Afanin Daliya Wiyanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Selalu Waspada Hidup Bersanding Dengan Teknologi

Selalu Waspada Hidup Bersanding Dengan Teknologi

Teknologi, satu kata yang bisa mengubah gaya hidup serta cara kita dalam melalui berbagai lika-liku hidup. Teknologi pula yang telah menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan manusia. Seiring dengan derasnya arus globalisasi saat ini, seolah-olah menuntut kita untuk selalu menikmati indahnya berteknologi. Namun dalam kenyataanya kenyamanan dalam berteknologi tidak disertai dengan pemakaian yang bijak. Salah satu wujud teknologi yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan adalah telepon seluler. Hampir setiap lapisan masyarakat sudah mencicipi nikmatnya barang yang relatif kecil ini. Perkembangan teknologi terus berkembang pesat, inovasinya juga disesuaikan dengan kebutuhan manusia untuk mempermudah kehidupan. Saat ini, hampir semua aktivitas sehari-hari bergantung pada teknologi. Mulai dari mencuci pakaian hingga memasak.

Kebutuhan manusia yang banyak dan terus bertambah membuat ilmuwan turut menciptakan teknologi baru yang canggih. Cepat atau lambat, di masa depan bisa jadi semua kebutuhan dapat dipenuhi menggunakan teknologi paling canggih. Keterbukaan sistem informasi menjadikan setiap orang dapat lebih mudah untuk mencari tahu berbagai hal dari berbagai sudut dunia. Hal ini tentunya merupakan sebuah perkembangan positif yang dapat membantu setiap manusia dalam bekerja maupun menyelesaikan suatu masalah karena kemudahan dalam mencari informasi. Untuk pengguna yang memakai teknologi komunikasi dengan bijak, bukan tidak mungkin banyak manfaat yang didapatkan. Misalnya pengguna smartphone yang bijak bisa dilakukan dengan menggunakan alat tersebut untuk menambah pengetahuan dan belajar.

Selain mempermudah tugas sekolah, internet juga membantu siswa untuk mengembangkan diri. Mereka bisa tahu tentang info beasiswa, info lomba, dan berbagai info bermanfaat lainnya. Siswa juga dapat menggunakan internet untuk membuka wawasan dan memperluas pergaulan mereka. Mereka dapat berteman dengan siapa saja dari mana saja. Siswa pun dapat berlatih kemampuan bahasa asing yang mereka miliki dari teman-teman baru yang didapatnya dari internet. Sedangkan mereka yang tidak menggunakan perkembangan teknologi dengan baik, malah akan terjebak dan dirugikan. Misalnya pengguna yang lebih banyak bermain game dibandingkan dengan melakukan kewajibannya. Pengaruh teknologi internet terhadap prestasi belajar siswa seiring perkembanagan zaman, pemanfaatan internet untuk dunia pendidikan dari jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Teknologi internet yang memberikan pengaruh cukup besar dalam dunia pendidikan ini, idealnya juga harus diimbangi dengan kesadaran masing-masing individunya. Media pembelajaran dengan teknologi internet merupakan metode pembelajaran modern, yang mana saat ini sistem pendidikan di Indonesia juga menggunakan internet sebagai media pembelajaran. Siswa yang menguasai teknologi seperti internet bukan satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar melainkan ada faktor lain seperti teks buku pelajaran yang dibaca juga dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran antara lain disebabkan belum dimanfaatkannya sumber belajar. Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sekaligus sebagai media pembelajaran adalah buku. Buku yang digunakan sebagai sumber belajar utama dalam pembelajaran suatu bidang studi disebut buku teks atau buku pelajaran atau dapat pula disebut sebagai buku teks pelajaran.

BIODATA PENULIS:

Nama: Afanin Daliya Wiyanti

Tempat Tanggal Lahir: Jember, 24 Februari 2008

Nama Sekolah: MTs Negeri 02 Jember

Alamat E-mail: [email protected]

No Telepon: 085234057887

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post