Ahmad Hilmy Huda

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bacaan Untuk Masa Depan Negri

Bacaan Untuk Masa Depan Negri

Bacaan Untuk Masa Depan Negri

Assalamualaikum Wr. Wb Perkenalkan nama saya Ahmad Hilmy Huda yang bersekolah di MTsN 2 Jember yang menduduki bangku kelas 9 SMP. Di kesempatan ini saya akan menuliskan essai yang bertemakan “DENGAN MEMBACA, MASA DEPANKU MENJADI CERAH”

Bab 1: BUKU

Sepertinya semua orang kenal dengan sesuatu yang bernama buku, buku yang berisi hiburan, ilmu pengetahuan, spiritual, bahkan sesuatu yang semestinya tidak orang biasa ketahuilah. Buku adalah kumpulan kertas yang mengandung tulisan yang berisi tentang informasi tertentu. Buku telah membuat perkembangan manusia menjadi lebih cepat. Ketika kita menemukan informasi yang penting dan kita perlu menyimpannya dengan baik tidak hanya cukup dengan mengingatnya saja. Kalau manusia biasa lambat laun akan melupakan infomasi itu dan sia sia perjuangannys untuk mencari informasi tersebut. Maka diciptakanlah buku yang bisa menyimpan informasi dengan baik asal tidak hilang atau hancur. Contohnya seperti Informasi tentang surat-surat yang diberikan Allah, Hadis-Hadis Nabi, Adab-adab Nabi, semua yang penting tentang islam agar umat Nabi kelak bisa mengetahuinya, apa lagi kalau bukan dubukukan.

Bab 2 : KAPAN

Kalian mungkin bertanya kapankah buku ini diciptakan. Buku diciptakan pertama kali oleh orang-orang mesir pada sekitar tahun 2.400-an Sebelum Masehi yang awalnya menggunakan kertas Papirus. Kertas Papirus ini diberikan tulisan lalu kertas itu digulung lalu diikat agar tidak terlihat secara langsung. Buku akhirnya berkembang dari yang awalnya berupa gulungan sampai sekarang ada buku yang dapat dikunci dengan gembok atau di penggantinya yaitu media elektronik. Akan tetapi lambat laun buku sudah mulai ditinggalkan karena adanya jalan pintas yang sangat mudah tanpa harus mengambil buku di perpustakaan.

Bab 3 : SIAPA

Tidak ada catatan sejarah yang pasti mengenai siapa pencipta buku pertama kali, karena buku telah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan kemunculannya tidak tercatat dalam sejarah secara spesifik. Mereka membuat buku dengan menggunakan papirus yang diolah dari serat tanaman papirus yang tumbuh di tepi Sungai Nil. Buku-buku yang pertama kali dibuat oleh bangsa Mesir Kuno terdiri dari lembaran-lembaran papirus yang diikat menjadi satu lembar dan dilipat menjadi bentuk gulungan. Selama ribuan tahun, bentuk buku terus berkembang dan berubah hingga akhirnya menjadi seperti yang kita kenal sekarang ini, yaitu terdiri dari halaman-halaman yang terikat menjadi satu dengan cara dijilid.

Bab 4 : DI MANA

Buku tidak diciptakan pada satu tempat tertentu karena sejarah penulisan bermula dari zaman prasejarah, ketika manusia belum menemukan cara untuk menuliskan kata-kata. Namun, perkembangan terbesar dalam sejarah penulisan buku terjadi di Mesir Kuno sekitar 2.400 SM ketika tulisan hieroglif atau gambar-gambar digunakan untuk menulis di atas papirus. Setelah itu, penulisan buku berkembang di berbagai tempat di dunia seperti di Mesopotamia, India, Tiongkok, dan Yunani.

Bab 5 : KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat saya tarik tentang buku adalah suatu alat yang digunakan untuk ilmu pengetahuan yang akan berkembang seiring jalan yang dapat dipengaruhi oleh zaman tertentu. Yang dulunya hanyalah kertas yang di gulung kemudian diikat sampai sekarang buku yang kita kenal sampai-sampai memiliki banyak variasi seperti buku pop up, buku yang memiliki kunci, sampai berubah menjadi buku digital yang dikenal dengan internet. Pemuda zaman sekarang harus tetap terus menerus membaca buku demi kepentingan bangsa kedepannya.

Saya Ahmad Hilmy mohon maaf atas kesalahan yang kurang berkenan dalam hati teman-teman sekalian dan sekian Terima Kasih

Assalamu’alaikum Wr. Wb

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post