Adven Fatikha Khushadila

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Sang Pahlawan Laut (Hari ke-15)

Hari Dharma Samudera diperingati setiap tahunnya pada tanggal 15 Januari. Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang sejarah 15 Januari 1962 , peristiwa Angkatan Laut Indonesia yang disebut dengan Pertempuran Laut Aru.

Hari Dharma Samudera adalah hari penting nasional yang diperingati untuk mengenang sejarah Pertempuran Laut Aru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962. Saat itu Tentara Indonesia bertempur melawan Belanda untuk pembebasan Irian Barat (Papua) di Perairan Maluku.

Sejarah Hari Dharma Samudera bermula ketika Belanda melanggar perjanjian Konferensi Meja Bundar dan menolak untuk menyerahkan Irian Barat (Papua) kepada Indonesia. Hal itu membuat Indonesia mulai melancarkan operasi rahasia dengan mengirimkan pasukan ke Irian Barat.

Sebanyak 3 Kapal Republik Indonesia yang dilibatkan dalam operasi rahasia untuk mengintai armada Belanda yang ada disekitar Irian Barat. Ketiga Kapal Republik Indonesia tersebut yaitu:

KRI Macan Tutul

KRI Macan Kumbang

KRI Harimau.

Misi rahasia tersebut diberi nama STC-9 (Satuan Tugas Khusus 9 Januari). Misi ini bertugas di bawah komando Kolonel (Laut) Sudomo.

Pada tanggal 15 Januari 1962 menjadi awal mula pertempuran di Laut Aru yang menjadi sejarah Hari Dharma Samudera. Saat menjalankan misinya, keberadaannya diketahui oleh Belanda. Pertempuran terjadi antara Angkatan Laut Indonesia dengan Belanda. Angkatan Laut Indonesia tidak seimbang dengan kekuatan Belanda.

Ketika ada perintah dari Komodor Yos Sudarso untuk kembali dan berbelok, KRI Macan Tutul macet dan berputar. Hal ini membuat Belanda mengira KRI Macan Tutul hendak menyerang mereka, sehingga mereka menembak kapal KRI Macan Tutul.

Sebelum tembakan mengenai kapal, Komodor Yos Sudarso mengeluarkan perintah yang terkenal "Kobarkan Semangat Pertempuran". Yos Sudarso beserta awak kapal yang berada di KRI Macan Tutul menjadi korban. Mereka gugur dalam tugas negara.

Setelah peristiwa itu, pertempuran laut antara Indonesia dan Belanda tidak pernah terjadi lagi.

Pertempuran di Laut Aru tersebut menjadi peristiwa heroik yang bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kemudian menjadi sejarah Hari Dharma Samudera. Dan diperingati setiap tahunnya pada tanggal 15 Januari sebagai Hari Dharma Samudera.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post