Achmad Alifian Al Amin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendidikan Adalah Salah Satu Jalan Menuju Kesuksesan

Pendidikan Adalah Salah Satu Jalan Menuju Kesuksesan

PENDIDIKAN

ADALAH SALAH SATU JALAN MENUJU KESUKSESAN

 

Ditulis oleh: Achmad Alifian Al Amin, SMKN 12 Malang

 

 

Pendidikan merupakan pintu gerbang bagi perjalanan di dunia, hampir semua orang berpendapat bahwa pendidikan itu sangat penting, namun ada juga beberapa orang yang berpendapat bahwa pendidikan itu tidak penting. Pendidikan yang ada di Indonesia masih sangat rendah, banyak sekali anak-anak yang putus sekolah karena kurangnya biaya. Ada sebagian orang tua yang menganggap bahwa pendidikan bukanlah hal yang sangat penting dan hanya menghabiskan uang maupun waktu, dari pemikiran tersebut maka muncul beberapa orang tua yang tidak mau menyekolahkan anak-anaknya.

 

 Di era globalisasi ini, pendidikan adalah hal yang paling utama dan menjadi aspek kehidupan yang sangat penting. Sebuah negara dapat bersaing dengan negara-negara lain jika masyarakatnya berpendidikan yang tinggi, pendidikan yang tinggi juga mencerminkan negara yang maju. Pendidikan dibutuhkan untuk menciptakan generasi bangsa yang kedepannya dapat menyejahterakan bangsa. Pendidikan juga dapat menciptakan sumber daya manusia yang berpotensi besar di masa yang akan datang, dengan pendidikan di Sekolah dan Universitas maka diharapkan para generasi muda dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya, dan nantinya dapat digunakan untuk menjalankan negara dan memahami teknologi baru.

 

 Di Indonesia angka putus sekolah dan buta huruf sangatlah tinggi, hal ini dikarenakan kekurangan yang melanda masyarakat Indonesia. Adapun faktor kemiskinan yang paling mempengaruhi anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan yang layak karena tidak mampunya orang tua untuk memasukkan anak-anaknya ke Sekolah yang tinggi. Maka dari itu pemerintah berusaha untk membantu masyarakat yang kurang mampu agar mendapatkan hak pendidikan yang sama.

 

 Hak memperoleh pendidikan sudah termasuk ke dalam hak asasi manusia yang harus dipenuhi oleh setiap negara. Walaupun belum semua yang mendapatan bantuan, setidaknya pemerintah sudah berusaha untuk membantu dan juga mengurangi angka putus sekolah dan buta huruf. Bahkan pemerintah juga menyiapkan sebuah program bagi anak-anak yang kurang mampu untuk merasakan bangku Sekolah. Pemerintah membuat program Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah. Lalu pemerintah juga membuat Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) untuk jenjang Universitas. Dengan pendidikan anak-anak dapat mengubah nasib dan derajat keluarga, lalu juga mampu bersaing dengan anak-anak lainnya.

 

Perlu diketahui juga bahwa setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada tiga hal yang akan menjadi bahan pertimbangan dengan menilai seseorang dari; karakter (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Karakter positif seperti; disiplin, tanggug jawab, rajin, inisiatif, dan peduli merupakan nilai-nilai yang harus diterapkan sejak dini. Faktor karakter yang paling dominan akan menjadi bahan penilaian di samping keterampilan dan pengetahuan, dan ini adalah hasil sebuah proses pendidikan dalam dunia kerja.

Dengan demikian, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa "Pendidikan Adalah Salah Satu Jalan Menuju Kesuksesan"! 

***

Daftar Pustaka:

https://edukasi.kompas.com/read/2012/07/25/08272720/10.trik.sukses.belajar.

 

Biodata Penulis:

 

 

Haloo, perkenalkan nama saya Achmad Alifian Al Amin, biasa dipanggil Alif. Saya siswa SMKN 12 Malang di kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saya memiliki hobi menggambar dan bermain game, selain itu saya juga suka terhadap sebuah Novel, Komik, dan Action Figure. Cita-cita saya menjadi seorang VTuber di suatu perusahaan besar. Jika ingin menghubungi saya silahkan hubungi 0821-3917-5154. Itu saja yang dapat saya perkenalkan kepada kalian, rambut kecelup santen menawi luput kulo nyuwun pangapunten, terimakasih. 🙏

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post