Ahmad Hilmy Huda

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pergaulan Bebas Adalah Masalah

Pergaulan Bebas Adalah Masalah

Pergaulan Bebas adalah Masalah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Perkenalkan saya Ahmad Hilmy Huda, bersekolah di MTsN 2 Jember. Pergaulan bebas, sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia karena banyak kasus-kasus yang berkaitan dengan pergaulan bebas. Namun, akan saya jelaskan lebih spesifik tentang apa itu pergaulan bebas. Pergaulan Bebas adalah satu bentuk perilaku interaksi seseorang dengan individu atau kelompok yang menyimpang melewati batas kewajiban, tuntutan, aturan, syarat, dan perasaan malu, atau dalam bahasa lain yaitu perilaku menyimpang seorang individu baik dalam norma kesusilaan maupun norma agama yang pasti memiliki konsekuensi. Bukan hanya tanpa sebab pergaulan bebas ini muncul dimasyarakat jadi saya akan menjelaskan faktor munculnya pergaulan bebas, dampak pergaulan bebas, cara pencegahan pergaulan bebas.

Faktor-faktor munculnya pergaulan bebas antara lain

• Keadaan Ekonomi Keluarga, jika ekonomi keluarga rendah maka berujung pada tidak bisa sekolah atau putus sekolah. Hal itu memungkinkan anak untuk mencari kesenangan di luar rumah karena keluarga tidak cukup memberi rasa aman dan kasih sayang. Hal tersebut dapat menjadi pemicu pergaulan bebas. Meskipun orang tua sibuk dengan keadaan ekonomi, tetap harus mengawasi apa yang dilakukan anak.

Keadaan Keluarga yang Buruk, keadaan keluarga yang buruk seperti perceraian dan keluarga yang tidak akur akan membuat anak merasa tidak aman dan kurang kasih sayang. Akibatnya anak akan mencari kesenangan di luar dan akan terjadilah pergaulan bebas. Jadi jika sebuah keluarga memiliki masalah disarankan untuk menitipkan anaknya ke tempat lain terlebih dahulu, ditakutkan anak akan terjerumus dalam pergaulan bebas.

Orang Tua yang Kurang Perhatian, sudah dijelaskan bahwa perhatian orang tua sangat berpengaruh pada kehidupan anak. Jika orang tua selalu sibuk dengan kegiatan lain seperti bekerja, jangan heran bahwa anak itu sampai terpengaruh pergaulan bebas. Sebaiknya jika memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggal, titipkan anak pada orang yang dipecaya atau lembaga yang terpercaya seperti pondok pesantren.

• Lingkungan sekitar yang buruk, lingkungan sekitar juga berpengaruh terhadap kehidupan seorang anak. Lingkungan yang setiap hari ditinggali anak tersebut jika memiliki sekiranya dampak yang buruk bagi anak maka jauhkan. Sekali lagi selalu perhatikan perbuatan anak dilingkungan manapun. Lingkungan yang baik maupun lingkungan yang buruk. Usahakan ajak anak ke lingkungan yang baik agar dia bisa mencontoh perilaku yang baik.

• Tidak hati-hati dalam berteman, Anak harus bijak dalam memilih teman dan usahakn memilih teman yang memiliki tujuan yang baik untuk masa depan yang lebih baik. Orang tua juga bisa membantu anak untuk mencari teman yang baik. Orang tua memiliki peranan yang besar bagi kehidupan seorang anak jadi usahakan menjadi orang tua yang baik.

• Adanya Teknologi Internet, Teknologi dapat mempermudah kehidupan manusia. Teknologi memiliki banyak dampak positif tapi sesuatu pasti memiliki dampak negatif. Jika kita menggunakan teknologi dengan tujuan yang baik maka kita akan merasakan dampak yang baik sebaliknya jika kita menggunakan teknologi dengan tujuan yang buruk maka kita akan mendapatkan dampak yang buruk pula.

• Kurangnya Wawasan Agama, Tuhan telah mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik di dunia ini. Kita harus mengerti pengetahuan tentang norma agama agar bisa membedakan mana yang baik dengan mana yang buruk. Kita harus banyak belajar tentang agama kita agar bisa mencapai tujuan baik yang kita inginkan.

Kita harus sebisa mungkin mengindari pergaulan bebas karena memiliki banyak dampak negatif. Seperti kenakalan remaja, konsumsi obat-obatan terlarang, seks bebas, pendidikan yang terhambat, hubungan keluarga yang terganggu, dan lain sebagainya. Dampak negatif tersebut akan berakibat jika dilanjutkan terus menerus dan dapat menggangu kita nanti di masa depan. Kita harus sadar bahwa pergaulan bebas adalah hal yang buruk untuk dilakukan terus menerus dalan jangka waktu yang lama. Kita harus mengetahui juga cara yang benar menghindari pergaulan bebas. Seperti menjaga hubungan baik orang tua dengan anak, edukasi sejak dini, memperhatikan tontonan dan bacaan anak, membentuk karakter anak yang positif, memilih lingkungan pertermanan yang baik. Sebisa mungkin kita hindari perhgaulan bebas dengan melakukan kegiatan positif yang lain yang lebih bermanfaat. Kita harus dekatkan diri kita dengan Tuhan agar tidak terjerumus dalam kalakuan maksiat yang dapat memberi dampak buuruk bafi kita.

Sekian yang dapat saya sampaikan jika ada tutur kata yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu sekalian saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita semua terhindar dari pergaulan bebas yang telah marak terjadi. Wassalamualaikum Wr. Wb

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post