Andini Pratiwi S.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tekadku (Nekatku) Atas Dasar Tujuan

Tekadku (Nekatku) Atas Dasar Tujuan

Keputusan merupakan hasil akhir dalam mempertimbangkan sesuatu yang akan dilaksanakan. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final Keputusan dibuat untuk mencapai tujuan melalui pelaksanaan atau tindakan. Kata “keputusan” berarti menentukan, mengakhiri, menyelesaikan, mengatasi. Keputusan adalah pengakhiran daripada proses pemikiran tentang apa yang dianggap sebagai “masalah” sebagai sesuatu yang merupakan penyimpangan daripada yang dikehendaki, direncanakan atau dituju dengan menjatuhkan pilihan pada salah satu alternatif pemecahannya begitu pula dengan pengambilan keputusan dengan cara nekat. Seperti yang kita tahu, nekat adalah keras dengan kemauan yang kuat. Tapi sebenarnya nekat itu juga merupakan hal positif yang dengan atau tanpa persiapan. Salah satu caranya yaitu menggunakan strategi dan taktik Rasional.

Pada pengambilan keputusan yang berdasarkan rasio, keputusan yang dihasilkan bersifat objektif, logis, lebih transparan dan konsisten untuk memaksimumkan hasil atau nilai dalam batas kendala tertentu, sehingga dapat dikatakan mendekati kebenaran atau sesuai dengan apa yang diinginkan. Pengambilan keputusan secara rasional ini berlaku sepenuhnya dalam keadaan yang ideal. Pada pengambilan keputusan secara rasional terdapat beberapa hal sebagai berikut:

1) Kejelasan masalah: tidak ada keraguan dan kekaburan masalah.

2) Orientasi tujuan: kesatuan pengertian tujuan yang ingin dicapai.

3) Pengetahuan alternatif: seluruh alternatif diketahui jenisnya dan konsekuensinya.

4) Preferensi yang jelas: alternatif bisa diurutkan sesuai kriteria.

5) Hasil maksimal: pemilihan alternatif terbaik berdasarkan atas hasil ekonomis yang maksimal.

Tapi di sini kita menjadikan nekat sebagai tekad. Di mana tekad, yang dikenal juga dengan istilah disiplin diri, pengendalian diri, atau ketetapan hati adalah kemampuan untuk mengendalikan perilaku, emosi, dan perhatian. Tekad membutuhkan kemampuan menahan keinginan dan menunda kesenangan sesaat agar bisa mencapai tujuan, kemampuan mengendalikan pikiran, perasaan, atau keinginan yang tidak baik, dan kemampuan mengatur diri sendiri. Anda bisa memiliki tekad dan mencapai tujuan dengan terus berusaha menjalani hidup tanpa kesenangan sesaat demi meraih kesenangan yang lebih besar di kemudian hari. Sama halnya seperti melatih otot yang membutuhkan waktu, cara ini akan meningkatkan kemampuan Anda mengendalikan keinginan. Caranya adalah sebagai berikut.

1. MENJADIKAN PERUBAHAN PERILAKU SEBAGAI TUJUAN

1) Kenali kebiasaan Anda.

2) Buatlah skala tekad. Buatlah skala dengan angka 1 sampai 10. Angka 1 berarti Anda sangat suka memanjakan diri dengan hal-hal yang ingin Anda hindari. Angka 10 berarti Anda bisa menahan diri dengan mematuhi aturan yang Anda buat untuk diri sendiri.

3) Tentukan rencana jangka panjang untuk melakukan perubahan.

4) Tentukan tujuan jangka pendek sebagai pos pemandu.

5) Tentukan rencana cadangan.

2. MENUNDA KESENANGAN

1) Ingatlah tujuan akhir yang ingin Anda capai. Cara terbaik untuk “berlatih”.

2) Hilangkan kebiasaan menikmati kesenangan instan.

3) Berikan hadiah kecil untuk diri sendiri karena mencapai kemajuan.

4) Gunakan pola pikir “jika-maka”.

3. MEMANTAU KEMAJUAN TEKAD

1) Buatlah jurnal tentang tekad Anda. Catatlah usaha yang sudah Anda lakukan untuk mengendalikan keinginan impulsif termasuk yang berhasil dan tidak berhasil dalam meningkatkan tekad Anda. Berusahalah mencatatnya secara mendetail agar Anda bisa melakukan evaluasi di kemudian hari.

2) Berikan komentar tentang faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan. Selain menjelaskan secara mendetail tentang keinginan apa saja yang berhasil Anda pertahankan atau perilaku impulsif apa yang akhirnya Anda lakukan, berikan komentar juga tentang apa yang Anda pikirkan.

3) Kenali pola perilaku Anda. Setelah membuat beberapa catatan dalam jurnal, mulailah membaca lagi semua catatan Anda dan cobalah mencari pola dari perilaku Anda. Ada beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan kepada diri sendiri.

4) Cobalah membuat presentasi visual dari kemajuan Anda.

Saya Andini Pratiwi dan lahir di Makassar tanggal 20 Agustus 2004. Sekarang usia 17 tahun, duduk di bangku SMA Kelas 12 di SMAS SEMEN TONASA. Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Alamat e-mail yaitu [email protected] dan nomor WA aktif +62 82293165215.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post