Amelia Anggun Romadhona

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengalaman dengan Buku dan Perpustakaan

Pengalaman dengan Buku dan Perpustakaan

TEMA: ‘KAMI, BUKU, DAN PERPUSTAKAAN.’

OLEH: AMELIA ANGGUN R.

PENGALAMAN DENGAN BUKU DAN PERPUSTAKAAN.

Perpustakaan, perpustakaan adalah tempat yang identik dengan buku. Perpustakaan juga merupakan tempat tinggal bagi buku. Terdapat berbagai macam jenis buku di sana, mulai dari buku cerita, majalah, novel, sastra, karya ilmiah, biografi, sampai buku pelajaran dan yang lainnya. Dan buku sendiri adalah tempat di mana kita menambah ilmu atau wawasan. Tapi, sekarang banyak orang yang tidak mau membaca buku, mereka malas hanya untuk membuka lembaran kertas. Padahal, hanya dengan duduk kita dapat mengetahui hal-hal di mancanegara atau dunia. Seperti kata pepatah ‘Buku adalah Jendela Dunia’.

Sekarang jamannya menggunakan cara instan, lebih praktis, mudah, dan cepat. Tapi tidak semua instan itu baik.

Sedikit pengalamanku, dulu aku pun pernah seperti itu. Malas membuka buku, jika ada yang lebih mudah kenapa pilih yang susah. Tapi semua itu dulu, ketika temanku belum memperkenalkanku asyiknya membaca buku.

Waktu itu disekolah, temanku mengajakku ke perpustakaan. Setelah sampai, kami mengisi daftar pengunjung yang telah disiapkan.

Setiap sudut ruangan itu hanya ada buku serta poster didinding dengan tulisan motivasi didalam-Nya. Sungguh, aku begitu takjub, tata letak buku yang tersusun rapi sesuai jenisnya, meja-meja untuk membaca juga sangat tersusun, dan juga bersih. Satu lagi yang ada di tempat ini, yaitu tidak adanya suara berisik.

Setelah mengisi daftar pengunjung, kami mulai berjalan dari satu rak ke rak lainnya. Aku mengambil sebuah buku novel yang menarik perhatianku. Setelah membacanya aku menemukan sebuah kata atau istilah asing, aku pun mencari tahu makna dari kata tersebut. Dan itu menjadi ilmu yang aku dapat.

Sejak saat itu, aku mulai suka membaca, mulai suka dengan tempat yang disebut perpustakaan. Setiap hari kami mengunjungi tempat ini, ya.. setiap hari saat jam istirahat. Terkadang jika belum habis membaca, kami akan meminjam buku tersebut dengan tempo hari yang telah ditentukan. Kadang kala kami menggunakan perpustakaan untuk berdiskusi, dengan tetap tidak mengganggu pengunjung lain.

Seusai membaca sebuah buku, kami akan membagi satu sama lain. Isi dari buku yang dibaca, maknanya, hikmah yang diambil, itu semua akan kami bagi. Dengan begitu akan semakin cepat bertambahnya ilmu pengetahuan kami.

Terkadang, kami sedih ketika melihat ada buku yang tidak dihargai. Seperti sudah robek, terlipat-lipat, dan lainnya. Bayangkan, jika tidak ada buku, maka akan seperti apa dunia ini? Ibarat ruangan tanpa jendela.

Banyak kenangan yang kami lalui bersama buku dan perpustakaan. Jika aku dapat memutar waktu, aku ingin kembali ke masa-masa di mana kami bersama saat membaca buku di perpustakaan. Bisakah?

Ya tentu bisa, memang kita tidak akan bisa kembali ke masa lalu, tetapi, kita bisa mengulanginya. Perpustakaan tidak hanya ada disekolah, di rumah pun kita dapat membangun sebuah perpustakaan. Meski tidak sebesar perpustakaan disekolah, yang terpenting ialah adanya buku dan teman.

BIONARASI:

Assalamu'alaikum.. haii, perkenalkan nama saya Amelia Anggun Romadhona, bisa dipanggil Mel atau Nggun^^. Saya lahir di Surabaya, 12 Oktober. Dan sekarang saya sudah menduduki bangku SMA, di SMA Negeri 8 Surabaya. Jika ingin berteman, bisa menghubungi saya lewat [email protected] atau 082335154267. Semoga cerita saya bermanfaat dan menginspirasi^^..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post