Angela Dian Petronella Ponianto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pempek Khas Palembang

Pempek Khas Palembang

Pempek Khas Palembang

Oleh : Angela Dian Petronella Ponianto

Indonesia terkenal dengan berbagai keragamannya, salah satu diantaranya adalah kuliner. Indonesia memiliki berbagai kuliner dari berbagai daerah. Kuliner termasuk salah satu ciri khas dari daerah asalnya. Ada berbagai macam kuliner, seperti batagor, gado-gado, pempek, kerak telor, asinan, sate padang, dan masih banyak lagi kuliner lainnya. Kalian pasti memiliki kuliner yang kalian sukai kan? Kuliner apa saja yang kalian sukai? Kalau saya sangat menyukai pempek, bagi saya pempek itu sangat enak dan rasanya mantap.

Kuliner Indonesia memiliki berbagai macam bentuk dan juga rasa, terkadang ada yang rasanya pedas, manis, gurih, ataupun asam, rasa dan kuliner apa yang kita sukai semuanya sesuai dengan selera kita masing-masing, karena selera setiap orang berbeda-beda.

Dari sekian banyak kuliner yang ada, yang menjadi favorit saya adalah pempek. Kalian pasti tau kan pempek berasal dari daerah mana? Kuliner ini sangat dikenal loh, mungkin salah satu dari kalian juga sangat menyukai makanan ini. Kuliner satu ini menjadi ciri khas Kota Palembang. Tetapi saat ini sudah banyak kota ataupun daerah lainnya menjual pempek. Rasa gurih ikan yang telah diolah dicampur dengan kuah cuko yang asam manis pempek telah menjadi kuliner yang disukai banyak orang karena rasanya yang cocok di lidah banyak orang.

Pempek memiliki banyak jenis, diantaranya pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek keriting, pempek pistel, pempek adaan, pempek tahu, pempek kulit, pempek tunu, dan pempek lenggang. Dari kesembilan jenis pempek yang pernah saya rasakan yaitu pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek keriting, pempek kulit dan pempek adaan, tetapi yang paling saya sukai adalah pempek kapal selam.

Setiap jenis pempek memiliki keunikannya masing-masing, misalnya pempek favorit saya yaitu kapal selam, saya menyukai pempek ini karena memiliki keunikan yaitu terdapat telur di dalam pempek nya. Selain pempek kapal selam adapula pempek lenjer yang memiliki bentuk memanjang sehingga disebut sebagai pempek lenjer. Pempek adaan memiliki bentuk yang bulat, seperti bentuk sebuah bakso. Pempek keriting memiliki bentuk yang sama seperti pempek adaan, tetapi memiliki permukaan/kulit yang keriting seperti bola mi. Pempek pistel atau kates yang berarti papaya menggambarkan isian pempek yang berupa tumis daun oepaya muda dan ebi masak santan. Pempek tahu merupakan perpaduan pempek dengan tahu, namun bukan sebagai isian, tahu digunakan sebagai pembungkus pempek ini. Jika biasanya pempek dibuat menggunakan daging ikan, maka pempek kulit ini memiliki keunikan yaitu dibuat dengan adonan pempek ditambahkan dengan kulit ikan yang sudah dihancurkan, walau dibuat dengan campuran kulit ikan yang telah dihancurkan, rasa pempek ini senikmat pempek dengan bahan dasar daging ikan. Yang berikutnya ada pempek tunu, jika biasa pempek direbus lalu digoreng, maka untuk pempek yang satu ini dipanggang setelah adonan dibentuk bulat dan setelah matang dibelah untuk diberi isi ebi, kecap manis, dan cabai rawit tumbuk. Pempek yang terakhir adalah pempek lenggang, pempek ini sangat unik karena adonan dasar pempek dicampur dengan telur bebek dan diletakkan di atas daun pisang berbentuk kotak kemudian dibakar.

Jadi bagaimana nih? Apakah kalian tertarik untuk mencoba berbagai jenis pempek? Pasti tertarik kan, ayo kita rasakan kuliner khas Palembang yang satu ini. Karena kuliner Indonesia juga merupakaan kekayaan Indonesia.

Biodata Siswa :

Nama saya Angela Dian Petronella Ponianto. Saya lahir di Bogor, 8 April 2009. Saat ini saya bersekolah di SMP KELUARGA KUSUMA MARSUDIRINI. Alamat E-Mail saya [email protected]. Nomor WA atau nomor telepon yaitu 081388724850.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post