Alifiyyah Shafira Silda

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Peran Dan Lingkungan Pendidikan Pada Pembangunan Bangsa

Peran Dan Lingkungan Pendidikan Pada Pembangunan Bangsa

Peran Dan Lingkungan Pendidkan Pada Pembangunan Bangsa

Oleh : Alifiyyah Shafira Silda

Manusia dan pendidikan adalah dua hal yang tidak bisa di pisahkan, karena pendidikan adalah salah satu jalan atau kunci menuju masa depan yang cerah. Tanpa pendidikan, manusia pasti buta akan pengetahuan, dan kesulitan berinteraksi dengan baik di lingkungan sekitarnya.

Pendidikan sendiri memiliki arti yaitu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan, sedeharna nya pendidikan adalah komponen penting untuk kita sebagai manusia, hidup di muka bumi ini. Dan dengan adanya pendidikan, kita tahu sikap atau tindakan apa yang harus dilakukan saat kita berada di manapun atau di dalam situasi apapun. Hal tersebut membuktikan bahwa pendidikan tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan formal saja, tetapi juga terkait tentang pengetahuan moral.

Yang di pikirkan ketika mendengar kata pendidikan, pasti banyak yang mengira bahwa pendidikan hanya sebatas pembelajaran yang diberikan oleh guru atau pengajar di sekolah. Pendidikan tidak hanya di lakukan di lingungan sekolah saja, Sebaliknya Pendidikan dapat di lakukan dimana saja, Seperti di lingkungan keluarga, masyarakat, dan lain lainnya.

1. Pendidikan di lingkungan keluarga

Keluaraga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi proses perkembangan seorang anak sekaligus penentu dasar kepribadian seorang anak. Pendidikan anak diperoleh terutama melalui interaksi antara orang tua anak. Dalam berinteraksi dengan anaknya, orang tua akan menunjukkan sikap dan perlakuan tertentu sebagai perwujudan pendidikan terhadap anaknya. Pendidikan di sekolah merupakan kelanjutan dalam keluarga. Pendidikan dilingkungan keluarga biasanya berupa pembelajaran pengetahuan moral, seperti bertindak tanggung jawab dan mengajarkan pembiasaan ucapan maaf, tolong, dan terimakasih. Pendidikan lingkungan keluarga termasuk pendidikan yang di lakukan secara informal.

`

2. Pendidikan di lingkungan masyarakat

Pendidikan di lingkungan masyarakat yaitu pendidikan yang kita dapatkan dari lingkungan sekitar kita misalnya di sekitar rumah. Pendidikan ini sangat berpengaruh dalam proses pembentukan karakter seseorang .Lingkungan masyarakat merupakan lembaga pendidikan ketiga sesudah keluarga dan sekolah yang memiliki sifat dan fungsi yang berbeda dengan ruang lingkup dengan batasan yang tidak jelas dan keanekaragaman bentuk kehidupan sosial serta berjenis-jenis budaya. Lingkungan masyarakat yang baik akan memberikan pengaruh-pengaruh yang baik pada individunya. Misalnya jika masyarakat sekitar aktif mengadakan berbagai kegiatan positif seperti kerja bakti, karang taruna, pengajian, dsb. Namun demikian, jika lingkungan masyarakat kurang ideal dan dipenuhi bermacam pengaruh negatif, tentunya hal tersebut akan berisiko memberikan pengaruh negatif pula.

3. Pendidikan di lingkungan sekolah

Pendidikan di sekolah sangat berperan penting pada masa depan yang sukses atau terang. Karena materi yang diberikan di sekolah berhubungan langsung dengan pengembangan kepribadian, berisikan nilai moral dan agama, berhubungan langsung dengan pengembangan sains dan teknologi, serta pengembangan kecakapan-kecakapan tertentuyang langsung dapat dirasakan dalam pengisian tenaga kerja. Selain, pendidikan di lingkungan sekolah mengajarakan pengetahuan formal, pendidikan di sekolah juga mengajarakan tentang pengetahuan moral, tetapi pengetahua moral biasanya di utamakan dalam jenjang paud, TK dan SD, karena pada pada anak anak pada jenjang tersebut sangat berpengaruh terhadap tindakan atau sikap ke depan nya. Lingkungan sekolah yang baik dapat mendukung tumbuh kembang anak untuk membentuk kedisiplinan belajar, kedisiplinan sekolah yang pada akhirnya akan tercermin pada kedisiplinannya sendiri pada lingkungan lain, termasuk lingkungan masyarakat dan industri kerja.

Memiliki masa depan yang terang, adalah impian dari semua orang, Mersiapkan diri untuk masa depan yang terang perlu dilakukan dari sekarang, jika kita menyiapkan mulai dari sekrang, maka akan mempunyai banyak kesempatan dan waktu untuk lebih berkembang. Sehingga masa depan yang diimpikan akan terencana dengan matang. Mempersiapkan diri dengan cara menuntut ilmu sebanyak mungkin untuk bekal masa depan, sebagai pemuda penerus negara tercinta kita, Indonesia. Menjadi orang terdidik adalah hal yang perlu kita lakukan, karena pengetahuan yang dipunya harus disalurkan kepada generasi bangsa indoneisa yang mendatang.

Biodata Penulis :

Halo!! Nama saya Alifiyyah Shafira Silda. Sekarang saya berusia 13 tahun, Saya lahir di Jember pada tanggal 30 Desember 2008. Saya sekarang sekolah di MTsN 01 Jember dan duduk dibangku kelas 8. Perkenalan diri saya sampai sini ya, jika kalian ingin berkenalan lebih lanjut kalian bisa mengunjungi Instagram saya:@a.lyyfiy dan alamat email saya [email protected]. Nomor telepon saya 0822 2842 6770

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post