Ahmad Alif Nur Ihsan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pengaruh Teknologi Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Didik

Pengaruh Teknologi Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Didik

Diperkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, memudahkan kita untuk bertemu dan berkomunikasi dengan siapa saja melalui media sosial. Dunia digital memberi pengaruh besar bagi kehidupan manusia, dimana segalanya jadi lebih mudah dan praktis, baik dalam bidang perekonomian (jual beli), pendidikan, informasi, pekerjaan dan lainnya. Meski begitu, kondisi ini juga memberikan dampak negatif atau resiko yang merugikan jika tidak dibarengi dengan pengetahuan atau kecakapan digital.

Kecakapan media digital harus dimiliki oleh setiap orang, khususnya bagi generasi muda atau milenial agar tidak salah memanfaatkan penggunaan internet. Pasalnya media digital sendiri menjadi satu hal yang cukup penting sebagai sarana interaktif dan produktivitas kaum milenial. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi generasi muda memiliki kecakapan media digital untuk menyesuaikan diri di perkembangan teknologi yang semakin pesat dan agar bisa menghadapi tantangan digitalisasi selanjutnya.

Kecakapan media digital artinya kemampuan atau keterampilan dalam menggunakan dan memanfaatkan digital dan teknologi dengan baik dan bijak untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Anak-anak dan orang dewasa kini semakin dekat dengan media digital. Apalagi selama pandemi Covid 19 yang menghindari kontak fisik, penggunaan smartphone semakin menjadi kebutuhan, salah satunya pada sektor pendidikan dimana guru dan siswa melakukan pembelajaran secara online.

Masyarakat dituntut untuk dapat berkomunikasi atau menjalin hubungan secara daring. Kondisi ini juga membuat para orangtua atau guru disekolah harus membimbing dan mendidik anak kecakapan media digital. Sehingga anak-anak bisa memanfaatkan internet dengan baik dan tidak terjerumus dalam dampak negatif internet.

Teknologi digital tumbuh semakin signifikan di abad 21 dan memotivasi siswa untuk belajar dan berinovasi. Pemanfaatan teknologi digital secara efektif mempercepat pencarian informasi. Bagaimana Indonesia sebagai Negara berkembang dapat memanfaatkan teknologi digital seperti internet melalui warnet dan handphone dengan berbagai fitur seperti blog, email, dan lain sebagainya. Semua aktifitas manusia dapat dipermudah dengan adanya teknologi digital, dan siapapun dapat mengakses berbagai macam informasi, termasuk informasi tentang pendidikan.

Secara harfiah, kata “teknologi” berasal dari frase Perancis “La Teknique” yang mengacu pada ide yang dikembangkan dalam upaya memproses realisasi rasional. Disini, pemahaman rasional adalah prosedur yang dapat diterapkan berulang kali atau sering. Teknologi merupakan adaptasi dari teknologi alami yang dibuat oleh manusia, yang kemudian ditransformasikan menjadi media sesuai dengan kebutuhan spesifiknya.

Semua guru dan sekolah tentu ingin agar siswa atau anak didiknya mampu meningkatkan prestasinya. Jika anda guru atau orangtua, mungkin anda ingin sekolah menerapkan teknologi dalam pendidikan agar prestasi anak meningkat. Penggunaan teknologi dalam hal ini memang bisa dimanfaatkan, tapi tentu anda harus tahu caranya. Berikut ini adalah 6 cara menggunakan teknologi untuk meningkatkan prestasi siswa.

1. Jangan terburu-buru

Tidak semua guru kebal terhadap perkembangan teknologi. Tekanan untuk mengajar online atau untuk memberikan siswa akses ke teknologi terbaru bisa jadi sangat besar. Perencanaan yang matang untuk penggunaan teknologi sangat penting karena teknologi itu mahal. Beberapa sekolah memiliki kemewahan mengubah konfigurasi hardware dan software mereka setelah membuat komitmen-komitmen keuangan yang besar dan kuat.

2. Evaluasi, tapi kendalikan harapan anda

Evaluasi berkelanjutan mengenai aplikasi teknologi dan prestasi siswa membantu memastikan bahwa teknologi itu tepat guna, bisa diadaptasi, dan bermanfaat. Evaluasi tersebut juga memfasilitasi penyesuaian jika tujuan pembelajaran tidak terpenuhi. Kemajuan bertahap, daripada transformasi mendadak, lebih cenderung berhasil dalam memberikan perubahan jangka panjang.

3. Ahli teknologi sangat dibutuhkan

Meningkatnya penggunaan teknologi di sekolah membutuhkan infrastruktur teknis yang kuat dan memadai. Hanya membeli seperangkat seperangkat komputer atau tablet saja tidak cukup. Jika guru bekerja dengan teknologi yang tidak mereka kuasai, nantinya mereka malah akan frustasi.

4. Guru harus merasa nyaman dengan teknologi yang digunakan

Setelah tujuan pendidikan dan visi belajar melalui teknologi ditentukan, penting untuk memberikan pengembangan professional bagi guru untuk membantu mereka memilih teknologi yang paling tepat dan strategi pembelajaran untuk memenuhi tujuan tersebut. Kita tidak bisa mengharapkan siswa unuk mendapatkan keuntungan dari teknologi jika guru mereka tidak terbiasa atau nyaman dengan teknologi tersebut.

5. Gunakan teknologi yang akan membantu siswa anda

Sebelum teknologi dibeli atau guru berpartisipasi dalam sesi pengembangan profesional pertama mereka, tujuan pendidikan bagi siswa harus ditentukan. Apa yang perlu dipelajari oleh siswa dan dengan cara bagaimana teknologi bisa membantu para siswa tersebut? Untuk menjawab pertanyaan ini, sekolah dapat mengadakan tim perencanaan teknologi termasuk administrator, guru, staf instruksional lainnya, koordinator teknologi, siswa, orang tua, dan perwakilan masyarakat. Tim ini dapat menentukan jenis teknologi yang akan mendukung pencapaian tujuan.

6. Tidak semua teknologi sama

Setiap teknologi mungkin memainkan peran yang berbeda pada pembelajaran siswa. Riset harus dilakukan untuk menentukan teknologi yang akan digunakan. Jadi, jangan sama ratakan setiap teknologi yang ada.

Daftar Pustaka

1. 6 Cara Menggunakan Teknologi untuk Meningkatkan Prestasi Siswa, https://catatanmini,com

2. Manfaat Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik, https://ppg.kemdikbud,go,id

Biodata penulis

Ahmad Alif Nur Ihsan, lahir di Jember pada 2 April 2007 sekarang menetap di Jember. Menyelesaikan pendidikan dasar di SD Darus Sholah Jember tahun 2020, dan saat ini masih menempuh pendidikan di MTsN 1 Jember semester 5. Alamat email [email protected] , no WA aktif 0852-3213-1477.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post