Achmad Alifian Al Amin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MENJAGA MOTIVASI BELAJAR, AGAR PRESTASI DAPAT TERKEJAR

MENJAGA MOTIVASI BELAJAR,

AGAR PRESTASI DAPAT TERKEJAR

Ditulis oleh: Achmad Alifian Al Amin, SMKN 12 Malang

Dalam dunia akademik, prestasi merupakan sesuatu yang diinginkan oleh mayoritas pelajar yang masih menempuh dunia pendidikan. Prestasi merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah kegiatan atau suatu program.

Prestasi merupakan hasil yang dicapai seseorang ketika mengerjakan kegiatan atau suatu program tertentu. Banyak hal yang berpengaruh pada prestasi akademik pembelajar

Prestasi akademik merupakan hasil penilaian pendidikan tentang kemajuan pelajar setelah melakukan aktivitas belajar, dan berfungsi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pelajar setelah menyelesaikan suatu kegiatan belajar.

Prestasi bukanlah sesuatu yang tiba-tiba datang, melainkan hal yang diusahakan dengan sungguh-sungguh. Prestasi tidak lahir dari nepotisme, emosional, dan kekeluargaan, melainkan prestasi murni lahir dari usaha yang penuh semangat serta dedikasi. Salah satu upaya untuk meraih sebuah prestasi adalah dengan menjaga motivasi belajar.

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan seorang pelajar. Seseorang akan memperoleh hasil yang diinginkan dalam belajar apabila pada dirinya terdapat keiginan untuk belajar. Motivasi belajar sangat penting dalam melaksanakan pembelajaran, karena dengan adanya motivasi belajar kita dapat bersemangat dalam melaksanakan sebuah pembelajaran. Walaupun materi yang disampaikan sangat sulit, kita pasti berusaha untuk melakukan yang terbaik karena memiliki motivasi belajar yang tinggi.

Motivasi belajar merupakan semangat dan dorongan yang berasal dari dalam atau luar diri kita selama melakukan pembelajaran. Peningkatan atau penurunan motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang akan didapatkan setelah melakukan pembelajaran. Motivasi belajar yang tinggi dapat membuat kita merasa lebih nyaman dalam menjalani pembelajaran. Sedangkan motivasi belajar yang rendah, akan berdampak buruk bagi hasil pembelajaran.

Peningkatan motivasi belajar bisa dilakukan mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan sosial yang lebih luas yaitu masyarakat. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh besar terhadap prestasi belajar. Terdapat pengaruh yang besar antara motivasi terhadap prestasi akademik, hal ini dikarenakan bahwa bila seorang pelajar memiliki motivasi dalam belajar, maka prestasi akademiknya akan membaik dan tinggi. Sebaliknya jika memiliki kebiasaan yang buruk dalam belajar, atau dengan kata lain memiliki motivasi belajar yang rendah, maka prestasi akademiknya pun akan buruk dan rendah.

Oleh karena itu menjaga motivasi belajar sangat penting, agar prestasi yang didambakan dapat terkejar.

***

Daftar Pustaka:

https://www.pijar.info/blog/6-cara-meningkatkan-prestasi-belajar

https://www.lp3i.ac.id/5-cara-meningkatkan-prestasi-di-sekolah/

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230124142228-569-904230/7-cara-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-biar-lebih-semangat

https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/09/13/7-tips-meningkatkan-motivasi-belajar-agar-tetap-giat-dan-bersemangat/

https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/cara-meningkatkan-motivasi-belajar/

Biodata Penulis:

Haloo, perkenalkan nama saya Achmad Alifian Al Amin, biasa dipanggil Alif. Saya siswa SMKN 12 Malang di kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saya memiliki hobi menggambar dan bermain game, selain itu saya juga suka terhadap sebuah Novel, Komik, dan Action Figure. Cita-cita saya menjadi seorang VTuber di suatu perusahaan besar. Jika ingin menghubungi saya silahkan hubungi 0821-3917-5154. Itu saja yang dapat saya perkenalkan kepada kalian, terimakasih. 🙏

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post