Alya Rizkyna Safira

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pergaulan Bebas, Pembawa Petaka Dikehidupan Para Remaja

Pergaulan Bebas, Pembawa Petaka Dikehidupan Para Remaja

Halo semuanya. Sebelum memulai tulisan ini, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Perkenalkan nama saya Alya Rizkyna Safira. Saya adalah siswi SMP Negeri 5 Pamekasan yang saat ini duduk dibangku kelas 8. Tema tulisan pada periode bulan ini adalah “STOP PERGAULAN BEBAS! Fokus Berkarya untuk Masa Depan yang Cerah”. Jadi, saya akan menuliskan pengertian, penyebab, contoh tindakan, akibat yang ditimbulkan, dan cara menangani pergaulan bebas agar tidak semakin merajalela dengan rinci.

Sebelumnya, apakah kalian sudah tahu arti dari pergaulan bebas ?. Jika belum tahu, pergaulan bebas adalah tindakan berlebihan yang banyak dilakukan oleh para remaja dan melanggar aturan ataupun norma yang telah berlaku. Pergaulan bebas sering dikaitkan dengan pertemanan yang menyimpang dan mengarah ke hal negatif. Saat ini, banyak remaja yang telah melakukan pergaulan bebas, dan itu sangat berdampak bagi kehidupan mereka kedepannya.

Di zaman milenial ini, pergaulan bebas sudah banyak ditemui dan tak asing lagi. Faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas yaitu karena kurangnya pengawasan dan kasih sayang orang tua. Sehingga sang anak serta merta merasa mendapat kebebasan untuk melakukan hal apapun karena tidak ada yang melarangnya. Mereka tidak memikirkan konsekuensi dari perilaku yang dilakukan, dapat membuat nama baik keluarga, sekolah, dan masyarakat menjadi buruk dimata banyak orang. Tidak hanya itu, orang tua harus menanggung malu akibat tindakan sang anak yang membuat keonaran. Banyak dari orang tua mereka harus menutup telinga agar tidak mendengar cacian, makian, dan gunjingan akibat berita yang tersebar di lingkungan masyarakat.

Pergaulan bebas adalah tindakan buruk yang sangat merugikan. Pergaulan bebas sangat berdampak bagi kehidupan khususnya para remaja. Aksi tawuran antar kelompok pelajar sudah sering terjadi. Tindakan yang mereka lakukan sangat membahayakan dan tak sedikit sampai memakan korban jiwa. Hanya karena masalah sepele yang dibesar-besarkan ataupun akibat adu domba dan perasaan iri dengki, membuat nyawa seseorang melayang. Tawuran hanya akan membuat tali persaudaraan terputus. Tindakan nekat sang anak yang mengikuti aksi tawuran membuat orang tua mereka harus menanggung malu. Orang tua yang tidak peduli terhadap pergaulan sang anak, berarti gagal dalam mendidik dan membesarkan mereka.

Berkembangnya zaman dan teknologi membuat pergaulan bebas semakin merajalela. Teknologi yang semakin canggih, membuat para remaja menggunakan benda tersebut untuk melakukan hal aneh. Tidak jarang mereka menggunakan handphone untuk bermain game online bersama teman. Saya tahu, hal itu dapat mempererat tali pertemanan dan persaudaraan. Tapi, di sisi lain memberikan dampak negatif bagi para remaja, bermain game online juga ada yang menjerumuskan mereka ke dalam dunia perjudian. Perjudian game online dengan imbalan atau iming-imingan uang atau benda lainnya, akan membuat anak-anak ataupun para remaja tertarik untuk mengikutinya. Jadi, orang tua harus berhati-hati dan jangan lalai dalam mengawasi sang anak saat bermain game online, agar perjudian atau hal lainnya tidak terjadi.

Selain bermain game online akan berdampak buruk bagi para remaja, sebuah tontonan yang dilihat dan didengar oleh anak-anak akan sangat berpengaruh bagi mereka. Tontonan yang tidak sesuai dengan umur mereka membuat otak mereka rusak. Mereka akan memiliki pemikiran yang lebih dewasa, berbanding terbalik dengan usianya. Pengawasan orang tua sangat dibutuhkan, agar anak tidak terjerumus ke dalam hal negatif yang dapat merusak pemikiran mereka.

Sekolah adalah tempat untuk menuntut dan mencari ilmu. Tetapi di zaman sekarang, sekolah adalah tempat untuk mencari pasangan (berpacaran). Pacaran adalah tindakan maksiat dan haram bagi siapapun yang melakukannya akan mendapatkan dosa. Pacaran itu zina, dan tidak boleh dilakukan. Tetapi di zaman sekarang pacaran adalah hal yang sering ditemui. Mereka mengganggap bahwa pacaran adalah hal yang lumrah untuk dilakukan. Padahal dengan pacaran kita dapat terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Mereka telah menentang suatu hal yang dilarang oleh Allah Swt. Dalam firman Allah Swt. pada Q.S. Al-Isra: 32 yang artinya, ''Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk."

Teman yang baik dan mampu menasihati kita saat melakukan kesalahan itu sulit dicari. Berbanding terbalik dengan saat ini. Pergaulan bebas menyebabkan pikiran kita ternodai akibat perkataan ataupun perilaku yang dilakukan teman. Akibat dari perkataan yang terlontar ataupun perilaku dari remaja yang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas berakibat sangat fatal. Perilaku buruk tersebut membuat seorang remaja lugu yang dahulunya hanyalah anak rumahan, tidak pernah merokok, meminum minuman beralkohol sampai mabuk, balapan liar, ataupun tawuran tertarik untuk mencoba melakukannya. Dia meniru aktivitas membahayakan diri karena pemikirannya sudah ternodai oleh pemuda yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Jadi, pintar lah dalam memilih teman. Pilihlah teman yang bisa membimbing ke jalan yang benar melalui sesuatu yang positif. Jika sebaliknya hanya akan menjerumuskan ke dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas menyebabkan banyak remaja harus rela kehilangan masa depan mereka. Prestasi belajar yang pernah diraih, seketika menurun dengan drastis. Akibat dari rasa malas untuk belajar, membuat mereka sulit untuk menggapai cita-cita yang diinginkan. Pergaulan bebas mengarahkan mereka untuk melakukan hal negatif yang tidak bermanfaat sehingga akan berdampak buruk bagi sekitarnya. Cara untuk menangani pergaulan bebas tersebut tidaklah mudah, peran orang tua dan guru dalam mendidik para remaja di zaman sekarang sangatlah penting. Lingkungan tempat mereka tumbuh dan bersosialisasi juga perlu diperhatikan. Orang tua juga perlu memperhatikan siapa saja teman anaknya untuk mewaspadai hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya itu, orang tua juga perlu memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak. Hal itu sangat penting untuk dilakukan agar pertumbuhan anak sesuai dengan usia dan tidak melewati batas wajarnya. Teman yang baik ataupun buruk juga akan menentukan pergaulan untuk kedepannya. Mendekatkan diri kepada Allah Swt. agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas dan terlindungi dari segala marabahaya yang mengancam.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah, saat ini kita harus berhati-hati dalam memilih teman agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Mencari seorang teman yang selalu memberikan semangat motivasi dan menasihati kita saat melakukan kesalahan, tidak semudah yang terlihat. Baik ataupun buruknya sifat seorang teman akan menentukan pergaulan kita kedepannya. Jangan mengikuti teman yang melakukan hal berbahaya. Jagalah tubuh dengan menghidari pergaulan bebas. Jangan sampai terjerumus ke dalamnya. Ingat, masih ada impian yang harus dikerjar demi membanggakan kedua orang tua. Untuk saat ini, fokus lah dalam belajar dan menuntut ilmu demi mengejar masa depan yang cerah. Semoga kita semua selalu berada di dalam lindungan Allah Swt. dan terhindar dari pergaulan bebas ataupun marabahaya lainnya.

Karya tulis ini dibuat dengan hasil pemikiran saya sendiri. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini sebentar. Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi banyak orang, agar lebih berhati-hati dalam bergaul dan memilih teman.

"Terimakasih untuk semua dukungan yang diberikan".

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post