AHMAD FABIYA ALDIN

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Gangan khas Belitung

Gangan khas Belitung

GANGAN KHAS BANGKA BELITUNG

(Oleh: Ahmad Fabiya Aldin)

SMA Negeri 2 Tanjungpandan Belitung

Seperti yang kalian tahu, Bangka Belitung merupakan tempat yang terkenal dengan Negeri Laskar Pelangi , Bangka Belitung sendiri merupakan tempat dimana aku lahir. Disana merupakan tempat wisata yang memilki banyak ciri khas, salah satu ciri khas tersebut makanan misalnya, Bangka Belitung mempunyai olahan ikan ketarap yang berwarna kuning, yang dikenal dengan sebutan gangan.Gangan menjadi salah satu makanan favorit ku, Selain enak dan meyehatkan, gangan juga mudah dan juga berbuhubungan Belitung merupakan kepulauan, mencari ikan sangat mudah dan ramah dikantong. Dalam satu gangan biasanya terdapat ikan dan juga nanas . Untuk teman teman yang berfikir bahwa gangan memiliki aroma amis, didalam gangan sendiri terdapat banyak rempah rempah yang cukup banyak, dan juga disertai kuah melimpah yang akan menghilangkan bau amis dari ikan itu sendiri. Gangan terdiri dari beberapa bahan yaitu bawang putih, air, ikan, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, cabe, nanas atapun ubi ubian, terasi, asam jawa, garam dan gula. Cara mengolah gangan juga cukup mudah 1 bersihkan ikan terlebih dahulu, 2 didihkan, 3 haluskan bawang merah,putih,cabe,kemiri, kunyit, lengkuas dan terasi, 4 masukkan bahan bahan yang sudah dihaluskan tadi kedalam air yang mendidih, dan tunggu selama 5-8 menit. 5 setelah itu masukkan ikan tunggu hingga mendidih, masukkan nanas, asam jawa, garam, gula tutup hingga mendidih dan cicipi rasanya, didihkan lagi 5-8 menit setelah itu mati api. Sajikan gangan dalam keadaan panas, dan makan bersama dengan nasi dan lauk pauk pelengkap lainnya. Gangan sangat cocok dinikmati bersama orang terdekat disaaat makan siang, gangan sudah lama menjadi lauk pauk warga Bangka Belitung. Jikalau ada teman teman yang berminat datang kebangka Belitung, teman teman tidak boleh ketinggalan untuk mencicipi makanan khas Bangka Belitung satu ini. Di warung warung sudah tersedia gangan yang siap santap, tetapi jika mau merasakan sensasi yang lebih teman teman dapat meminta orang kedai makan untuk membuat satu mangkok besar ikan katarap yyang langsung dibuat di waktu yang sama. Gangan yang baru selesai dimasak memiliki rasa yang lebih nikmat di samping itu harga nya pun tidak beda jauh. Sebenarnya gangan juga dapat diolah dari ayam atapun daging , biasa disebut dengan gangan darat, tetapi gangan ikan lebih popular dikarenanakan gangan ikan menggambarkan Bangka Belitung sendiri yang merupakan daerah kepulauan yang melimpah akan sumber daya laut. Disamping itu gangan ikan dan gangan darat memiliki rasa yang tidak beda jauh, gangan darat sendiri biasanya dihidangkan dengan ayam/ daging disertai dengan menggale. Tekstur kuah gangan darat sedikit lebih kental dibandingkan dengan gangan ikan. Gangan darat menjadi rekomendasi bagi teman teman pecinta ayam ataupun daging, rasanya pun tidak terlalu pedas dan dapat dterima di perut. Gangan ikan dan gangan darat sama sama meiliki cita rasa khasnya, kembali lagi itu semua tergantung selera masing masing

PROFIL PENGARANG

Pengarang bernama lengkap Ahmad Fabiya Aldin, Lahir di Tanjungpandan Belitung pada 13 Juni 2006. Dia anak pertama dari empat bersaudara. Sekarang dia bersekolah di SMA Negeri 2 Tanjungpandan Belitung.

Hobi membaca buku, bermain bulutangkis. Dia merupakan anggota komunitas “Pundok Literasi Biak Kampong” yang beralamat di Jalan Telek Aik Ketekok Tanjungpandan Belitung. Bercita-cita ingin menjadi dokter. Serta ingin menjadi penulis buku yang hebat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, gangan memang sedap

21 Jul
Balas



search

New Post