Angela Dian Petronella Ponianto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tingkatkan Diri di Tahun Ajaran Baru

Tingkatkan Diri di Tahun Ajaran Baru

Tingkatkan Diri di Tahun Ajaran Baru

Tahun ajaran baru, kelas baru, dan juga mungkin sekolah dan teman baru bagi mereka yang melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Di tahun ajaran baru ini pasti ada banyak hal baru yang menanti kita. Setelah perjuangan kita selama satu tahun di tahun ajaran sebelumnya akhirnya sekarang kita dapat menyelesaikannya dengan baik dan sampai di tahun ajaran yang baru ini. Mungkin beberapa dari kita ada yang merasakan penyesalan dari tahun ajaran sebelumnya, entah merasa kurang maksimal dalam belajar, tujuan dalam pembelajaran tidak tercapai, atau penyesalan akan kesalahan atau masalah yang dibuat di tahun ajaran sebelumnya. Lalu di tahun ajaran baru ini apa yang harus kita lakukan? Tetap lurus tanpa membuat perubahan? Atau meningkatkan diri lagi menjadi lebih baik?

Kita jelas tidak bisa mengubah kembali bubur menjadi nasi, begitu juga dengan apa yang telah terjadi di masa lalu tidak bisa kita ulangi lagi. Apa yang telah terjadi di tahun ajaran sebelumnya janganlah kita sesali berlarut-larut, tapi jangan juga kita lupakan begitu saja. Apapun yang terjadi di tahun ajaran yang sebelumnya, baik senang ataupun penyesalan, harus kita jadikan sebagai pelajaran untuk di tahun ajaran yang baru ini. “Di tahun ajaran ini aku harus bisa lebih baik dari yang sebelumnya.” Pikiran seperti itulah yang harus kita tanamkan dan ingat dalam diri kita.

Lalu apa yang bisa kita lakukan di tahun ajaran yang baru ini? Apa yang mau kita lakukan semuanya tergantung diri kita sendiri. Apa yang ingin kita capai, apa yang ingin diraih, dan apa yang ingin diperbaiki, kita harus bertanya pada diri kita sendiri mengenai hal-hal itu. Saat kita sudah mendapat jawaban dari pertanyaan tersebut barulah kita bisa merencanakan apa yang ingin kita lakukan nantinya, bisa dengan membuat to do list. Misalnya kita merasa bahwa di tahun ajaran sebelumnya nilai yang telah diraih masih kurang memuaskan, masih terlalu banyak bersantai sehingga pelajaran dan tugas terbengkalai atau menjadi kurang maksimal dalam pelajarannya, maka untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik di tahun ajaran yang baru ini kita bisa mencatat tujuan-tujuan kita, membuat jadwal belajar dan kegiatan sehari-hari, dan berusaha sebisa mungkin untuk bisa mengikuti dan melaksanakan jadwal yang telah kita buat.

Jika kita sudah tau kesalahan dan kekurangan kita selama di tahun ajaran sebelumnya, janganlah kita kembali mengulangi kesalahan itu dan tidak ada perubahan sama sekali di tahun ajaran yang baru ini. Tahun ajaran baru tidak hanya sekedar memasuki jenjang baru, tetapi kita juga harus memperbaharui belajar kita. Marilah kita sebagai generasi penerus berprestasi hendaknya dapat mengevaluasi diri dan terus mengembangkan diri seiring ajaran baru tiap tahunnya.

Biodata Siswa :

Angela Dian Petronella Ponianto. Lahir di Bogor, 8 April 2009. Saat ini bersekolah di SMP KELUARGA KUSUMA MARSUDIRINI, Provinsi DKI Jakarta, Kota Jakarta Utara. Alamat E-Mail [email protected]. Nomor WA atau nomor telepon 081388724850.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post