ANITA OKTAVIA RAHMAWATI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Karena Buku, Aku jadi Banyak Tahu

Karena Buku, Aku jadi Banyak Tahu

Buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Sedangkan kita manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan buku sebagai pegangan hidup. Buku mengandung segudang ilmu yang bermanfaat dan berharga untuk masa depan kita semua. Adapun macam-macam buku yaitu buku cerita, novel maupun buku pelajaran dan lain-lain. Di setiap buku pasti terdapat kisah-kisah, keunikan, dan keistimewaannya tersendiri. Contohnya buku pelajaran yang berisi tentang pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi siswa pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai pengajar guru. Untuk dapat mengetahui isi buku, maka kita harus membaca. Aku sangat senang membaca karena dengan membaca kita dapat mengetahui isi buku dan menambah wawasan dan pengetahuan kita. Namun, membaca buku harus sesuai dengan usia kita dan sesuai minat baca kita terhadap jenis buku. Membaca buku juga harus ditempat yang terang agar mata kita dapat mudah atau melihat keseluruhan tulisan. Sedangkan, jika kita membaca buku ditempat yang gelap atau kurang terang, maka kemungkinan akan tidak terbaca sama sekali.

Nama tempat yang terdapat banyak sekali buku-buku ialah “perpustakaan". Perpustakaan adalah sebuah tempat yang sering didatangi orang-orang. Tujuan setiap orang datang ke perpustakaan adalah untuk dapat membaca dan meminjam buku dari perpustakaan tersebut. Di daerah tempat tinggalku tidak terdapat perpustakaan besar seperti yang ada di kota-kota. Hal ini dikarenakan aku lahir di desa. Namun, di desa tempat tinggalku terdapat perpustakaan kecil yang disediakan oleh sekolah baik itu sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), atau sekolah menengah akhir (SMA). Dulu, saat aku masih duduk di bangku SD, aku selalu rajin membaca. Ketika jam olahraga telah usai, aku dan teman-temanku selalu meminta izin kepada guru dan penjaga perpustakaan sekolah kami untuk masuk dan membaca buku di perpustakaan. Buku yang kami baca pun beragam. Ada buku komik, cerita, pelajaran dan lain-lain. Ya, walaupun tidak sebanyak buku-buku yang ada di perpustakaan besar seperti di kota-kota. Tapi, hal itu tidaklah begitu penting bagi kami karena yang terpenting adalah kami dapat membaca buku di perpustakaan dan kami mendapatkan manfaat seperti kami menjadi semakin pintar.

Biasanya di dalam sebuah perpustakaan menyediakan peminjaman buku. Namun, seringkali orang-orang tidak mengembalikan buku yang dipinjam tepat waktu, merusak buku yang dipinjam, sampai ada yang menghilangkan buku yang dipinjam. Teman teman, patut kita ketahui dan kita patuhi bersama tentang peraturan-peraturan yang berlaku saat meminjam buku dari sebuah perpustakaan. Karena buku yang kita pinjam dari sebuah perpustakaan bukanlah milik kita sendiri, melainkan milik perpustakaan. Dibangunnya sebuah perpustakaan adalah untuk memudahkan orang-orang membaca buku-buku yang ingin dibaca, bukan untuk membuat orang-orang kesulitan membaca buku-buku. Alasannya adalah karena salah satu buku ada yang belum dikembalikan, rusak sehingga halamannya tidak dapat dibaca, dan bukunya hilang. Jadi, teman-teman kita harus merawat dan menjaga buku yang kita pinjam dan mengembalikannya tepat waktu. Hal ini dikarenakan masih banyak diluar sana orang yang ingin membaca dan meminjam buku yang kamu pinjam. Jadi, sayangilah buku dan jagalah buku karena buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Tanpa pengetahuan, maka manusia akan hidup dengan kebodohon. Apakah kalian ingin hidup dengan kebodohan? Tentu tidak, ya. Makanya, kita harus rajin-rajin membaca buku agar menjadi orang yang pintar dan kelak bisa membanggakan kedua orang tua, agama, bangsa, dan negara.

Biodata Peserta

Nama lengkap: Anita Oktavia Rahmawati

Tempat/tanggal lahir: Situbondo, 8 Oktober 2008

Sekolah : SMPN 1 Suboh - Situbondo

E-mail : [email protected]

HP/WA : 085843902023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post