Achmad Alifian Al Amin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Produktif Berkarya Dan Cerdas Berbahasa Demi Masa Depan Yang Cerah

Produktif Berkarya Dan Cerdas Berbahasa Demi Masa Depan Yang Cerah

PRODUKTIF BERKARYA DAN CERDAS BERBAHASA

DEMI MASA DEPAN YANG CERAH

Ditulis oleh : Achmad Alifian Al Amin, SMKN 12 Malang

BAHASA menunjukkan jati diri seseorang”, yang artinya bahasa akan menampakkan asal-usul, watak, pola pikir, kebiasaan, bahkan juga kecerdasan seseorang. Dari bahasa yang digunakan, kata-kata yang dipilih, dan tekanan atau intonasi yang diucapkan, kita dapat mengetahui dengan siapa kita berbicara, bagaimana akhlaknya. dan lain sebagainya.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan bahasa resmi yang digunakan untuk berkomunikasi. Bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa formal yang digunakan, serta menjadi bahasa pemersatu bangsa mulai dari Sabang sampai Merauke. Sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia juga dapat digunakan sebagai modal untuk berkarya dan untuk meningkatkan kualitas diri serta profesionalisme. Selain sebagai bahasa komunikasi dan modal berkarya, bahasa Indonesia adalah bahasa perjuangan yang dapat melecutkan nasionalisme dan memberi semangat pantang menyerah serta terus berjuang meskipun dengan risiko nyawa.

Berkarya dengan bahasa tentunya dapat menjadi sarana untuk mengutarakan pendapat, opini, serta berkomunikasi dengan baik dan benar. Beberapa contoh berkarya dengan menggunakan bahasa Indonesia adalah dengan keterampilan menulis dan berbicara. Dengan keterampilan menulis sebuah karya, kita dapat memberikan tambahan wawasan kepada pembaca dan memberikan manfaat positif kepada pembaca. Lalu, dengan keterampilan berbicara yang baik kita dapat lebih produktif, menjadi unik, profesional, dan akan ada keuntungan lebih selain meningkatkan kualitas diri.

Keterampilan menulis dan berbicara sangat penting perannya dalam upaya melahirkan generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berbudaya. Menguasai keterampilan menulis dan berbicara dapat membantu generasi muda dalam mengekspresikan pikiran dan perasaannya sesuai konteks dan situasi yang tepat. Tidak semua orang memiliki keterampilan menulis dan berbicara secara baik dan benar, karena mereka belum mengetahui dan memahami metode atau cara menulis dan berkomunikasi dengan orang lain.

Salah satu keterampilan yang sangat dibutuhan adalah berbicara atau public speaking, agar komunikasi berlangsung secara efektif. Keterampilan berbicara atau public speaking termasuk sulit diterapkan, karena menuntut kesiapan, mental, dan keberanian. Beberapa faktor kekurangan yang memmengaruhi adalah kurangnya rasa percaya diri serta kurangnya pengetahuan tentang trik dan teori dalam berbicara.

Maka dari itu, mulailah berkarya dengan bahasa Indonesia, junjung tinggi bahasa nasional, dan buat bangga untuk negara tercinta, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

***

Daftar Pustaka :

https://www.rexona.com/id/zona-keringat/8-cara-menjadi-produktif-agar-menjadi-pribadi-sukses/

https://disnaker.palangkaraya.go.id/13-tips-membuat-waktu-anda-menjadi-lebih-produktif/

https://rencanamu.id/post/how-to/13-cara-agar-lebih-produktif-belajar-bekerja-dan-berkarya

Biodata Penulis:

Haloo, perkenalkan nama saya Achmad Alifian Al Amin, biasa dipanggil Alif. Saya siswa SMKN 12 Malang di kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saya memiliki hobi menggambar dan bermain game, selain itu saya juga suka terhadap Novel, Komik, dan Action Figure. Jika ingin menghubungi saya silakan hubungi 0821-3917-5154. Itu saja yang dapat saya perkenalkan kepada kalian!

Ono mbah tuo gowo teken,

Awet isuk ngantos sonten.

Cekap semanten karya ingkang kulo aturaken,

Menawi wonten salah nyuwun pangapunten. 🙏

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post