Alifiyyah Shafira Silda

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Cerdas Berteknologi Antarkan ku Meraih Prestasi

Cerdas Berteknologi Antarkan ku Meraih Prestasi

Cerdas Berteknologi Antarkan ku Meraih Prestasi

Oleh: Alifiyyah Shafira Silda

Di masa modern ini, Teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, sudah seperti kebutuhan utama atau primer dalam kehidupan sehari hari. Teknologi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat di era ini dan juga berpengaruh ke semua orang tanpa batasan umur mulai remaja sampai lansia. Salah satu contoh dari teknologi yaitu handphone, benda pipih ini memiliki pengaruh besar bagi kehidupan manusia saat ini, entah itu sebagai sarana komunikasi, tempat berbagi informasi, ataupun sebagai sarana hiburan. Kita pun sebagai pelajar juga merasakan manfaat yang signifikan dari kamajuan tekhnologi, seperti mempermudah pelajar menambah informasi, wawasan atau pengetahuan. Dan tak jarang juga, ditemukannya remaja yang sangat tergantung terhadap teknologi handphone, sehingga saat alat ini tidak terbawa atau hilang, mereka akan mengalami ketidakpercayaan diri, panik dan bahkan dapat mangakibatkan stres. Padahal handphone juga berbahaya bagi kesehatan karena dengan penggunaan yang tidak ada batasan dapat mengakibatkan mata kering, rabun jauh, rusaknya tulang belakang karena kurang gerak, menggangu perkembangan psikologis, gangguan pendengaran karena sering menggunakan headset.

Kenyataannya tekhnologi juga sangat berpengaruh besar terhadap proses belajar siswa, namun tidak dapat dipungkiri, bahwasanya tekhnologi handphone dapat memberikan dampak negatif, yaitu memberi kemudahan untuk mendapatkan informasi secara instan dengan membuat tingkat literasi siswa terhadap teks buku menurun. Sehingga perihal tersebut dapat membuat para pelajar malas membuka dan membaca buku. Mereka berpikir bahwasannya dengan membaca buku merupakan kegiatan yang merepotkan dan menyita waktu, dan para pelajar akan mencari cara yang mudah untuk menjawab soal soal dengan cara browsing di internet. Dikarenakan terlalu menggantungkan diri kepada tekhnologi handphone dapat berdampak pada kualitas dan waktu belajar siswa, lebih parahnya pelajar akan kecanduan yang akibatnya siswa malas untuk belajar dan waktu hanya untuk bermain pada handphone.

Perkembangan teknologi juga memberikan dampak positif pada pelajar, dapat memudahkan siswa dalam menambah ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan, kreatifitas, memunculkan inovasi baru, dapat mengakses kegiatan sehari hari di media sosial, ajang promosi dan informasi kreatifitas serta banyak hal positif lainnya.

Kemajuan teknologi dan perkembangannya memudahkan semua institusi sekolah untuk membuat dan menciptakan pelajar yang berprestasi. Evaluasi kemajuan siswa atau pelajar dapat diukur dengan menggunakan peralatan yang berkualitas. Sistem pembelajaran siswa atau pelajar pada saat ini sudah didukung oleh teknologi handphone, namun sistem pengawasan yang ketat penggunaan handphone juga harus diterapkan. Dengan teknologi yang begitu pesat perkembangannya, para siswa atau pelajar tidak boleh melupakan budaya bangsa, norma norma kemasyarakatan, dan kepercayaan diri sebagai pelajar yang selalu menjunjung tinggi nilai nilai perilaku kepada sesama pelajar, orang tua dan para guru. Pelajar atau siswa harus tetap bijak dalam penggunaan teknologi handphone, salah satu contoh adalah tetap mengutamakan komunikasi secara langsung dengan saudara, teman, orang tua dan bapak/ibu guru, komunikasi dilakukan menggunakan handphone jika terdapat sesuatu hal yang urgen atau mendesak. Harapan dari teknologi handphone yang semakin pesat perkembangannya, para siswa/pelajar selalu menjadi remaja yang bijak, dan berprestasi di lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan utamanya di lingkungan sekolah.

Biodata Penulis :

Halo!! Nama saya Alifiyyah Shafira Silda. Sekarang saya berusia 13 tahun, Saya lahir di Jember pada tanggal 30 Desember 2008. Saya sekarang sekolah di MTsN 01 Jember dan duduk dibangku kelas 8. Perkenalan diri saya sampai sini ya, jika kalian ingin berkenalan lebih lanjut kalian bisa mengunjungi Instagram saya:@a.lyyfiy dan alamat email saya [email protected]. Nomor telepon saya 0822 2842 6770

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post