Afanin Daliya Wiyanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KATAKAN TIDAK PADA PERGAULAN BEBAS

Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang yang mana “Bebas” yang dimaksud adalah melewati batas batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik dilingkungan maupun dari media masa. Remaja adalah individu labil yang emosionalnya sangat rentan pengetahuan yang minim dan ajakan teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda dalam kemajuan zaman. Apabila anak terjerumus pergaulan bebas akan berpengaruh pada pendidikan dan prestasi belajarnya. Mulai dari keinginan belajar yang turun, malas belajar, bolos sekolah, hingga yang paling parah adalah mengakibatkan putus sekolah. Pergaulan bebas juga menyebabkan hubungan anak dengan orang tua menjadi renggang.

Orang tua juga bisa memberikan penegasan kepada anak bahwa agama membolehkan kita bergaul tetapi ada batasannya. Selain itu pastinya orang tua mengajarkan anak untuk selalu beribadah dan memohon perlindungan kepada Tuhan agar dihindarkan dari pergaulan yang buruk. Masa muda bisa dibilang sangat singkat. Jika kamu tidak memanfaatkannya dengan baik dan tidak paham apa yang seharusnya kamu lakukan, maka masa tuamu justru tidak akan terselamatkan. Akan tetapi, pastinya tidak mudah untuk fokus mengejar kesuksesan di usia muda. Dimana di usia itu seseorang mengalami banyak godaan dan sangat rentan dengan keputusasaan akibat gejolak emosi yang belum stabil. Maka, tak jarang kita melihat anak muda yang mudah mengeluh pada permasalahan yang mereka hadapi.

Sudah menjadi tugas kita sebagai generasi penerus bangsa, untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk melanjutkan perjuangan mereka yang telah gugur mendahului kita. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan adalah dengan menghindari pergaulan bebas yang menjurus ke hal-hal negatif, mengisi kemerdekaan Indoneisa dengan hal-hal yang positif, dan kita sebagai generasi penerus bangsa harus belajar dengan tekun. Masih banyak hal-hal yang dari kecil hingga besar untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. Mengheningkan cipta setidaknya kita lakukan walupun hanya pada saat mengikuti upacara bendera untuk mengenang jasa para pahlawan kita. Dampak pergaulan bebas di pandang sebagian masyarakat selalu beresiko negative, adanya tindakan pra asusilan, hamil di luar nikah, sek bebas, dan tindakan-tindakan yang melakukan sebuah pelanggaran hukum lainnya.

Etika dalam pergaulan perlu diajarkan kepada siswa, tujuannya agar mereka memahami dan menerapkannya di lingkungan sekolah atau bahkan di lingkungan secara menyeluruh, contohnya etika berbicara dan bertindak. Menjalin pergaulan sehat bisa meningkatkan rasa percaya diri. Memiliki hubungan positif dengan teman sekitar bisa meningkatkan kebahagiaan. Pergaulan sehat bisa membuat seseorang lebih mudah menentukan tujuan hidupnya. Berperilaku dan senantiasa menjaga sikap sopan santun menjadi hal penting yang harus diterapkan dalam etika pergaulan. Bersikap sopan bisa dengan menjaga cara bicara, memperhatikan cara berpakaian, etika bertamu, menyapa, berkenalan, dan lain sebagainya.

BIODATA PENILIS:

Nama: Afanin Daliya Wiyanti

Tempat Tanggal Lahir: Jember, 24 Februari 2008

Nama Sekolah: MTs Negeri 02 Jember

Alamat E-Mail: [email protected]

Nomor Telepon: 085234057887

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post