Aisyah Tri Rahmawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kisah Inspiratif Perjuangan B.J Habibie

Kisah Inspiratif Perjuangan B.J Habibie

Halo guys hari ini Aku akan menceritakan kisah inspiratif dari seorang tokoh terkenal di Indonesia, lho. Simak cerita Aku ya!!

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dikenal dengan BJ Habibie merupakan salah satu orang Indonesia yang memiliki kisah inspiratif dan telah mendunia. Pak B.J. Habibie dikenal sebagai sosok yang kharismatik dan cerdas juga sebagai sosok yang tegas, ramah, dan halus. Kecerdasan dan segudang prestasi yang dimiliki beliau tidak hanya menjadi kebanggaan keluarganya, namun juga menjadi putra terbaik kebanggaan Indonesia.

Beliau selepas SMA kuliah di Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) kemudian melanjutkan ke Rhenisch Wesfalische Tehnisce Hochscule, Jerman pada 1955 dan memilih jurusan Teknik Penerbangan dengan spesialisasi Konstruksi Pesawat Terbang. Selama kuliah, Habibie aktif dalam berorganisasi dan terpilih menjadi Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Aachen dan sebagai pimpinan Ikatan Mahasiswa UNESCO.

Pak Habibie adalah sosok yang tidak pernah menyerah dalam menuntut ilmu, beliau mempunyai tekad dan kemauan yang kuat untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Bagi Habibie, ilmu harus di perjuangkan, harus diperoleh dengan pengorbanan, dan harus dipahami dengan ketelatenan dan kesabaran. Tekad yang beliau pegang tersebut selama berkuliah menjadikan Habibie lulus dengan predikat summa cumlaude dalam studinya.

Namun dibalik lulus dengan nilai terbaik ada perjuangan yang sangat keras. Mempelajari ilmu di luar negeri bukanlah perkara yang mudah. Kendala yang datang tidak hanya dari perbedaan bahasa dan budaya tetapi dari tingkat kesulitan ilmu pengetahuan yang dipelajari. Tidak mau menyerah dengan keadaan Habibie terus terbiasa belajar dengan keras sehingga hanya punya waktu tidur sebanyak 4 jam sehari. Karena beliau memikirkan sang Ibu yang banting tulang seorang diri, ia memutuskan untuk membiayai pendidikannya sendiri demi meringankan beban Ibunya. Ia rela tinggal jauh dari pusat kota degan fasilitas seadanya saat kuliah di Jerman. Ia juga rela berhemat dengan berjalan kaki untuk ke kampusnya. Namun semuanya terbayar hingga ia bisa mencapai lulusan S3 dengan beasiswa yang didapatkan ketika ia bekerja sebagai asisten professor setelah lulus dari S2.

Di usia 28 tahun, ia berhasil menyandang gelar Doktor dalam bidang teknologi pesawat. Saat berada di Jerman, ia mengatasi semua masalahnya sendiri dengan komitmen dan tekadnya berhasil membuat pak Habibie diakui oleh dunia dengan sosok yang jenius. Bahkan penduduk asli jerman pun mengaguminya.

Beliau dikenal juga sebagai Bapak Pesawat Nasional karena semasa mudanya ia ssenang sekali memahami serba-serbi mesin pesawat. Ia sampai memiliki rumus “Faktor Habibie” untuk menghitung keretakan atau krack propogation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Dari kehebatan rumusnya ia juga dijuluki sebagai “Mr Crack”. Pada tahun 2015 ia juga memperkenalkan rancangan pesawat baru yang digarap oleh perusahaan yang didirikannya, pesawat itu dinamakan R80. Pesawat itu memiliki kelebihan tersendiri pada baling-balingnya, pesawat itu sendiri bisa memuat kapasitas hingga 80-90 orang.

Hal yang sangat mengesankannya lagi beliau adalah salah satu orang yang menyempurnakan teori kapal selam. Setelah mempelajari konstruksi kapal selam, Habibie mengetahui bahwa semua jenis kapal selam memiliki bentuk selinder dengan dilengkapi penguat yang juga berbentuk selinder.

Diangkatnya Pak BJ Habibie menjadi seorang presiden

Pada tahun 1998 pak Habibie diangkat menjadi presiden untuk menggantikan posisi pak Soeharto. Meski mencetak sejarah dengan masa jabatan tersingkat, yakni 1 tahun 5 bulan. Namun, hal tersebut tidak melunturkan beberapa prestasi dari BJ Habibie selama masa jabatannya. Dalam masa jabatannya, pak Habibie bertugas mengembangkan teknologi di Indonesia dan sekaligus bersama dalam kemajuan teknologi di Indonesia. Pak Habibie kemudian membangun industri pesawat terbang di Bandung dan sebuah perusahaan pesawat terbang PT. Nurtanio mulai beroperasi. Hingga akhirnya Habibie dan IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara) berhasil membuat pesawat terbang pertama buatan Indonesia, yaitu CN-235 dan N-250. Dan beliau juga yang mengatur perekonomian negara bisa maju, serta menurunkan harga dolar.

Mungkin kalau disimpulkan semasa hidup beliau adalah pribadi yang memanfaatkan waktunya hanya untuk belajar, bekerja dan beribadah. Seorang yang rela mengabdikan seluruh hidupnya demi negaranya, meskipun keberadaannya lebih dihargai di Jerman. Beliau juga dikenal dengan bapak pesawat nasional serta kesetiaannya.

Pesan moral yang didapatkan dari cerita inspiratif pak Habibie adalah meskipun pak Habibie memiliki IQ tinggi atau dianggap sebagai orang jenius tetap perlu namanya kegigihan. Serius dalam melakukan hal yang menjadi fokusnya membuat BJ Habibie mampu meraih hasil yang sangat berharga bagi pembangunan bidang penerbangan. Kita juga harus menjadi generasi yang rela berkorban demi negara dan Walaupun dalam keadaan sesusah apapun jangan pernah untuk menyerah, karena pasti akan ada masa akhir yang indah datang kepada kita.

See you next time all

Jakarta, 8 Februari 2023

Tulisan ke-4

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post