Angga Pranata

SMAN 2 Banjar...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kehadiran Teknologi Mendukung Prestasi Gemilang
Bijak Berteknologi, Tingkatkan Prestasi

Kehadiran Teknologi Mendukung Prestasi Gemilang

Pada era digitalisasi perkembangan global yang begitu cepat, kaum milenial pasti tersentuh dengan yang namanya teknologi canggih. Teknologi itu semakin mengakar dan mendunia tentu tidak dapat dimungkiri manusia tidak bisa lepas daripadanya. Teknologi yang beranekaragam menjadikan efek timbal balik dan mempunyai pengaruh krusial terhadap aktivitas di semua kalangan. Kemajuan era digitalisasi ini membawa banyak perubahan signifikan pada berbagai aspek kehidupan. Sebagian besar kaum milenial berasumsi bahwa teknologi memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga segala bentuk aktivitas menjadi lebih efisien dan cepat. Generasi milenial khususnya, teknologi sudah dianggap sebagai saudara dekat atau sahabat yang setiap saat diperlukan, bahkan menjadi gaya hidup.

Dengan kehadiran teknologi digital dalam proses kehidupan di masyarakat semestinya disertai dengan peningkatan pemahaman literasi digital, terutama bagi kaum milenial. Mengapa demikian? Karena penggunaan teknologi harus disertai panduan bijak. Panduan itulah yang harus senantiasa dipegang oleh setiap individu, terlebih pada era saat ini, yaitu banyak isu, berita, dan informasi lain yang belum jelas kebenarannya yang biasanya orang-orang mudah terpengaruh informasi yang belum jelas kebenarannya itu. Oleh karena itu, diperlukan sikap kehati-hatian generasi milenial menyikapi kondisi demikian. Kaum milenial juga mengharapkan teknologi yang aman dan mutakhir di tengah-tengah perkembangan global yang dinamis.

Sikap bijak menghadapi teknologi masih terbilang kurang dan hanya sebagian orang yang sadar akan sikap tersebut. Padahal, kondisi itulah yang menjadi tolak ukur sejauh mana teknologi membawa pengaruh yang baik dan maslahat bagi kehidupan. Pemanfaatkan teknologi digital bagi kaum milenial bisa teramati pada dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi mutakhir, seperti komputer dan smartphone dapat membantu dalam mengakses informasi mengenai sumber ilmu pengetahuan. Selain itu, ada pula ajang kompetisi yang diselenggarakan secara online dan tentu pastinya memanfaatkan fasilitas yang ada dalam sebuah teknologi. Dengan begitu, idealnya harus diimbangi dengan rasa kesadaran yang positif dalam penggunaannya karena teknologi tersebut sangat luar biasa berpengaruh bagi dunia pendidikan itu sendiri. Harapannya, kehadiran teknologi mampu menciptakan dan mendukung taraf prestasi gemilang.

Keefektifan kegiatan belajar dan mengajar tentu bergantung pada pemilihan maupun penggunaan metode pembelajaran. Di Indonesia, penggunaan teknologi digital pada dunia pendidikan sebagai salah satu wujud metode pembelajaran modern. Media-media pembelajaran yang dapat diakses melalui jaringan internet menjadi modal paham berteknologi. Hal ini membuat peran kecanggihan teknologi dalam pembelajaran sangat penting dikembangkan dengan sistem yang berkesinambungan. Selain itu, menuntut agar siswa aktif dan mandiri, sehingga keseimbangan metode pembelajaran perlu diterapkan. Proses pembelajaran modern dengan akses internet memiliki beragam manfaat, yaitu salah satunya untuk menambah motivasi siswa terkait alur pembelajaran, menampilkan dan memaparkan media belajar yang beragam dalam bentuk visual sedemikian rupa, dan suatu bentuk sistem pembelajaran yang mengarah kepada pola kreatif, inovatif dan interaktif.

Dalam konteks tersebut, media-media pembelajaran dapat mendukung semangat prestasi siswa untuk menjadi lebih baik kedepannya dengan hasil yang memuaskan. Selain itu, teknologi juga mempermudah akses komunikasi jarak jauh, misalnya pada saat terjadi pandemi Covid-19 kemarin. Pada saat itu terasa bahwa teknologi mengalami perkembangan secara terus-menerus dan sangat urgen. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan secara daring atau online mempermudah siswa untuk tetap menerima hak-haknya selama masa pandemi berlangsung. Selain itu, sumber belajar dapat juga diakses melalui e-book, e-journal, e-module, situs atau platform edukasi, dan semacamnya. Maka dari itu, perkembangan teknologi tersebut dapat memudahkan kegiatan belajar dan mengajar serta siswa dapat merasakan langsung kehadiran teknologi hebat pada dunia pendidikan.

Kemudian, bagaimana orang bijak menggunakan teknologi? Bijak dalam konteks ini diartikan sebagai sikap atau perilaku yang harus diterapkan dalam memanfaatkan suatu teknologi tertentu. Pada dasarnya, teknologi memberikan banyak manfaat dalam aspek apapun, termasuk dunia pendidikan. Di sisi lain, tidak sedikit terjadi kasus kejahatan timbul akibat penyalahgunaan teknologi. Dikarenakan teknologi sendiri memiliki dua sisi pengaruh yang tidak bisa dihindari, yaitu positif dan negatif pada keberlangsungan kehidupan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penggunaan dan pemanfaatan teknologi yang bijak. Bijak berteknologi dapat dilakukan dengan membuat mindset terlebih dahulu mengenai pemanfaatan teknologi, misalnya hanya untuk hal-hal positif, lalu menyadari bahwa teknologi juga harus disertai aturan dan batasan dalam penggunaanya. Para guru juga perlu terus mengingatkan siswa agar lebih hati-hati dalam pemanfaatan teknologi.

Perkembangan ilmu pengetahuan maupun teknologi yang sangat dinamis ini memiliki ragam pengaruh positif dan kemaslahatan terhadap cita-cita generasi penerus di era milenium. Hal tersebut bisa dijadikan pendukung keberhasilan dalam meraih prestasi belajar secara lebih optimal. Dampak positif tersebut antara lain mempermudah mencari sumber pengetahuan, memudahkan memahami segala bentuk materi pembelajaran, menjelaskan materi yang sifatnya abstrak, materi yang dipaparkan dapat di review di suatu saat, lalu menyimpannya secara digital, serta kegiatan belajar dan mengajar akan lebih kondusif, karena biasanya siswa akan lebih antusias menggunakan media pembelajaran yang sifatnya modern.

Melalui pemanfaatan teknologi yang bijak menjadikan kaum milenial mampu berkontribusi dan berkolaborasi dalam mewujudkan dan mengembangkan teknologi global yang mutakhir dengan disertai karakter unggul dan berbudi pekerti luhur. Oleh karena itu, baik secara langsung maupun tidak langsung, kecanggihan teknologi senantiasa hadir untuk terus ikut meningkatkan taraf prestasi dan cita-cita dalam meraih peradaban yang lebih maju di mata dunia serta mampu bersaing di kancah internasional. Yuk bijak berteknologi!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post