Soal Bab 1
1. Setiap pagi, para siswa berbaris di lapangan untuk mengikuti kegiatan apel. Guru-guru mengingatkan pentingnya disiplin waktu dan kebersihan. Setelah apel selesar, semua siswa kembali ke kelas dengan tertib. Ide pokok Paragraf tersebut adalah.....
A. Guru memberikan nasihat kepada siswa
B. Siswa kembali ke kelas setelah apel
c. kegiatan apel pagi yang dilakukan siswa.•
D. Pentingnya diriplin waktu dan kebersihan.
2. Kantin sekolah kini tampak lebih rapih dari sebelumnya. Meja-meja disurun berjarak agar tidak berdesakan. Selain itu, setiap penjual diwajib kan memakal penutup kepala dan sarung tangan untuk menjaga kebersihan makanan. Sistem antrean juga diperjelas (untuk menghindari kerumunan). Yang termasuk ide pendukung paragraf adalah
A Kantin sekolah terlihat lebih rapih
B. Meja meja disusun berjarak•
c. Penjual diwajibkan memakai seragam
D. Siswa sering membeli makan di kantin.
3. Hutan kota ini dipenuhi pepohonan rindang yang menjulang tinggi hingga menutupi sebagian cahaya matahari. Udara di dalam hutan terasa segar karena angın sejuk berhembus pelan diantara dedaunan yang bergoyang. Dibeberapa sudut, terdapat bangku kayu tempat pengunjung duduk menikmati suasana. Sesekali terdengar burung-burung kecil berkicau dari atas ranting, menambah kerenangan suasana
Paragrap tersebut tergolong teks deskripsi karena...
A. Menjelaskan suarana hutan secara rinci•
B. Mengandung perdebatan tentang lingkungan
C. Menyampaikan cara merawat hutan kota
D. Berisi pendapat penulis tentang alam.
4. Saat jam istirahat tiba, suasana lorong kelas mendadak menjadi riuh. Para siswa keluar dari kelas sambil bercanda, berbicara, dan berlari kecil menuju kantin atau lapangan. Suara tawa dan langkah kaki bergema memenuhi lorong yang sebelumnya hening saal pelajaran berlangsung. Makna kata riuh pada paragraf tersebut adalah..
A. Sepi
B. Ramai•
C. Gelap
D. Sunyi
5. Perpustakaan baru disekolah memiliki dinding berwarna pastel yang menenangkan mata. Rak-raknya tersusun rapih dan dilengkapi label untuk memudahkan siswa menemukan buku. Karpet lembut disudut ruangan menjadi tempat favorit siswa untuk membaca sambil bersantai. Lampu-lampu kuning hangat membuat suasana perpustakaan terasa nyaman dan tenang..
Tujuan paragraf diatas adalah..
A. Menjelaskan cara mengatur perpustakaan
B. Menggambarkan keadaan perpustakaan baru•
c. Menyampaikan pendapat tentang perpustakaan
D. Menceritakan pengalaman membaca
6. Di sepanjang trotoar terlihat pedagang kaki lima dengan lampu-lampu kecil yang menerangi jualanya. Aroma makanan seperti sate, mie, dan jajanan manis tercium dari berbagai arah seolah memanggil para pengunjung yang lewat. Warna-warni makanan yang ditata rapih juga tampak menggoda mata.
Paragraf tersebut termasuk deskripsi karena...
A Menjelaskan langkah memasak
B. Menggambarkan suasana dengan panca indra•
c. Menceritakan pengalaman pribadi
D. Menjelaskan cara berdagang
7. Belajar secara teratur setiap hari sangat penting bagi siswa. Dengan membuat jadwal belajar siswa dapat membagi waktu antara sekolah, bermain, dan istirahat. Pelajar secara teratur juga membantu siswa lebih mudah memahami materi dan tidak menumpuk pekerjaan diakhir. Kebiasaan ini membuat siswa lebih siap menghadapi ujian.
Jenis paragraf diatas adalah...
A. Narasi
B. Eksposisi •
C. Argumentari
D. Deskripsi
8.Rina ingin membeli alat tulis baru di toko dekat rumahnya, tetapi ia ingin dan ia belum mendapatkan izin dari orang tuanya. Meskipun begitu, ia tetap bersemangat dan memutuskan untuk menabung terlebih dahulu sampai uang nya cukup.
Konjungsi terapi menunjukan hubungan...
A. Penjelasan
B. Sebab
C. Pertentangan •
D. Penegasan
9. Budi meminjam beberapa buku dari perpustakaan untuk belajar di rumah. Buku-buku itu sudah ia pilih berdasarkan materi yang akan di ujikan minggu depan. ia berencana mempelajarinya satu per satu setiap malam, dan akan berusaha dengan baik.
Kohesi paragraf ditunjukkan oleh penggunaan каю...
A. la
B. Buku
C- Buku-buku itu. •
D. Perpustakaan
10. Cuaca hari ini cerah sehingga banyak siswa bermain di lapangan, duduk ditaman, atau membaca dibawah pohon. Semua kegiatan tersebut membuat suasana pekolah tampak hidup, dan lebih terasa bersemangat untuk melakukan kegiatan.
Koherensi paragraf ditunjukkan karena...
A. Ada konflik
B. Semua kalimat fokus pada suasana sekolah.•
C. Banyak kata hubung
D. Ada kalimat penutup.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan

Komentar