Abie Perdana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Mencapai Tubuh yang Sehat dan Bugar (Kisah Seorang Anak)

Sebuah kisah seorang anak yang sangat menyukai makanan yang tidak sehat dan tidak menjaga pola makannya, hampir tiap hari dia selalu makan makanan yang tidak sehat. Akibatnya dia terkena sebuah penyakit, apa yang terjadi kepadanya? Simak cerita berikut ini !

Ada seorang anak yang bernama Zaky al-ikhsan, Zaky sangat suka sekali dengan makanan junkfood. Hampir tiap harinya Zaky lalui dengan memakan makanan yang tidak sehat seperti burger, pizza, kentang goreng, fried chicken, dan lain sebagainya.

Pada suatu hari Zaky sedang menunggu sahabatnya di pondok Supernova, sahabat Zaky yang ia tunggu bernama Raihan al-kasim, mereka sudah berjanji akan bermain dirumahnya Zaky. Selang beberapa menit Zaky menunggu akhirnya Raihan pun datang sambil membawa salad sayur yang telah dibuat oleh mamanya, salad tersebut kelihatan sangat lezat dan menggoda tetapi pendapat Zaky berbeda. Salad adalah makanan yang paling Zaky benci, dikarenakan saladnya mengandung sayur-sayuran yang belum dimasak dan rasanya menurut Zaky sangat pahit. Karena Raihan telah datang mereka pun pergi kerumah Zaky, dari pondok Supernova kerumah Zaky memerlukan waktu sekitar 12 menit.

Setelah sampai di rumah Zaky mereka pun bermain play station (PS) , play station (PS) adalah permainan kegemaran Zaky. Tidak terasa waktu telah menunjukkan pukul 12.01 siang. Itu tandanya jam makan siang telah tiba. Ketika Zaky berjalan menuju dapur, Zaky sangat marah karena tidak ada makanan kesukaannya yaitu fried chicken. Sambil berteriak Zaky meminta uang kepada ibunya untuk membeli Fried chicken, kebetulan tokonya berada di depan rumah Zaky. Karena dekat Zaky meminta Raihan untuk menemaninya, setelah membeli Fried chicken tersebut makanlah mereka di ruang tamu Zaky.

Di atas meja Zaky telah dihidangkan makanan yang cukup banyak, 80 persennya makanan tersebut mengandung sayur-sayuran. Karena Zaky pecinta junkfood ia sama sekali tidak menyentuh makanan yang sehat seperti sayur-sayuran. Berbeda dengan Zaky, Raihan malah memilih memakan salad dan memakan makanan yang mengandung sayur-sayuran dan sama sekali tidak menyentuh makanan Fried chicken yang telah mereka beli tadi. Zaky pun terheran mengapa Raihan sama sekali tidak menyentuh sayuran dan malah memakan fried chicken yang telah mereka beli. Sambil terheran Zaky pun bertanya kepada Raihan, mengapa ia tidak mau memakan fried chicken dan malah memilih memakan makanan yang mengandung sayur-sayuran.

Menurut Raihan sayuran lebih banyak manfaatnya ketimbang Fried chicken yang mungkin banyak mengandung minyak yang termasuk tidak sehat,. Raihan sangat menjaga pola makannya ketimbang Zaky yang sama sekali tidak memerhatikan pola makannya. Setelah makan siang berlalu, terdengarlah suara adzan berkumandang, mendengar suara adzan tersebut Raihan mengajak Zaky untuk menunaikan ibadah sholatnya.

Setelah mereka sholat Dzuhur Raihan izin pulang kepada Zaky karena telah membuat janji kepada ibunya, sehabis sholat Dzuhur harus pulang ke rumahnya. Zaky pun mengizinkannya dan Raihan pun pulang kerumahnya, sesampai di rumah Zaky mencoba memakan sayuran tetapi ia malah memuntahkan kembali. Dan terus memakan makanan yang tidak sehat, tiap hari Zaky lalui dengan terus memakan makanan junkfood atau makanan yang tidak sehat.

Karena terlalu banyak memakan makanan berminyak Zaky pun terkena sebuah penyakit yang bernama obesitas, Obesitas adalah kondisi medis berupa berat badan yang tidak normal karena penumpukan lemak berlebih. Akibat badan yang terlalu gendut dan sulit untuk bergerak, Zaky pun dilarikan kerumah sakit terdekat untuk diobati oleh dokter.

Di dalam rumah sakit Zaky sangat menyesali perbuatannya karena telah sering memakan makanan yang tidak sehat. Semenjak itu Zaky berniat untuk diet dan tidak mau memakan makanan junkfood lagi. Hari demi hari Zaky lakukan untuk diet dan tidak memakan makanan yang tidak sehat. walaupun banyak cobaan dan tantangan yang dilalui Zaky. Zaky tak pernah patah semangat dan terus berjuang. Sebulan kemudian perjuangan Zaky pun membuahi hasil yang diluar ekspektasi. Dia tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, tetapi dia juga memiliki tubuh yang kekar dan anti junkfood. Setelah kejadian itu, Zaky akan berjanji untuk menjaga pola makannya, olahraga teratur , dan tidak bermalas-malasan lagi.

Dari cerita Zaky di atas kita bisa belajar. Hidup yang sehat berawal dari kebiasaan kita dengan menjaga pola makan yang sehat dan sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi makanan junkfood. Jika kita membiasakan pola hidup sehat dari sekarang, kita akan terbiasa dan akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Yakinlah hal yang paling mahal di dunia ini adalah kesehatan. Sekarang kembali lagi kepada kita, apakah mau peduli dengan kesehatan atau tidak. Kita lah yang akan merasakannya di kemudian hari. Oleh karena itu, jagalah kesehatan kita dengan pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, dan tidak bermalas-malasan.

Terima kasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post