Annisa Najwa Salsabila

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Gunakan teknologi dengan sebaik-baiknya

Zaman sekarang ini hampir semua remaja memiliki handphone atau sering disebut HP. Karena pada saat ini handphone merupakan barang yang wajib dimiliki oleh para remaja untuk mencari informasi lewat internet, berkomunikasi dengan teman, ataupun eksis di media sosial. Jika seorang remaja tidak memiliki handphone maka ia akan dianggap kuno oleh teman- temannya sehingga hampir semua remaja memiliki handphone.

Handphone diciptakan untuk mempermudah komunikasi dengan orang lain. Tetapi kini handphone digunakan bukan untuk alat komunikasi saja tetapi juga untuk mencari informasi lewat internet, bermain game, mendengarkan musik, menonton film dan lain sebagainya. Saking banyaknya fungsi dari handphone sehingga membuat para remaja kecanduan terhadap handphone sehingga berpengaruh terhadap kehidupannya.

Seperti aku, saat sekolah diadakan belajar mengajar dengan daring karena ada virus covid-19. Aku selalu bermain HP dari pagi hingga malam. Paling berhenti kalau di suruh makan, shalat, ataupun ngerjain tugas. Saat covid-19 sudah mulai hilang aku sudah mulai bisa lepas dari HP, dan mulai belajar dengan sungguh-sungguh. Saat aku sudah masuk SMP, aku sudah bisa memanfaatkan HP sebaik mungkin. Dengan cara belajar menggunakan aplikasi google, atau dengan aplikasi belajar lainnya.

Aku diterima di MTsN 2 Jember, atau biasa dikenal madrasah model literasi. Saat disana aku memanfaatkan HP dengan cara menulis. Awalnya aku tidak suka yang namanya menulis. Tapi aku terus menulis dan mengikuti lomba menulis. Meskipun aku masih belum pernah menang dari awal sampai sekarang. Aku tetap mau ikut lomba setiap bulan walaupun aku belum pernah menang. Dan aku berharap di lomba kali ini aku menang.

Teknologi digital juga dapat bermanfaat terhadap perubahan perilaku manusia termasuk pendidikan dan peserta didik, didalam mencari, mengumpulkan, mendokumentasikan, mengolah dan mentransfer kembali bahan ajar sesuai dengan kebutuhan.

Pendidikan di era globalisasi berarti terintegrasinya pendidikan nasional kedalam pendidikan dunia. Anak-anak harus dibekali kompetensi yang memadai agar anak-anak dapat berkembang di era digital yang sangat kompetitif. Teknologi dalam dunia pendidikan adalah suatu sistem yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tercapai hasil yang diinginkan.

Sebenarnya kita tidak apa-apa melakukan apa saja yang kita mau dengan teknologi, tetapi jika kita tidak menggunakan dengan bijak juga berakibat fatal dan merugikan diri kita sendiri. Jadi kita wajib waspada di era serba digital ini.

Berdasarkan uraian diatas tersebut dapat disimpulkan bahwa HP memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam bidang pendidikan. Terdapat banyak manfaat yang dapat diambil guna membantu pendidik dalam melaksanaan proses kegiatan belajar mengajar dan komunikasi sebagai kontrol anak-anak dirumah maupun kontrol orang tua disekolah.

Jadi gunakanlah teknologi dengan sebaik mungkin, agar tidak ada terjadinya kesalahan terhadap diri kita sendiri ataupun orang lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post