Andini Pratiwi S.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Lingkungan Bersih Tugas Kita

Lingkungan Bersih Tugas Kita

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia atau makhluk hidup lainnya dan memiliki hungungan timbal balik satu sama lain. Lingkungan itu merupakan hal yang sangat fundamental dalam aktivitas makhluk hidup. Lingkungan dapat menjadi habitat yang menyediakan ruang, makanan, air, dan perlindungan bagi makhluk hidup di dalamnya. Oleh karena itu, tugas kita sebagai makhluk hidup yang menjaga dan melestarikan lingkungan dengan baik dan penuh cinta. Menurut filosofi Islami yang mengatakan bahwa “Kebersihan adalah sebagian dari Iman”. Salah satu kalimat ungkapan yang seharusnya mampu menyadarkan kita betapa pentingnya lingkungan yang bersih.

Data yang diperoleh dari riset Kementrian Kesehatan diketahui hanya 20 persen dari total masyarakat Indonesia yang peduli terhadap kebersihan dan kesehatan, dari 262 juta jiwa di Indonesia, hanya sekitar 52 juta orang yang memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar dan dampaknya terhadap kesehatan. Kesadaran masyarakat Indonesia yang masih rendah terhadap kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan. Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare adalah dua penyakit utama yang disebabkan oleh lingkungan hidup yang kurang bersih. Bukan kah hal tersebut akan menjadi fatal jika dibiarkan saat ini hingga kedepannya ? Kemungkinan bukan hanya 2 jenis penyakit saja yang timbul dari lingkungan hidup yang kurang bersih, melainkan melebihi dari perkiraan.

Tugas kita adalah menjaga, melestarikan, dan mengurangi dampak buruk tersebut. Menjaga kebersihan lingkungan sebenarnya hal yang sangat mudah, tapi terkadang penerapannya saja yang sangat malas diterapkan. Makanya hal ini harus dijadikan salah satu prioritas hidup dan aktivitas sehari-hari agar jika dilakukan bukan lagi secara terpaksa melainkan sebuah tugas yang wajib terlaksana. Teknik penerapannya pun harus konsisten agar diri kita menjadi terbiasa dan nyaman. Apabila sejak dini sudah diajarkan, dengan yakin saya mengatakan bahwa mereka sangat mencintai lingkungan hidup yang bersih. Karena lingkungan yang bersih membuat hati dan pikiran damai, bahkan jasmani dan rohani kita menjadi sehat.

Hal yang bisa kita mulai adalah berawal dari membuang sampah pada tempatnya. Akan lebih baik jika kita membuangnya dengan membedakan sampah basah dengan sampah kering, dan sampah organik dengan sampah non organik. Hal ini jika diterapkan terus-menerus akan menjadi kebiasaan yang bahkan bisa saja dilakukan tanpa sadar. Di sini saya kembali tegaskan bahwa menjaga lingkungan bersih itu tergantung pribadi diri sendiri. Bukan berdasarkan umur, jenis kelamin, atau hal spesifik lainnya. Semua itu tidak ada kaitannya. Jika diri sendiri saja menolak menjaga lingkungan, pastinya tidak ada kebiasaan dan malah akan menjadikan lingkungannya sebagai sumber penyakit. Karena lingkungan bersih dan asri adalah hasil dari kerja keras orang-orang yang menjaga kelestarian alam dan kebersihan lingkungan sekitar.

Selain tugas masyarakat, upaya menjaga dan melestarikan lingkungan harus diperkuat oleh kebijakan-kebijakan pemerintah. Hukum harus tegas dan tidak pilih kasih. Kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat akan terasa hambar jika pemerintah tidak mendukungnya. Berbagai upaya masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan akan terasa sia-sia dan tidak ada gunanya. Pemerintah harus berkerjasama dengan masyarakat, komunitas, dan organisasi terkait dalam menghadapi, mengantisipasi, dan memperbaiki lingkungan. Apabila terjadi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia artinya tugas pemerintah yang perlu bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menangkap dan menghakimi para pelaku perusak lingkungan dan hukum harus ditegakkan seadil-adilnya. Mari kita menjadi salah satu dari sekian banyak manusia di dunia ini yang cinta lingkungan, bukan sebagai perusak lingkungan. PASBI, PASBI, PASTI BISA!!.

Tentang Penulis

Andini Pratiwi

Lahir di Makassar tanggal 20 Agustus 2004. Sekarang usia 16 tahun dan duduk di bangku SMA kelas XI di SMAS SEMEN TONASA. Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Alamat e-mail [email protected] dan nomor WA 082293165215

Sekian dan Terima Kasih

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post