mendengar kata “suwar-suwir”? Makanan yang bentuknya mirip permen ini adalah makanan khas andalan Jember. Oleh karena itu, Jember sering disebut sebagai Kota Suwar-suwir. Sama halnya dengan prol tape, suwar-suwir pun terbuat dari tape yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi makanan ringan. Rasanya tak kalah lezat dari kue khas daerah lain seperti Dodol Garut, Sale Pisang Banyuwangi, Pia Glenmor, dan sebagainya. Suwar-suwir juga tersedia dalam berbagai varian rasa. Ada suwar-suwir rasa coklat, sirsat, nenas, strawbery, dan sebagainya.

Prol tape dan suwar-suwir adalah jenis makanan ringan. Nah, bagi Anda yang menginginkan makanan berat atau nasi, tak perlu khawatir. Jember adalah gudangnya. Ada pecel, soto, lalapan, bakso, dan sate khas Jember yang layak dijadikan sasaran kuliner. Bagi Anda yang suka gudeg, Jember punya “Gudeg Lumintu” yang selalu ramai pengunjungnya. Walaupun warungnya bisa dibilang sederhana, tetapi pengunjungnya adalah kalangan menengah ke atas. Maka jangan heran bila ada mobil-mobil mewah parkir di sekitar warung.

. Soal rasa dijamin nggak kalah dengan gudeg Yogyakarta lho. Sayur nangka muda yang dicampur dengan cecek, telur, dan ayam benar-benar mantul, Guys. Apalagi jika ditambah dengan pecel, jadi semakin menggugah selera. Ditambah lagi dengan gurihnya sambal goreng kerecek, kerupuk, dan rempeyek kacang. Hm, nikmat banget.

Demikian sekilas info tentang kuliner khas Jember. Yang saya ceritakan di sini hanyalah sebagian kecil saja. Bila Anda penasaran, silakan datang ke Jember. Anda pasti akan tercengang saat melihat dari dekat pesona Jember. Tidak hanya berbagai kuliner lezat yang akan menyambut kehadiran Anda. Namun berbagai tempat wisata akan turut serta memanjakan mata Anda. Masih ragu untuk datang ke Jember? Duh, jangan sampai Anda menyesal. Yuk, kita berburu kuliner khas Jember.

***

Martsanda, 15 Juli 2022

Arifa Nur Istiqomah, lahir di Jember, 09 November 2007. Seorang siswi di MTS Negeri 2 Jember dan menduduki kls 9 sat ini. Kalian bisa mengenal saya lebih dekat melalui:

WA : 093119920767

Email : [email protected]

IG : ariffanr_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Maaf, ralat nomor telp : 083119920767

15 Jul
Balas



search

New Post