Aisyahira Mumtaz

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Stop pergaulan bebas

Stop pergaulan bebas

Hindari Pergaulan Bebas, Mari Berprestasi

Meraih Cita-Cita Dan Masa Depan

Aisyahira Mumtaz

Pergaulan bebas adalah perilaku yang melewati batas aturan dan mengabaikan kewajiban. Contoh : seorang siswa yang lalai kewajiban belajarnya, tapi menghabiskan waktunya untuk kegiatan yang tidak bertanggung jawab, seperti main game di warnet sampai lupa waktu, begadang sampai larut malam, berpacaran, merokok, meminum alkohol, menggunakan narkoba, terlibat dalam tawuran dan lain - lain. Itu semua karena salah memilih teman, tidak mematuhi perintah orang tua, guru dan peraturan sekolah.

Penyebab pergaulan bisa terjadi karena : ekonomi keluarga, penyalahgunaan internet, perceraian orang tua, kondisi lingkungan yang tidak baik, pengaruh negatif televisi, kurangnya pemahaman agama.

Di sekitar tempat tinggal saya, pernah saya lihat sekelompok anak-anak dan remaja yang terlibat pergaulan bebas. Mereka hidup di jalanan dengan baju yang tidak sopan, perilaku mereka meresahkan masyarakat. Seringkali mereka meminta uang kepada pengendara mobil dan motor di jalanan. Ada juga anak-anak dan remaja, laki-laki dan perempuan berkumpul di pinggir jalan hingga larut malam. Selain berkumpul, merokok, terkadang mereka balap motor dan mengganggu masyarakat sekitar. Polisi juga sudah sering berusaha untuk menertibkan mereka setiap hari namun tidak mereka hiraukan.

Akibat pergaulan bebas antara lain : Putus sekolah, kesehatan terganggu, prestasi menurun, tidak naik kelas, hubungan tidak baik dengan keluarga dan sebagainya.

Cara menghindari pergaulan bebas antara lain :

1. Pandai memilih teman, jangan salah memilih teman, harus selektif. Misalnya memilih teman yang rajin shalat dan pintar, jangan memilih teman yang suka bolos sekolah atau teman yang mempunyai kebiasaan buruk.

2. Rajin belajar agama, rajin mengaji dan menyibukkan diri dengan kegiatan yang diperintahkan oleh agama. Misalnya, pada saat bulan Ramadhan mengikuti

kegiatan di masjid atau ikut pesantren kilat daripada menghabiskan waktu untuk main hp atau bermain game.

3. Bersemangat untuk mengejar prestasi sekolah dengan rajin belajar, ikut les, aktif dalam kegiatan sekolah seperti pramuka, OSIS, ekstrakulikuler dan sebagainya.

4. Selalu patuh kepada orang tua dan guru. Berbakti kepada orang tua dan taat kepada guru sebagai tingkah laku yang terpuji. Doa orang tua akan sangat berguna untuk masa depan kita.

Dengan menjauhi pergaulan bebas anak – anak dan remaja di Indonesia akan menjadi generasi yang mempunyai masa depan cerah. Jika mengikuti pergaulan bebas mengakibatkan putus sekolah maka masa depannya menjadi suram. Anak dan remaja yang suka begadang atau merokok maka akan mudah terserang berbagai macam penyakit yang menghancurkan masa depan.

Marilah kita sebagai generasi muda berlomba-lomba berprestasi dan menjauhi pergaulan bebas. Generasi yang berprestasi akan memajukan masa depan Indonesia dengan karya dan menjaga perilaku baik sesuai agama dan budaya bangsa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post