Valent Farissi Astu

Penulis Bernama Valent Farissi Astu, lahir di malang, pada tanggal 15 agustus 2007. Ia sempat tinggal di kota batu hingga umurnya 7 tahun dan mulai sekolah dasa...

Selengkapnya
Navigasi Web
BACA DAN TUNJUKAN KEPADA DUNIA
Membaca lebih banyak dan berkarya lebih baik

BACA DAN TUNJUKAN KEPADA DUNIA

Tema: “Membaca Lebih Banyak, Berkarya Lebih Baik”

Baca Dan Tunjukan kepada Dunia

Karya: Valent Farissi

Rendahnya program literasi di kalangan remaja sudah menjadi hal biasa di negara kita,Indonesia Tercinta ini. Nyatanya dengan literasi atau membaca dapat meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia yang bisa dibilang sangat minim pada masa ini. Kita harus bisa membuat remaja generasi penerus bangsa yang ada di Indonesia ini menjadi giat membaca agar mereka dapat terus berinovasi dalam bidang yang mereka kuasai, tak harus menjadi dokter ataupun pejabat. Kita para generasi muda sangatlah memiliki banyak bakat yang belum terlatih, bukan karena mereka tidak bisa, namun hanya saja mereka tidak percaya diri atau takut untuk menunjukan bakat – bakat mereka tersebut. Tidak ada salahnya untuk kita para generasi penerus bangsa mencoba untuk mencari apa yang memang kita sukai agar lebih maksimal dalam menjalani suatu hal dan terus berkarya, namun hal tersebut selalu terhalang akan kondisi, mulai dari rasa tidak percaya diri, ekonomi, dan bahkan kurangnya kesempatan untuk menunjukan apa yang mereka mampu.

Waktu terus berjalan dan membuat kita yang sebenarnya memiliki potensi untuk membuat negara kita menjadi lebih maju, namun mengapa kita tidak memberi mereka kesempatan?. Tentunya kita yang lebih dewasa telah memberi kesempatan kepada generasi muda, namun banyak dari kita yang masih minim dalam segi pengetahuan yang membuat kita tidak percaya diri untuk menunjukan karya atau bakat yang kita miliki. Bagaimana kita dapat mengatasi hal tersebut? Tentu hal tersebut bukan hal yang mudah untuk diatasi, namun dengan membuat kita, para generasi muda berjalan sendirinya disinilah peran literasi beraksi. Mereka dapat memperdalam ilmu pengetahuan kita dengan membaca, apapun buku yang dibaca memiliki peran penting terutama jika buku tersebut adalah buku yang berkaitan dengan hal yang kita sukai.

Sukses tidak bergantung pada suatu hal ataupun idealisme, sukses sendiri adalah ketika kita berhasil menggapai atau menjadi sosok yang memang telah kita rencanakan. Maka dari itu kita, remaja Indonesia masih memiliki banyak bakat yang bahkan tergolong langka, contohnya bagi kita yang gemar untuk menulis ataupun mengarang cerita. Suka mengarang cerita seperti itu sebagian besar adalah orang yang gemar membaca buku fiksi atau semacamnya, inilah yang dimaksud dari literasi berperan untuk mendorong generasi muda agar dapat memperdalam ilmu akan apa yang kita sukai. Dapat disimpulkan bahwa orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk membaca buku fiksi suatu hari ia akan menjadi sosok yang membuat buku atau cerita itu sendiri. Kita yang gemar membaca cerita akan menjadi cerita itu sendiri.

Semangat saja tidak cukup untuk menggerakan remaja atau generasi muda untuk bangkit dari kemalasan dan mulai menerapkan hobi membaca, literasi memanglah sangat penting, bahkan hanya dengan literasi sudah banyak tokoh tokoh besar yang tercipta. Kita yang tidak suka untuk menyisihkan waktunya demi membaca adalah orang yang rugi, namun kita tidak bisa menyalahkan hal tersebut. Para generasi muda sekarang juga mulai tertarik literasi semenjak adanya novel atau buku online melalui gawai mereka masing – masing. Dimana kita lebih tertarik jika membaca itu memiliki visual dan tidak hanya mengandalkan imajinasi semata. Jangan membaca buku dan mengurung diri saja, mulailah bergerak untuk mencari apa yang memang kita sukai, teruslah membaca hingga kalian dapat membuktikan bahwa diri kita dapat berkarya

.

Tema: “Membaca Lebih Banyak, Berkarya Lebih Baik”

BIODATA PENULIS

Penulis Bernama Valent Farissi Astu, lahir di malang, pada tanggal 15 agustus 2007. Ia sempat tinggal di kota batu hingga umurnya 7 tahun dan mulai sekolah dasar di malang tepatnya Sdn Dinoyo 2 Malang. Dari sekolah dasar ia melanjutkan studinya di Mts Surya Buana Malang, sekarang ia berada di kelas 1 SMK tepatnya di SMKN 12 Negeri Malang, jurusan Akuntansi. Hobi penulis adalah bermain alat music terutama biola, namun ia lebih sering menghabiskan waktunya untuk menggambar dan bermain gitar.

e-mail: [email protected]

WA: 085231030550

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post