Andi Ariqa Fathinah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bangun Budaya Baca, Hasilkan Ragam Karya

Bangun Budaya Baca, Hasilkan Ragam Karya

Bangun Budaya Baca, Hasilkan Ragam Karya

Oleh Andi Ariqa Fathani

(Siswa Kelas X SMAS Semen Tonasa Pangkep)

Membaca dapat memperluas wawasan, mempertajam gagasan dan meningkatkan kreativitas. Maka tidak heran seseorang yang gemar membaca dengan keluwesan wawasannya tentu akan sangat jelas cara penyampaian, tajam gagasan dan kreatif dalam menggemas kata, baik pada saat menyampaikan maupun menyajikan dalam karya tulis.

Sedangkan menulis adalah buah dari pikiran yang merupakan kesimpulan dari berbagai macam gagasan yang dipetik dari beragam bacaan. Ketika seseorang banyak membaca, maka sudah tentu ia akan dapat menuliskan sebuah ilmu yang diperolehnya dari bahan bacaan itu dengan gaya bahasanya sendiri.

Semakin banyak hasil karya tulis, maka disitulah ilmu pengetahuan berkembang. Ketika ilmu pengetahuan berkembang, maka secara perlahan peradaban akan maju. Salah satu budaya yang bisa kita bangun adalah budaya membaca.

Literasi bukan hanya membaca, memahami dan mengetahui saja, tetapi sampai menghasilkan sebuah karya. Di sinilah kreativitas generasi muda dibangkitkan, bisa berupa sebuah karya tulis atau karya lainnya.

Generasi muda dianggap sebagai pencipta dan konsumen budaya literasi. Sebelum menciptakan sebuah karya itu harus menjadi konsumen pengetahuan, dengan cara memulai gemar membaca atau berliterasi mengenai hal yang akan dijadikan sebuah karya.

Dalam membaca, seorang akan menemukan bermacam kata baru yang mungkin belum ia baca dan ia ketahui, sehingga dengan adanya dorongan membaca, seorang akan mendapatkan kata-kata baru. Itulah sebabnya, seseorang yang terampil dalam menulis adalah seseorang yang juga terampil dalam membaca karena hasil bacaannya itulah ia mampu menghasilkan sebuah karya baru dengan wawasan yang dimilikinya.

Menulis dan membaca terdapat hubungan yang sangat erat. Seseorang mampu menulis dengan baik karena adanya pengetahuan yang di dapat dari membaca. Proses membaca merupakan awal dari seseorang mengekspresikan dirinya melalui tulisannya.

Dari membaca, kecerdasan dari seseorang tentunya dapat meningkat karena setiap apa yang di bacanya pasti akan menampilkan logika dalam berpikir yang berbeda-beda titik dalam berpikir ini otak akan ikut berimajinasi. Imanisasi inilah yang dituangkan pembaca dalam bentuk tulisan. Kebiasaan membaca sangat penting untuk selalu dikembangkan pada setiap orang untuk mendapatkan hasil karya tulis yang baik dan memuaskan.

Profil Penulis:

Andi Ariqa Fathani lahir di. Maros,07-04-2008 Sekarang sedang berada di kelas X.B SMA Semen Tonasa Pangkep. Saya sekarang aktif di ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan memiliki hobi menulis,membaca, dan meneliti. Kontak dengan penulis bisa melalui WA: 089517154654 email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post